Belajar Jadi Lebih Fokus, Begini Cara Menerapkan Teknik Pomodoro untuk Mahasiswa

Penasaran dengan teknik Pomodoro dan bagaimana cara menerapkannya? Simak lebih jauh yuk!

oleh Wuri Anggarini diperbarui 27 Sep 2024, 09:00 WIB
Ilustrasi Mahasiswa Belajar (c) Monstera Production/Pexels.com

Liputan6.com, Jakarta Tantangan terbesar saat belajar yang sering kali terjadi adalah menjaga fokus, apalagi dengan banyaknya tugas, organisasi dan kegiatan di luar kampus lainnya. Salah satu teknik yang bisa membantu meningkatkan konsentrasi adalah teknik Pomodoro. 

Teknik Pomodoro diciptakan oleh Francesco Cirillo pada 1980-an untuk membantu mengelola waktu belajar secara lebih efektif. Konsepnya sederhana, tapi efektif untuk membagi waktu belajar jadi sesi-sesi pendek, sehingga tugas yang berat terasa lebih ringan dan jauh lebih terorganisir. Penasaran dengan teknik Pomodoro dan bagaimana cara menerapkannya? Simak lebih jauh yuk!


Manfaat Teknik Pomodoro

Ilustrasi Belajar © Julia M Cameron/Pexels.com

Teknik ini sangat membantu para mahasiswa yang sering kesulitan fokus. Saat memasuki waktu 25 menit belajar, otak dirancang untuk berkonsentrasi penuh, bahkan bisa meminimalisir distraksi pada notifikasi handphone, karena kamu sudah punya waktu istirahat di setiap akhir sesi. 

Selain itu, teknik ini juga bikin kamu terhindar dari multitasking yang malah bikin pekerjaan jadi berantakan. Dengan Pomodoro, kamu belajar untuk menyelesaikan satu tugas secara tuntas sebelum beralih ke yang lain.

Yang paling penting, teknik ini akan menuntut kamu untuk lebih disiplin dan memprioritaskan tugas, tanpa perlu merasa terburu-buru atau kewalahan. Lama-lama, ini akan membentuk kebiasaan yang baik dalam mengatur tugas sehari-hari.

Teknik Pomodoro nggak cuma membantu kamu lebih disiplin dalam menyelesaikan tugas kuliah, tapi juga efektif untuk manajemen waktu di berbagai aktivitas lain. Misalnya, kamu bisa gunakan teknik ini saat mengerjakan proyek kelompok, mengatur jadwal kerja part-time, atau bahkan untuk kegiatan sehari-hari seperti olahraga dan hobi. 

Penasaran nggak sih, gimana cara menerapkan teknik pomodoro yang benar? Yuk kita gali lebih dalam agar kamu bisa tetap produktif dan menyelesaikan tugas tepat waktu.


Cara Menerapkan Teknik Pomodoro

Ilustrasi Fokus Belajar © Julia M Cameron/Pexels.com

Pastikan kamu berada di tempat yang nyaman. Pilih area yang jauh dari gangguan agar belajar lebih fokus. Jangan lupa siapkan materi belajar yang sudah diprioritaskan sebelumnya. Lalu, atur timer selama 25 menit, gunakan waktu untuk fokus sepenuhnya pada tugas yang ada di depanmu.

Setelah 25 menit berlalu, ambil jeda 5 menit untuk melakukan hal-hal yang menyenangkan. Bisa dengan stretching, mendengarkan musik, atau sekedar minum kopi. Yang penting, jangan sampai tergoda untuk sekedar scroll media sosial, karena bisa bikin kamu lupa waktu.

Ulangi siklus ini hingga empat kali, lalu ambil istirahat lebih panjang, sekitar 15-30 menit. Lakukan secara konsisten, sesuaikan dengan kapasitas belajarmu. Teknik ini bisa diterapkan baik untuk tugas besar maupun kecil, karena fleksibilitasnya bikin kamu lebih leluasa mengatur waktu.

Kalau sudah berhasil konsentrasi, bukan hanya tugas yang selesai tepat waktu, tapi kualitas belajarmu juga akan meningkat. Tunggu apa lagi, yuk segera terapkan!

Penulis: Henny

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya