Kaesang Pangarep Sebut Toleransi Beragama Harus Jadi Komitmen Pemimpin

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep menghadiri undangan Persekutuan Gereja Indonesia (PGI) di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

oleh Putu Merta Surya Putra diperbarui 27 Sep 2024, 16:32 WIB
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep menghadiri undangan Persekutuan Gereja Indonesia (PGI) di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. (Foto: Istimewa).

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep menghadiri undangan Persekutuan Gereja Indonesia (PGI) di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Adapun, dia menyinggung soal toleransi antar umat beragama. Dalam acara tersebut, hadir juga calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin, Yamin AR-Ananda yang didukung PSI.

"Kalau membahas tentang toleransi, ini intinya itu dari kemauan dari pemimpin itu sendiri," kata Kaesang dalam keterangannya, Jumat (27/9/2024).

Dia mengambil contoh yang dilakukan Gibran Rakabuming Raka saat menjabat sebagai Wali Kota Solo. Kala itu, terjadi banyak masalah terkait toleransi umat beragama.

Namun, dia menambahkan, komitmen Gibran untuk menyelesaikan permasalahan toleransi jelas. Sehingga, upaya pendekatan terus menerus, disertai dengan ketegasan, akhirnya membuat semua pihak bisa saling menerima.

"Toleransi itu mendatangkan kebaikan dan kesejahteraan, balik lagi di Kota Solo bukan cuma warga muslim, ada warga Kristen, Hindu, Budha, Katholik, tidak mungkin jika hanya mementingkan satu golongan," tegas Kaesang.

 


Dukungan Pemerintah

Dengan adanya dukungan pemerintah kota, Kaesang mengungkapkan, maka upaya untuk mewujudkan toleransi akan lebih mudah.

Sehingga amat penting adanya komitmen dari kepala daerah untuk merealisasikannya.

"Jadi ini sebenarnya tinggal kemauan dari pemimpin kita. Selanjutnya, khususnya di kota Banjarmasin. Intinya apakah mau jadi wali kota satu golongan? atau menjadi Wali Kota Banjarmasin," tegasnya.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya