Park Seo Joon Ungkap Alami Burnout Parah Saat Syuting Drakor Itaewon Class, Sampai Ingin Setop Berakting

Kondisi yang dialami Park Seo Joon berlanjut saat masa pandemi.

oleh Ratnaning Asih diperbarui 27 Sep 2024, 18:30 WIB
Park Seo Joon. (Awesome Entertainment, Instagram/ awesome_ent_official)

Liputan6.com, Seoul - Drakor Itaewon Class termasuk salah satu proyek yang makin melambungkan nama Park Seo Joon. Namun siapa sangka, saat produksi drama ini, ia ternyata menghadapi masalah internal berupa burnout—kelelahan fisik, mental, dan emosional yang menumpuk.

Bahkan gara-gara ini pula, Park Seo Joon kepikiran untuk undur diri dari dunia akting.

Hal ini ia sampaikan saat Park Seo Joon tampil dalam tayangan video yang dibagikan oleh Netflix Korea pada 24 September 2024 lalu dalam promosi Gyeongseong Creature 2. “Aku bukannya ingin benar-benar ingin pensiun, tapi menurutku waktu itu aku mengalami burnout yang signifikan,” kata Park Seo Joon, dilansir dari SBS Star News.

Ia menceritakan dirinya merasa baik-baik saja saat berada di lokasi syuting. “Namun begitu pulang ke rumah setelah dikelilingi oleh orang-orang, aku merasakan kehampaan. Perasaan itu semakin membesar hingga akhirnya meledak,” tuturnya.

Aktor Korea Selatan 35 tahun ini menambahkan, “Hal itu mulai memengaruhi kesehatanku dan kemudian kondisi mentalku." Kondisi ini berlanjut saat masa pandemi.

"Aku terus-menerus syuting proyek, tapi tidak ada satu pun yang dirilis. Setidaknya aku bisa mengetahui reaksi penonton saat proyekku dirilis. Tapi berada di lokasi syuting tanpa mendapat reaksi apa pun tentang proyekku, membuatku merasa tidak terkoneksi," kata dia.


Rasanya Seperti Berlari dengan Kantong Pasir di Kaki

Park Seo Joon. (Instagram/ bn_sj2013's)

Park Seo Joon tentu saja ingin lepas dari beban mental ini. Namun kenyataannya tak semudah itu. "Aku ingin terus maju. Aku berpikir, “Harus mengatasi ini.' Tapi rasanya seperti berlari dengan kantong pasir di kaki," ujarnya.

Bahkan dengan jujur, Park Seo Joon mengaku kala itu dirinya memang tak bisa mengalahkan perasaan tersebut.


Bertahan karena Tanggung Jawab

Park Seo Joon. (Awesome Entertainment, Instagram/ awesome_ent_official)

Park Seo Joon menjelaskan, yang membuatnya bertahan dalam masa-masa kelam tersebut, adalah tanggung jawabnya.

“Aku bertanggung jawab atas proyek ini, jadi aku harus terus maju apa pun yang terjadi,” ia menjelaskan.

Pelan-pelan, ia bahkan bisa berdamai dengan keadaan. “Saya mencoba berpikir bahwa hal-hal seperti itu memang bisa terjadi pada siapa pun dan aku akan baik-baik saja suatu hari nanti," kata dia.


Semangat Comeback Berakting

Untungnya, Park Seo Joon mengaku kini semangatnya untuk berakting telah kembali.

"Syuting Gyeongseong Creature 2 selesai pada September tahun lalu. Jadi, saya sudah meninggalkan dunia akting selama setahun. Sekarang saya ingin kembali,” ujarnya.

Infografis DK PBB Setujui Resolusi Gencatan Senjata Palestina-Israel. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya