Turki Batalkan Rencana Pungutan Pajak Atas Laba Transaksi Saham dan Kripto

Wakil Presiden Turki memberikan indikasi tentang prioritas pemerintah pada periode mendatang yaitu mempersempit pengecualian pajak.

oleh Gagas Yoga Pratomo diperbarui 27 Sep 2024, 16:00 WIB
Turki batalkan rencana untuk mengenakan pajak atas laba dari perdagangan saham dan transaksi kripto. (Foto: Kanchanara/Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Turki batalkan rencana untuk mengenakan pajak atas laba dari perdagangan saham dan transaksi kripto. Langkah tersebut, diumumkan oleh Wakil Presiden Turki Cevdet Yilmaz, merupakan perubahan mendadak terkait sikap negara tersebut terhadap pengawasan pasar keuangan.

"Kami tidak memiliki pajak saham dalam agenda kami. Pajak tersebut telah dibahas sebelumnya dan tidak lagi menjadi agenda kami," katanya dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg, dikutip dari Yahoo Finance, Jumat (27/9/2024). 

Sementara itu, Wakil Presiden memberikan indikasi tentang prioritas pemerintah pada periode mendatang yaitu mempersempit pengecualian pajak. Langkah ini dilakukan setelah periode gejolak di pasar keuangan Turki

Pada Juni, pemerintah telah menunda rencana untuk mengenakan pajak atas saham setelah pasar ekuitas negara tersebut anjlok tajam. Penurunan di pasar tersebut sebagian besar disebabkan oleh berita tentang pajak tambahan yang diusulkan bukti betapa sensitifnya perubahan kebijakan fiskal tersebut. Dalam kasus tersebut, Menteri Keuangan Turki Mehmet Simsek juga mengumumkan penundaan rencana tersebut di X. 

"Kami menunda rancangan studi pajak untuk bursa saham untuk sementara waktu guna mengevaluasi ulang sesuai dengan masukan dari semua pihak terkait," kata Simsek.

Penarikan rancangan paket pajak yang juga mencakup pungutan atas keuntungan mata uang kripto, menempatkan Turki sejalan dengan apa yang telah menjadi perdebatan global yang sedang berlangsung untuk mencari cara yang lebih baik dalam mengatur dan mengenakan pajak atas aset digital.

Negara-negara di seluruh dunia, termasuk pusat ekonomi terkemuka seperti Inggris dan Jepang, telah berpacu dengan waktu, mencoba untuk menghasilkan kerangka pajak yang tepat untuk mata uang kripto.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

 


Sempat Jadi Buronan, Penipu Kripto Ini Ditangkap di Turki

Ilustrasi crypto, kripto atau perdagangan kripto. Foto: Freepik

Sebelumnya, Andreas Szakacs, salah satu pendiri perusahaan mata uang kripto kontroversial OmegaPro, ditangkap di Turki karena diduga menjalankan skema piramida yang menipu investor sebesar USD 4 miliar atau setara Rp 63 triliun (asumsi kurs Rp 15.751 per dolar AS).

Dilansir dari Coinmarketcap, Jumat (23/8/2024), berasal dari Swedia, Szakacs dilaporkan mengubah namanya menjadi Emre Avcı setelah menjadi warga negara Turki. Ia membantah tuduhan tersebut, dengan mengklaim ia hanya bekerja di bidang keuangan dan pemasaran.

Penangkapan tersebut menyusul informasi dari seorang informan anonim pada 28 Juni. Setelah penggerebekan di dua vila di distrik Beykoz, Istanbul, Szakacs ditahan pada 9 Juli dan ditangkap pada tanggal 10 Juli atas tuduhan penipuan menggunakan sistem informasi, bank, atau lembaga kredit sebagai sarana.

Selama penggerebekan, otoritas Turki menyita komputer dan 32 dompet dingin, yang biasanya digunakan untuk menyimpan mata uang kripto secara offline. Meskipun Szakacs dilaporkan tidak memberikan kata sandi, para penyelidik berhasil melacak pergerakan mata uang kripto senilai total USD 160 juta.

Runtuhnya OmegaPro pada akhir 2022, yang bertepatan dengan runtuhnya bursa mata uang kripto FTX, menyebabkan banyak investor di seluruh dunia mengalami kebangkrutan finansial.

Seorang saksi kunci dalam kasus tersebut, warga negara Belanda Abdul Ghaffar Mohaghegh, mengatakan kepada para penyelidik bahwa ia kehilangan USD 7 juta dalam skema penipuan tersebut. 

Mohaghegh juga mengklaim telah mewakili, melalui kuasa hukum, 3.000 investor yang terdampak yang kehilangan USD 103 juta dalam dugaan penipuan tersebut.


Peraturan Kripto Baru di Turki Bakal Fokuskan Izin dan Pajak

Ilustrasi harga kripto (Foto By AI)

Sebelumnya, Peraturan baru Turki untuk mengatur pasar kripto kemungkinan akan berfokus pada perizinan dan perpajakan. Ini dilakukan seiring Turki sebagai negara perdagangan kripto terbesar keempat di dunia tersebut berupaya untuk keluar dari daftar abu-abu pengawas kejahatan keuangan internasional.

Ankara menjanjikan peraturan tersebut bulan lalu di tengah booming perdagangan kripto selama bertahun-tahun, karena melonjaknya inflasi dan jatuhnya mata uang lira mendorong permintaan akan aset alternatif.

Turki juga berupaya mengatasi kekhawatiran yang diangkat oleh pengawas keuangan The Financial Action Task Force (FATF) yang berbasis di Paris, yang menempatkan negara tersebut dalam daftar abu-abu negara-negara yang berisiko mengalami pencucian uang dan kejahatan keuangan lainnya pada 2021.

Direktur di BlockchainIST Center, pusat penelitian dan pengembangan teknologi blockchain Turki, Bora Erdamar mengatakan memperkenalkan aturan baru untuk aset kripto menjadi prioritas turki.

"Memperkenalkan standar perizinan tertentu akan menjadi salah satu prioritas utama dalam peraturan baru ini. Hal itu akan mencegah penyalahgunaan sistem,” kata Erdamar, dikutip dari Yahoo Finance, ditulis Selasa (5/12/2023). 

 

 


Persyaratan Kecukupan Modal

Ilustrasi kripto (Foto By AI)

Peraturan juga dapat mencakup persyaratan kecukupan modal, langkah-langkah untuk meningkatkan keamanan digital, layanan penitipan dan bukti cadangan, tambah Erdamar.

Turki berada di peringkat keempat secara global dalam volume transaksi kripto mentah, sekitar USD 170 miliar atau setara Rp 2.627 triliun (asumsi kurs Rp 15.458 per dolar AS) selama setahun terakhir, di belakang Amerika Serikat, India, dan Inggris, menurut laporan oleh perusahaan analisis blockchain Chainalysis.

Laporan tersebut menyebutkan peringkat tersebut berada di peringkat ke-12 dalam indeks adopsi kripto perusahaan tersebut, yang mencerminkan keinginan masyarakat Turki untuk melawan devaluasi mata uang dan minat generasi muda terhadap teknologi baru.

 

INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya