Jelang Pelantikan Anggota Dewan 2024-2029, Puan Harap DPR Selanjutnya Bisa Terus Berbenah Diri

Puan berharap DPR RI periode berikutnya bisa terus memperbaiki diri mereka.

oleh Tim News diperbarui 27 Sep 2024, 15:09 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPR RI Puan Maharani menyampaikan harapannya jelang pelantikan anggota DPR RI 2024-2029. Dia mengatakan para anggota bisa menjadi lebih baik dari sebelumnya.

“Tentu saja, insya Allah nantinya pada periode yang akan datang, lembaga DPR ini harus terus memperbaiki dirinya,” kata Puan, kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (27/9).

Lebih lanjut, Puan juga mengapresiasi kinerja DPR selama lima tahun ini karena adanya peningkatan kerja dan citra. Dia menyebut pihaknya bekerja secara bergotong-royong dan diapresiasi oleh masyarakat.

“Jadi, terima kasih kepada masyarakat bahwa kerja-kerja konstitusional di lembaga legislatif ini kemudian mendapatkan apresiasi bahwa masih ada kekurangan-kekurangan,” ujarnya.

Adapun, Puan menjelaskan pekerjaan yang dilakukan secara gotong-royong menjadi salah satu cara bagaimana DPR RI menjalankan tugas dan fungsinya bersama secara kolektif-kolegial.


Komitmen Bersama

Puan meyakini harus ada komitmen bersama diantara semua partai atau perwakilan partai, yaitu fraksi yang ada di DPR untuk dapat melaksanakan tugas-tugas DPR-nya, yaitu fungsi legislatif, anggaran dan pengawasannya secara bersama.

“Kalaupun kemudian secara fungsi legislasinya masih ada kekurangan, fungsi legislasi itu dilakukan bersama-sama, bukan hanya DPR saja, tapi juga melalui pemerintah. Dan kalaupun kemudian hal itu sudah dilakukan melalui mekanisme yang ada, secara terukur, dan dilakukan dengan sebaik-baiknya, dan mungkin masih ada kekurangan, tentu saja karena memang kolektif-kolegial, mekanismenya sudah dilakukan dengan perdebatan yang saya rasa sudah cukup konsisten dan cukup padat, tentu saja ke depan harus tetap diperbaiki,” tuturnya.


Perbaikan

Kendati demikian, Puan berharap DPR RI periode berikutnya bisa terus memperbaiki diri mereka. Dia menyatakan DPR RI akan terus berada di sisi rakyat dan tetap mendengarkan aspirasi mereka.

“Dan saya berharap bahwa karena memang sudah dilakukan secara aturan dan mekanisme yang ada, ya ke depan mungkin memang perlu ada perbaikan-perbaikan, dan saran-saran atau masukan tentu saja akan kami dengarkan,” imbuhnya.

Sumber: Alma Fikhasari/Merdeka.com

Infografis MotoGP Indonesia Mandalika 2022. (Liputan6.com/Abdillah)

Tag Terkait

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya