Video Mendag Zulkifli Hasan Kasih Uang Segepok Saat Pesta Ultah Cucu Jadi Sensasi Online

Cucu Zulkifli Hasan, yang merupakan putri Zita Anjani dan Radityo Egi Pratama, terlihat kaget menerima hadiah segepok uang dari kakeknya.

oleh Asnida Riani diperbarui 27 Sep 2024, 16:00 WIB
Zulkifli Hasan kasih uang segepok sebagai hadiah ulang tahun cucunya. (dok. tangkapan layar video TikTok @zul.hasan/https://www.tiktok.com/@zul.hasan/video/7418570646302575877)

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video yang diunggah akun TikTok Menteri Pedagangan (Mendag) Zulkifli Hasan tengah jadi sensasi online. Rekaman itu memperlihatkan Zulhas, sapaan akrabnya, menghadiri perayaan ulang tahun cucunya, yang merupakan putri Zita Anjani dan Radityo Egi Pratama.

"Selamat ulang tahun untuk cucu Opih tercinta. Ditabung ya nak hadiahnya😁," begitu bunyi keterangan unggahan Rabu, 25 September 2024. Di klip berdurasi 26 detik tersebut, Zulhas terlihat menyodorkan segepong uang pecahan Rp100 ribu pada sang cucu, yang tampak kaget menerima kado tersebut.

Mendapati itu, cucu Zulhas mengatakan," Banyak banget," seraya mengucapkan terima kasih pada kakeknya. "Ada yang mau daftar jadi cucu saya?" tutup keterangan video akun TikTok Mendag.

Konten itu membelah publik jadi dua kubu. Sebagian menganggap Zulhas tidak sensitif terhadap kondisi kehidupan "serba susah" sekarang, dengan PHK yang terus dilaporkan dan tingginya biaya hidup.

"Alangkah eloknya, kalau pun ngasi janganlah di publish kasihan rakyat Indonesia yang lagi kesusaha pak menteri 🙏🙏🙏," kata seorang pengguna, sementara yang lain berkomentar, "Kalo perdagangan/umkm dlm negeri sedang meroket gpplah flexing, ini rakyat lagi jungkir balik yg di bawah kasian atuh pak liat ini...maaf ya pak 🙏."

"Rakyat hanya bisa melihat saja," sahut pengguna berbeda. "Rakyat menonton para pejabat bergelimangan harta materi kita rakyat jelita yg kesusahan kelaparan hanya menangung nya👏👏," timpal warganet lain.


Aksi Serupa Tahun Lalu

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan atau akrab disapa Zulhas buka suara terkait kelangkaan beras kepada wartawan usai pencoblosan di Jakarta, Rabu (14/2/2024). (Gagas/Liputan6.com)

Masih soal bagi-bagi uang, tahun lalu, Zulhas jadi sorotan lantaran melakukan aksi serupa. Kala itu, ia memberi uang "gocapan" ke masyarakat, dengan pembelaan "hobi bersedekah."

"Dia (Zulhas) tuh memang hobinya sedekah, bukannya sombong apa bagaimana, mmemang hobinya sedekah," kata Ketua DPP PAN Zita Anjani dalam forum diskusi Total Politik dengan tema "Kian Dekat Capres Mulai Adu Gagasan, Skenario 2 Pasangan Masih Relevan?" di Jakarta, Sabtu, 23 September 2024, dikutip dari merdeka.com.

Zita mengungkap, ayahnya sering menyimpang uang di pecinya untuk dibagikan pada mereka yang kurang mampu. "Coba saja kalau Subuh, itu salat di kompleks rumah, buka aja pecinya. Itu isinya gocapan semua dan enggak di Indonesia aja, di India juga, gocapan," jelasnya.

Ia mempersilakan siapapun yang bertemu Zulhas di jalan untuk menanyakan kebenaran informasi tersebut. "Jadi kalau pagi ketemu Pak Zul, di pecinya itu isinya gocapan. Angkat saja pecinya. Pas saja kemarin ada yang angkat di India," pungkasnya.

 

 


Figur Publik Lain yang Dianggap Pamer Gaya Hidup Mewah

Gaya Kasual Kaesang Pangarep Temani Erina Gudono Ikut Orientasi Program S2 di Amerika Serikat.  foto: Insta Story @erinagudono

Figur publik lain yang masih disorot karena dianggap pamer gaya hidup mewah adalah Kaesang Pangarep dan istrinya, Erina Gudono. Bulan lalu, pasangan yang tengah menanti kelahiran anak pertama ini disemprot karena naik jet pribadi, makan makanan mahal, dan beli peralatan bayi mewah di tengah gejolak penolakan Revisi UU Pilkada.

Di video podcast, baru-baru ini, Kaesang mengklarifikasi cerita beli roti Rp400 ribu di Los Angeles, Amerika Serikat (AS). Saat itu, ia membelikan roti untuk Erina tanpa tahu harganya. Usai beli roti tersebut, Kaesang dan istri sempat tidak menyangka dengan harga makanan tersebut, sehingga keduanya sempat berdebat kecil.

Bahkan, menurut Kaesang, keduanya tidak bisa hidup di AS karena biaya hidup yang mahal. "Kan istri hamil, sudah kamu duduk nanti aku beliin. Dapatnya lobster roll dan ternyata harganya 25 dolar. Ternyata sekitar (Rp)400 ribuan. Wah mahal banget," jelas Kaesang.

"Nah itu, kalau kamu ajak aku hidup di sini (AS) gajiku habis cuma buat beli ginian," imbuh Kaesang mencontohkan perkataannya pada Erina.

"Kalau kita jeli, Mbak Erina lagi protes, 'Kok mahal banget sih nih roti,'" ujar Kiky Saputri membela. Kiky mengatakan bahwa warganet salah paham terkait unggahan Erina kala itu. Menurutnya, unggahan tersebut merupakan bentuk protes Erina.


Desakan Pencabutan Beasiswa Erina Gudono

Gaya Kasual Kaesang Pangarep Temani Erina Gudono Ikut Orientasi Program S2 di Amerika Serikat. foto: Insta Story @erinagudono

Sebelumnya, media kampus Erina Gudono di AS telah menyoroti desakan pencabutan beasiswa istri Kaesang Pangarep. "Sejumlah warganet Indonesia mendesak Penn mencabut beasiswa mahasiswi School of Social Policy & Practice, Erina Gudono," begitu The Daily Pennsylvanian mengawali laporan tentang istri Kaesang Pangarep dalam artikel yang dimuat Minggu, 15 September 2024.

Outlet tersebut merupakan media mahasiswa independen di University of Pennsylvania sejak 1885, menurut bio akun media sosialnya. Beberapa waktu lalu, Puteri Indonesia DIY 2022 ini memang bercerita mendapat beasiswa S2 di Fakultas Social Policy and Practice (SP2), University of Pennsylvania (UPenn).

Keberangkatan Erina ke Negeri Paman Sam bulan lalu untuk program orientasi pendidikan masternya, bersama suami dan kakak perempuannya, berbuah rentetan kritik publik. Ini terutama karena unggahan media sosialnya dianggap pamer gaya hidup mewah di tengah suasana memanas di dalam negeri buntut aksi penolakan RUU Pilkada.

Kendati demikian, The Daily Pennsylvanian menyoroti bahwa seruan "kekhawatiran" warganet Indonesia sudah dimulai sejak pengumuman Erina menerima beasiswa pada akhir Juli 2024. "(Warganet Indonesia) menganggap bahwa latar belakang istimewa membuatnya kurang layak jadi penerima beasiswa. Gudono dan SP2 tidak menanggapi permintaan komentar," sebut publikasi itu.

Infografis Kaesang Pangarep Klarifikasi Dugaan Gratifikasi Jet Pribadi. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya