Najwa Shihab Ungkap Saran Terbaiknya untuk Para GEN Z: Belajar Kerendahan Hati

Dalam acara Campus Roadshow, Najwa Shihab juga menilai bahwa mayoritas Gen Z multi skill lantaran mampu mengakses berbagai informasi dengan cepat dan efektif.

oleh Ruly Riantrisnanto diperbarui 27 Sep 2024, 20:18 WIB
Najwa Shihab saat bicara Gen Z. (IST)

Liputan6.com, Jakarta Stigma negatif kerap dihadapkan keada Generasi Z. Namun, Founder Narasi Najwa Shihab yang akrab dipanggil Nana justru melihat bahwa Gen Z memiliki potensi besar. Menurut Najwa, Gen Z adalah generasi yang cepat belajar dan sangat serius dalam menjalankan tugas-tugas yang diberikan.

"Referensinya luar biasa kaya. Mungkin itu karena terbiasa browsing jadi sudah tahu bagaimana caranya mendapat informasi yang luar biasa banyak," ujar Najwa Shihab belum lama ini. "Kalau diminta cari referensi, luar biasa kaya. Itu membuat opsi kreativitas tanpa limit," tambahnya.

Najwa Shihab juga menilai bahwa mayoritas Gen Z multi skill. Mereka mampu mengakses berbagai informasi dengan cepat dan efektif. Kendati demikian, menurut Najwa, satu hal yang harus ditekankan kepada anak muda terutama Gen Z adalah kerendahan hati.

"Ini menurut riset ya, ketika ditanya apa atribusi terpenting yang seharusnya dimiliki anak-anak muda terutama Gen Z yang akan masuk ke dunia kerja? Satu skill yang harus diusahakan: kerendahan hati," katanya.

 

 


Kunci bagi Gen Z untuk mengembangkan keterampilan

Najwa Shihab saat bicara Gen Z di acara #Generasi Campus Roadshow di Gedung Samantha Krida, Universitas Brawijaya, Selasa, 24 September 2024. (IST)

Najwa menekankan bahwa kemampuan menerima masukan dan belajar dari orang lain akan menjadi kunci bagi Gen Z untuk mengembangkan keterampilan mereka lebih jauh.

Tidak hanya fokus pada keterampilan teknis, Najwa mengingatkan bahwa Gen Z harus menjadi pembelajar seumur hidup (long life learner) yang terus mengeksplorasi diri.

Para audiens yang hadir juga mengamini pendapat Najwa mengenai kerendahan hati tersebut. Salah satu peserta yang merupakan mahasiswa Universitas Brawijaya.

“Saya mewakili Gen Z, menurut saya kemudahan mencari informasi dan kecanggihan teknologi membuat kami memang seakan menguasai banyak hal namun tentu saja pendapat kak Najwa kami tidak boleh berhenti belajar termasuk kepada generasi sebelumnya,” ucapnya.

 

 


Mengajak generasi muda dan sebelumnya bertukar wawasan

Najwa Shihab saat bicara Gen Z di acara #Generasi Campus Roadshow di Gedung Samantha Krida, Universitas Brawijaya, Selasa, 24 September 2024. (IST)

Dalam acara #Generasi Campus Roadshow di Gedung Samantha Krida, Universitas Brawijaya, Selasa, 24 September 2024, Najwa Shihab bersama Dee Lestari dan Nicholas Saputra merasa senang bisa berdiskusi lintar generasi.

Hal ini sesuai tujuan acara, yakni mengajak generasi muda dan generasi sebelumnya bertukar wawasan serta saling memahami dan mendukung dalam menggali potensi diri masing-masing.

 


Menggali potensi diri

Acara #Generasi Campus Roadshow adalah kerja sama Narasi dan Grab yang mengusung tema POV/XYZ: Generasi Bicara Generasi.

Acara ini bertujuan untuk mengajak generasi muda dan generasi sebelumnya bertukar insight dan saling menggali potensi diri, serta saling memahami dan mendukung. Pertama kali digelar untuk mahasiswa Yogyakarta, acara ini juga digelar di Malang, Bandung, dan Jakarta.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya