Barcelona Siapkan Kontrak Jangka Panjang untuk Gelandang Muda Berbakat Marc Bernal

Barcelona dikabarkan telah memulai proses negosiasi kontrak jangka panjang untuk gelandang muda berbakat Marc Bernal hingga tahun 2029.

oleh Rahmat Fathurahman diperbarui 28 Sep 2024, 20:00 WIB
Pemain muda Barcelona, Marc Bernal, mendapatkan perawatan setelah mengalami cedera dalam laga kontra Rayo Vallecano pada jornada ketiga La Liga Spanyol, Rabu (28/8/2024). (AP Photo/Manu Fernandez)

Liputan6.com, Jakarta - Barcelona dikabarkan telah memulai proses negosiasi kontrak jangka panjang untuk gelandang muda berbakat Marc Bernal hingga tahun 2029.

Pemain berusia 17 tahun ini terpaksa absen dalam jangka waktu panjang akibat cedera ACL, namun ia telah menunjukkan kemampuannya yang luar biasa di tim utama Blaugrana, meski masih berusia sangat muda.

Setelah berhasil membuat pelatih baru Hansi Flick terkesan selama pramusim dengan tampil di empat laga uji coba, Bernal dipercaya menjadi starter di tiga pertandingan pembuka musim LaLiga yang baru bergulir.  

Berkolaborasi dengan rekan setimnya dari akademi La Masia, Marc Casado, di lini tengah, Bernal berkontribusi dalam membantu Barcelona meraih hasil sempurna dengan tiga kemenangan sebelum mengalami cedera serius.


Tengah Menyiapkan Kontrak Baru Karena Potensi Besarnya

Pemain Timnas Spanyol U-17, Marc Bernal (kiri), memenangkan duel bola di udara dengan pemain Jerman U-17, Robert Ramsak, dalam pertandingan perempat final Piala Dunia U-17 2023 yang berlangsung di Jakarta International Stadium (JIS), Jumat (24/11/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Namun, jajaran petinggi Barcelona telah melihat potensi besar dalam diri Bernal dan kini siap menawarkan kontrak jangka panjang dengan nilai yang signifikan kepada sang pemain muda.

Menurut laporan dari jurnalis terpercaya, Fabrizio Romano, proses penyusunan dokumen kontrak sedang berlangsung, dengan tujuan agar Bernal dapat menandatangani kesepakatan berdurasi lima tahun. Pengumuman resmi diperkirakan akan dilakukan pada waktu yang tepat dalam waktu dekat.

Meskipun saat ini nilai pasarnya hanya diperkirakan sekitar satu juta euro, kontrak baru tersebut akan mencantumkan klausul pelepasan yang fantastis, sebesar 500 juta euro. Langkah ini ditunjukkan untuk memastikan bahwa Bernal tetap berseragam Blaugrana, sekalipun ada ketertarikan dari klub-klub lain di masa depan.

Seperti yang lazim terjadi di Liga Spanyol, regulasi ketenagakerjaan mengharuskan setiap pemain memiliki klausul pelepasan dalam kontrak mereka. Namun, seperti halnya dalam kasus Bernal, nilai klausul pelepasan seringkali ditetapkan jauh melebihi nilai pasar aktual pemain. Strategi ini diterapkan untuk mencegah klub-klub lain dengan mudah merekrut talenta berharga mereka.


La Masia Pabriknya Talenta Muda

Carles Puyol bergabung dengan Barcelona sejak di akademi La Masia. Ia pun tercatat hanya bermain untuk Blaugrana sepanjang kariernya sebegai pesepak bola. Bek tengah 178 cm ini terkenal solid di lini belakang Barca. Ia juga mampu menyumbang berbagai gelar bergengsi di klub maupun negaranya, Spanyol. (AFP/Lluis Gene)

La Masia kerap disanjung sebagai salah satu akademi sepakbola terbaik di dunia. Akademi ini telah melahirkan bintang-bintang sekaliber Lionel Messi, Andrés Iniesta, Xavi Hernández, Sergio Busquets, dan Carles Puyol. Hingga kini, pabrik talenta ini terus beroperasi menghasilkan pemain-pemain berbakat. 

Bernal merupakan salah satu lulusan La Masia yang menunjukkan potensi luar biasa dalam beberapa tahun terakhir. Kemunculan talenta muda ini terjadi di saat yang sangat tepat bagi klub. 

Bukan menjadi rahasia umum bahwa raksasa Catalunya ini telah mengalami kesulitan finansial yang cukup pelik beberapa tahun belakangan. Mereka berjuang untuk mendaftarkan pemain baru, membayar gaji, dan bersaing dengan klub-klub elit lainnya di bursa transfer.  

Saat ini, bintang muda yang paling menyita perhatian adalah Lamine Yamal. Penampilannya yang gemilang di ajang Piala Eropa 2024 telah melambungkan namanya menjadi bintang baru. Selain itu, talenta-talenta muda lainnya seperti Pau Cubarsí, Gavi, dan Pedri juga telah membuktikan kemampuan mereka untuk bersaing di level tertinggi. 

Terobosan para pemain muda ini bukan hanya memberikan Barcelona aset berharga, tetapi juga berarti bagi klub tidak perlu lagi mengeluarkan dana besar untuk memperkuat skuad mereka.

Hansi Flick telah memberikan dampak positif yang signifikan sejak bergabung dengan klub. Saat ini, Barcelona memimpin klasemen La Liga dengan keunggulan empat poin, berkat catatan sempurna tujuh kemenangan dari tujuh pertandingan yang telah dijalani.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya