Alasan Keluarga Besar Zainuddin MZ Dukung Pramono-Rano di Pilkada Jakarta 2024

Perwakilan keluarga K.H. Zainuddin MZ, menyampaikan alasan melabuhkan dukungan ke Pramono Anung-Rano Karno. Figur dari Pramono dan Rano menjadi salah satu faktornya.

oleh Ady Anugrahadi diperbarui 27 Sep 2024, 13:35 WIB
Calon Gubernur Jakarta nomor urut 3, Pramono Anung janji akan mengatasi persoalan banjir bila menang Pilkada Jakarta. (Ady Anugrahadi).

Liputan6.com, Jakarta - Keluarga besar K.H. Zainuddin MZ resmi menyatakan dukungan untuk pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Jakarta nomor urut 3, Pramono Anung dan Rano Karno.

Perwakilan keluarga menyampaikan dukungan secara langsung ke Pramono Anung di kediaman pribadi, Jakarta Selatan pada Jumat (27/9/2024).

Perwakilan keluarga K.H. Zainuddin MZ, menyampaikan alasan melabuhkan dukungan ke Pramono-Rano. Figur dari Pramono dan Rano menjadi salah satu faktornya.

"Bahasa gampangnya, gue Betawi. Ngapain dukung yang lain? Kan begitu, Saya cuma ingat ajaran orang tua saya, bahwa memilih pemimpin itu yang pertama, yang tahu masalah kampungnya sendiri. Bukan orang yang dari luar, yang tahu-tahu datang, dan sok tau permasalahannya. Kan bukan seperti itu yang kita inginkan," kata Anak ke-3 Zainuddin MZ, H Lutfi MZ kepada wartawan, Jumat (27/9/2024).

Lutfi mengaku telah mendiskusikan dengan pihak keluarga terkait arah dukungan di Pilgub Daerah Khusus Jakarta pada 2024. Hasilnya, sepakat menyatakan dukungan untuk pasangan Pramono Anung-Rano Karno. Di samping figur, Lutfi bersama pihak keluarga juga mempertimbangkan kedekatan dari pasangan calon tersebut dengan orangtuanya, K.H. Zainuddin MZ.

"Kami dari keluarga pun sudah diskusi ya. Pertama, hubungan kedua tokoh ini dengan almarhum orang tua saya cukup baik dan cukup bagus," ucap dia.

"Beliau sangat takzim, sangat menghormati orang tua saya, jadi dalam kesempatan ini, kami anak-anaknya itu menjalin kembali silaturahmi yang pernah dilakukan orang tua saya dulu kepada Mas Pram ini," sambung dia.

 


Siap Turun Gunung

Keluarga besar K.H. Zainuddin MZ resmi menyatakan dukungan untuk pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Jakarta nomor urut 3, Pramono Anung-Rano Karno. (Liputan6.com/Ady Anugrahadi)

Lutfi siap turun gunung untuk mensosialisasikan pasangan Pramono Anung-Rano Karno ke masyarakat Jakarta.

"Kita koordinasi dengan tim mas Pram yang sudah ada, kita lakukan dengan struktur yang kita miliki, yaitu dari murid-murid almarhum dulu, dari pengajian-pengajian, lalu sasaran-sasaran suara yang akan kita sasar seperti apa, gitu aja sih," ucap dia.

Sementara itu, Pramono menyambut baik dukungan yang diberikan oleh keluarga besar dari keluarga besar Zainuddin MZ. Dia kemudian mengucapkan rasa syukur yang mendalam.

"Saya bersyukur banget dan berterimakasih kalau keluarga kemudian keluarga besar Kiai Zainuddin MZ secara terbuka memberikan support dan dukungan," ucap dia.

Pramono mengatakan, ia secara pribadi memiliki hubungan yang sangat dekat dengan Zainuddin MZ. Dia kemudian mengungkit, sosok Zainuddin punya peran besar dalam pendirian Baitul Muslimin Indonesia.

"Jadi saya secara pribadi memang menjalin hubungan yang sangat baik dengan KH Zainudin MZ, bahkan beliau sebenarnya kalau di PDI itu mempunyai kontribusi ketika kita mendirikan Baitul Muslimin Indonesia, saya sebagai sekjen pada waktu itu beliaulah salah satu narasumber utama bersama dengan tokoh-tokoh lain, termasuk Pak Said Aqil Siroj pada waktu itu," ucap dia.

 


Kedekatan dengan KH Zainudin MZ

Pramono mengungkap, kedekatannya dengan Zainudin MZ juga terlihat pada saat momen pendeklarasian Megawati-Prabowo di Pilpres 2009.

"Di Bantargebang pada waktu itu mendeklarasikan, Kiai Haji Zainudin setelah memberikan doa kepada kami," ucap dia.

Menurut catatan, Anak ke-3 Zainuddin MZ, H Lutfi MZ tercatat sebagai kader Partai Demokrat.

Kartu Tanda Anggota (KTA) atas nama Lutfi diberikan oleh Ketua Badan Pembinaan Organisasi, Kaderisasi dan Keanggotaan (BPOKK) Partai Demokrat Herman Khaeron di Kantor DPP Demokrat pada Senin, 9 Januari 2023.

Infografis Beda Putusan MK dan DPR Terkait Revisi UU Pilkada. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya