Berawal dari Iseng-Iseng, Rudy Rustandi Kini Jadi Motor Penggerak Olahraga Darts di Indonesia

Rudy Rustandy berharap ada sinergi dari semua pihak agar olahraga darts bisa berkembang tidak hanya sebagai wadah dan sarana berprestasi, tapi juga sebagai industri olahraga.

oleh Achmad Yani Yustiawan diperbarui 27 Sep 2024, 14:08 WIB
Rudy Rustandi sekarang terkenal sebagai pemain profesional darts/Ist

Liputan6.com, Jakarta Berawal dari iseng-iseng, Rudy Rustandi sekarang terkenal sebagai pemain profesional darts. Bukan itu saja, dia juga menjadi salah satu motor penggerak perkembangan olahraga darts di Indonesia.

Rudy Rustandi aktif pula menginisiasi dan mengorganisir pemain-pemain darts muda di Indonesia untuk mengikuti berbagai event kejuaraan internasional di berbagai negara.

Rudy pun sempat bercerita awal mula perkenalannya dengan olahraga satu ini. Pada tahun 2007, dia dikenalkan pada olahraga soft tip darts oleh Mr. Ping,seorang pengusaha yang menjadi distributor Medalist, soft tip darts machine asal Amerika Serikat.

Rudy yang kala itu memiliki usaha olahraga billiard Green Garden, awalnya hanya ingin menjadikan soft tip darts machine Medalist sebagai sumberpenghasilan tambahan dan pilihan permainan di tempat usahanya. Tapi, ternyata malah jatuh cinta pada olahraga darts.

“Awalnya saya hanya iseng coba-coba cari tambahan revenue omset bisnis buat tempat billiard saya. Ternyata malah kecemplung masuk. Saya sering kelilingbersama kawan-kawan yang lain ikut berbagai kejuaraan darts di luar negri. Lumayan bisa sekalian jalan-jalan dan kenal dengan banyak pemain-pemain dartsdari berbagai negara juga,”. kata Rudy.

Sampai saat ini penggemar Phill Taylor dan dan Paul Lim ini, masih aktif sebagai pemain profesional darts di Indonesia. Dia juga mulai aktif membangun kembali sebuah tempat latihan darts di daerah Kemayoran, Jakarta.

“Regenerasi di olahraga darts itu adalah kewajiban dan keniscayaan. Saat ini ada 3 mesin dartslive yang saya kelola untuk dipakai sebagai sarana latihan danpembinaan," ujarnya.

"Siapa pun yang berminat untuk sekedar bermain atau berlatih bisa datang ke tempat saya di Bands Café Steak Gunting Kemayoran. Saya siap menjaditeman latih tanding atau sekedar bermain darts untuk having fun” ujar Rudy, yang merupakan salah satu pemain yang tidak pernah absen menjadi peserta di semua gelaran series Darts National Competition 2024 yang digelar Indonesia Entertainment Group (IEG).


Persiapan Ikuti Darts National Competition Series Kelima

Rudy Rustandi sangat mengapresiasai penyelenggaraan kejuaraan Darts National Competition 2024./Ist

Saat ini, Rudy menempati posisi Ranking 5 di IEG Sports Darts Players Ranking dengan total perolehan 745 poin. Istimewanya, Rudy konsisten menjadi semi finalist di dua gelaran terakhir Darts National Competition 2024 Series Ketiga dan Keempat.

Rudy yang saat ini sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti gelaran Darts National Competition Series Kelima yang akan dilaksanakan di Gajah Mada Plaza, tanggal 26 dan 27 Oktober 2024, ini memasang target paling tidak bisa konsisten mencapai babak semi final, seperti pencapaiannya di series ketiga dan keempat.

“Pemain-pemain muda semakin bagus dan kompetitif. Saya yakin mereka juga saat ini sedang mempersiapkan diri karena series kelima ini adalah kesempatan terakhir bagi para pemain untuk mengumpulkan point agar bisa masuk ke Final Series. Karena itulah saya melakukan beberapa persiapan agar bisa minimal masuk ke babak semi final untuk mengamankan satu slot di Final Series”.


Rindukan Kompetisi Olahraga Darts di Tanah Air

Tak hanya aktif sebagai pemain yang bergabung di berbagai tim dan klub, Rudy Rustandi juga sangat giat dalam upaya mendirikan Indonesia Darts Asosiasi atau IDA./Ist

Pada bagian lain, Rudy Rustandi sangat mengapresiasai penyelenggaraan kejuaraan Darts National Competition 2024. Pasalnya, kejuaran ini telah memacu semangat para pemain yang memang sudah sangat merindukan bergulirnya kompetisi olahraga darts di Indonesia karena. Sebelumnya, olahraga darts sempat tenggelam dan mati suri diterpa oleh Pandemi Covid 19.

“Saya sangat mengapresiasi Darts National Competition khususnya kepada Indonesia Entertainment Group sebagai penyelenggara. Penyelenggaraan eventdarts seperti ini bukanlah sesuatu yang gampang. Selain bukan merupakan olahraga populer, darts di Indonesia juga sudah mati suri di terjang pandemi covid," kataya.

"Namun, selalu ada perbaikan dan peningkatan yang dilakukan Indonesia Entertainment Group dari series ke seriesnya sehingga saya melihat kualitas Darts National Competition ini juga semakin baik,” imbuhnya.


PORADI Dinilai Organisasi Induk Olahraga Darts Paling strategis

Rudy Rustandi aktif pula menginisiasi dan mengorganisir pemain-pemain darts muda di Indonesia untuk mengikuti berbagai event kejuaraan internasional di berbagai negara./Ist

Pengalaman Rudy Rustandi di olahraga darts memang lengkap. Ayah Dhivi Candra Rustandi ini tak hanya aktif sebagai pemain yang bergabung di berbagaitim dan klub seperti Medalist Darts Indonesia dan Phoenix Indonesia Team 2016 (National Pride Team ADA Hongkong), juga sangat giat dalamupaya mendirikan Indonesia Darts Asosiasi atau IDA.

IDA adalah sebuah organisasi olahraga darts yang sayangnya tidak berkembang dan hilang. Sebuah asa yang kini terwujud dengan berdirinya Persatuan Olahraga Dart Indonesia (PORADI)

“PORADI ini sudah sangat ditunggu oleh semua pelaku dan praktisi olahraga darts di Indonesia karena saya tahu betul betapa sulit dan tidak mudah untuk mendirikan sebuah induk organisasi olahraga yang kurang populer di Indonesia. Apalagi, sampai bisa terdaftar dan diakui secara legal oleh negara karena darts ini bukan hanya sebuah olahraga permainan saja," ujarnya.

"Banyak sekali aspek dan kepentingan yang ada di dalamnya terutama aspek bisnis. Oleh karena itu, peran PORADI sebagai sebuah organisasi induk olahraga darts tentunya akan sangat strategis. Bukan hanya sebagai operator kompetisi belaka, tapi juga sebagai regulator dan pengayom bagi semua insan olahraga darts di Indonesia.”

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya