Petani Sibalaya Aminkan Program Berani Panen Raya Anwar Hafid

Tidak cuma soal pupuk, Anwar Hafid akan menerapkan peraturan mengenai resi gudang, sebagaimana diatur secara khusus di dalam Undang-Undang nomor 9 Tahun 2011.

oleh Tim News diperbarui 27 Sep 2024, 18:44 WIB
Calon Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) nomor urut 2, Anwar Hafid. (Tim News).

Liputan6.com, Jakarta - Para petani di Sibalaya Kabupaten Sigi menyambut baik program Berani Panen Raya yang diusung oleh calon Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) nomor urut 2, Anwar Hafid. Program ini dinilai sangat tepat dalam mengatasi masalah kelangkaan pupuk yang selama ini menjadi keluhan utama para petani.

“Kami kesulitan pupuk di sini dan program Pak Anwar sangat tepat untuk mensubsisi pupuk,” ucap Tokoh Petani Sibalaya, Ediawan, Jumat (27/9/2024).

Ediawan beprofesi sebagai petani padi, ia sepakat dengan Anwar Hafid bahwa masalah utama para petani, utamanya di Sibalaya adalah pupuk. Untuk itu, dalam pemaparannya Anwar Hafid berkomitmen untuk memberi subsidi pada pupuk non-subsidi, sehingga para petani bisa membeli pupuk dengan harga subsidi.

Tidak cuma soal pupuk, Anwar Hafid akan menerapkan peraturan mengenai resi gudang, sebagaimana diatur secara khusus di dalam Undang-Undang nomor 9 Tahun 2011. Peraturan ini merupakan mekanisme yang memungkinkan petani, nelayan, dan pengusaha kecil untuk menyimpan komoditas mereka di gudang yang terakreditasi.

Resi gudang ini bisa digunakan sebagai jaminan untuk mendapatkan pembiayaan dari lembaga keuangan seperti bank, sehingga para petani tidak perlu menjual produk mereka langsung saat harga sedang rendah. Mereka dapat menunggu hingga harga lebih menguntungkan dengan tetap memiliki akses dana tunai.

Kata Edi, pemahaman mendalam Anwar Hafid soal kondisi petani disebabkan karena banyaknya pengalaman Anwar Hafid. Edi mengibaratkan pengalaman Anwar Hafid layaknya sebuah tangga, saat ini Anwar Hafid sudah menempati posisi anak tangga paling atas.

“Beliau sudah melalui banyak anak tangga, itu yang membuat Pak Anwar Hafid paham masalah rakyat,” tegas Edi.

 


Pemahaman Mendalam Kondisi Rakyat

Dengan adanya program Berani Panen Raya, para petani dapat lebih sejahtera melalui ketersediaan pupuk dan dukungan dari pemerintah daerah di bawah kepemimpinan Anwar Hafid. Program ini juga mempertegas bahwa Anwar Hafid memiliki pemahaman mendalam terkait dengan kondisi rakyat.

Oleh karena itu, menjadi hal wajar jika dukungan rakyat kian meningkat seiring dekatnya pemilihan Gubernur. Tebalnya kepercayaan rakyat sejalan juga dengan potensi besar Anwar Hafid untuk memenangkan Pilgub Sulteng 2024.

Infografis Bila Kotak Kosong Menang di Pilkada 2024, Apa yang Terjadi? (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya