Teten Masduki: Cerita Nusantara 2024 Jembatani Kekayaan Lokal untu Pasar Dunia

Indonesia dikenal sebagai negara multikultural dan terbesar di dunia dengan sosio-kultural dan geografis yang sangat kaya, terdiri dari kriya, wastra, fesyen, beauty&wellness dan kuliner.

oleh Tira Santia diperbarui 27 Sep 2024, 19:30 WIB
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki membuka pameran UMKM yang mengangkat tema Cerita Nusantara dari Indonesia untuk Dunia, di Istora Senayan, Jakarta. (Tira/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM menyelenggarakan pameran UMKM yang mengangkat tema Cerita Nusantara Dari Indonesia untuk Dunia, di Istora Senayan, Jakarta. Pameran ini digelar dibuka langsung oleh Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. Pameran pun berlangsung mulai 27-29 September 2024.

Dalam sambutannya, MenkopUKM mengatakan Indonesia dikenal sebagai negara multikultural dan terbesar di dunia dengan sosio-kultural dan geografis yang sangat kaya, terdiri dari kriya, wastra, fesyen, beauty&wellness dan kuliner. Menurut Teten, Indonesia bukan sekedar produk tapi merupakan cerminan identitas bangsa.

Namun sayangnya, potensi besar ini belum sepenuhnya terekspos secara global.Oleh karena itu, Cerita Nusantara 2024 hadir untuk menjembatani kekayaan lokal ini dengan pasar dunia.

"Acara ini bukan sekedar perayaan, tetapi juga merupakan strategi untuk memperkenalkan produk lokal kita sebagai bagian dari rantai pasok global," kata Teten, di Istora Senayan, Jumat (27/9/2024).

Lebih lanjut, MenkopUKM menjelaskan bahwa perjalanan Cerita Nusantara bukanlah sesuatu yang terjadi secara tiba-tiba. Melainkan untuk mewujudkan Indonesia menjadi negara maju pada tahun 2045 kita memiliki target rasio kewirausahaan sebesar 8% yang harus dicapai.

"Ini bukanlah perjalanan yang mudah, tetapi kami yakin bahwa dengan pendekatan yang tepat, kita dapat mencapai," katanya.


Dirancang dengan Strategi

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki membuka pameran UMKM yang mengangkat tema Cerita Nusantara dari Indonesia untuk Dunia, di Istora Senayan, Jakarta. (Tira/Liputan6.com)

Teten menegaskan, kewirausahaan yang KemenkopUKM dorong bukanlah kewirausahaan yang lahir secara kebetulan atau by accident, namun kewirausahaan yang dirancang dengan strategi yang jelas atau by design yang didukung oleh ekosistem yang kuat dan berkelanjutan.

"Kita ingin melahirkan kewirausahaan-kewirausahaan yang tangguh, inovatif, dan siap bersaing," ujarnya.

Maka dalam konteks ini, Kementerian Koperasi dan UKM terus mendukung para pelaku usaha mulai dari pengrajin lokal, desainer, dan kewirausaha lainnya dengan menyediakan akses ke pasar, teknologi, dan sumber daya yang mereka butuhkan.

 

 


Bawa Misi Besar

Menteri Koperasi dan UMKM Republik Indonesia Teten Masduki berbicara dalam ATVI - IMDE

Ia percaya intervensi teknologi produksi yang modern dan digitalisasi ini bisa akan menaikkan kualitas produk kita berskala dunia.

"Nah, Cerita Nusantara, pembawa misi besar untuk memperkuat posisi produk UMKM Indonesia di pasar global. Kita berharap kegiatan ini dapat menjadi agenda internasional yang berkelanjutan," pungkasnya.

 

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya