Tips Praktis, 4 Cara Membuat Rumah Lebih Aman dan Nyaman untuk Anak

Ingin menciptakan rumah yang aman untuk anak? Ayo, simak pembahasannya di bawah ini!

oleh Mochamad Rizal Ahba Ohorella diperbarui 27 Sep 2024, 12:23 WIB
gambar keluarga/pexels/Harrison Haines

Liputan6.com, Jakarta Semua orangtua pasti merasakan kekhawatiran yang sama terhadap anak-anak mereka. Menyiapkan segala sesuatu untuk kesehatan anak menjadi prioritas utama bagi setiap orangtua. Memiliki hunian yang aman, tertata rapi, nyaman, dan bebas dari kuman adalah impian semua orangtua. Namun, apa saja yang bisa anda lakukan untuk mewujudkan semua itu?

Mari bersama simak ulasannya di bawah ini! Menciptakan lingkungan rumah yang aman dan nyaman untuk anak-anak adalah langkah penting dalam mendukung tumbuh kembang mereka. Selain memberikan rasa tenang bagi orangtua, rumah yang aman juga membantu anak-anak merasa lebih bebas untuk bereksplorasi dan bermain.

Ada berbagai cara praktis yang bisa dilakukan untuk mencapai tujuan ini, mulai dari penataan ruang hingga pemilihan perabotan yang tepat. Berikut ini adalah beberapa tips praktis yang bisa Anda terapkan untuk membuat rumah lebih aman dan nyaman bagi anak-anak Anda, dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (27/9/2024).


1. Pelindung Busa di Semua Sudut Rumah

gambar home corner/hak cipta pexels/Max Vakhtbovycn

Rumah yang dipenuhi berbagai perabot seperti kompor, kulkas, sofa, meja, kursi, peralatan dapur, serta produk berbahan kimia bisa menjadi sangat berbahaya bagi anak kecil. Untuk mengurangi kemungkinan terjadinya benturan, terjatuh, atau kecelakaan lainnya, sangat penting bagi orangtua untuk memasang pelindung busa di setiap sudut rumah.

Pemasangannya sangat mudah, Anda hanya perlu menyesuaikan pelindung busa dengan properti atau sudut yang ingin dilindungi, lalu tempelkan. Setelah itu, anak dapat bergerak bebas di dalam rumah. Namun, ini tidak mengurangi kewajiban orangtua untuk tetap mengawasi anak mereka.


2. Menyediakan Alas Kaki

gambar mat/copyright pexels/Madison Inouye

Meski terlihat sederhana, ini bisa berakibat fatal jika diabaikan. Menyediakan alas kaki di depan pintu masuk atau di depan kamar mandi dapat mengurangi kemungkinan anak-anak terjatuh. Biasanya, anak-anak akan keluar dari kamar mandi segera setelah mandi pagi atau sore, dan air yang tersisa mungkin tidak sepenuhnya terserap oleh handuk.

Oleh sebab itu, penempatan alas kaki di area ini sangat penting, karena tanpa itu, anak-anak bisa saja tergelincir dan mengalami benturan lain yang berpotensi membahayakan keselamatan mereka.


3. Karpet Tebal

gambar keluarga/hak cipta pexels/Vika Glitter

Pemasangan karpet yang tebal dan berbulu dianggap sebagai elemen penting dalam menciptakan hunian yang aman dan nyaman bagi anak-anak. Menutupi lantai dengan karpet tebal dapat mengurangi risiko anak tergelincir. Selain itu, kesehatan anak juga lebih terjaga karena mereka memiliki tempat bermain yang lebih aman di dalam rumah, dibandingkan harus bersentuhan langsung dengan lantai dingin yang mungkin mengandung berbagai kuman.

Namun, penting untuk memperhatikan kebersihan karpet tebal ini, terutama yang berbulu. Kamu dapat membersihkannya dua hingga tiga kali sehari menggunakan pembersih debu atau vacuum cleaner.


4. Penghalang Ranjang

gambar crib/copyright pexels/Polina Tankilevitch

Memasang pagar di sekitar tempat tidur dapat melindungi anak saat tidur di malam hari. Khususnya ketika anda tertidur pulas dan tidak sadar, keselamatan anak harus tetap terjaga. Oleh karena itu, penggunaan pagar ini sangat membantu orangtua dalam menjaga si kecil di malam hari. Namun, pastikan memilih bahan pagar yang aman dan ramah untuk anak, sehingga anak dapat tidur dengan nyenyak dan nyaman.

Berikut adalah beberapa fasilitas yang perlu kamu tambahkan di rumah untuk keamanan anak. Apakah fasilitas-fasilitas tersebut sudah ada di rumahmu?

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya