Program Kreator Konten Raup Cuan dengan Monetisasi Konten lewat Aplikasi Noice

Program Raup Cuan bertujuan membantu para konten kreator di Indonesia.

oleh Aditia Saputra diperbarui 27 Sep 2024, 21:57 WIB
Konferensi pers program Raup Cuan di Artotel Casa Kuningan, Jakarta

Liputan6.com, Jakarta Noice, platform podcast streaming terbesar di Indonesia, baru-baru ini meluncurkan program Cuan di Noice. Program ini bertujuan membantu para konten kreator di Indonesia untuk mendapatkan penghasilan melalui monetisasi konten. Inisiatif ini didorong oleh meningkatnya minat masyarakat, khususnya generasi Z dan milenial, dalam membeli konten digital. 

Menurut laporan dari We Are Social dan Hootsuite, Indonesia menduduki peringkat ke-27 dunia dengan 66,9% pengguna internet yang membeli konten digital. Angka ini menunjukkan adanya potensi besar dalam pasar konten digital di tanah air. Sejalan dengan itu, Noice juga mencatat pertumbuhan penjualan konten digital yang signifikan. Sejak meluncurkan fitur monetisasi berupa konten berbayar (VIP) pada awal 2023, Noice telah meraih lebih dari 1 juta transaksi konten VIP dengan lebih dari 100.000 pengguna unik yang bertransaksi.

Niken Sasmaya, Chief Business Officer (CBO) Noice, mengungkapkan antusiasmenya dalam memperkenalkan program ini kepada lebih banyak kreator. 

"Melihat perkembangan positif dari ekonomi penggemar sejak skema monetisasi Noice diluncurkan, kami ingin memperluas program Cuan di Noice agar lebih banyak kreator di Indonesia bisa mendapatkan manfaat dari monetisasi karya mereka. Program ini terbuka untuk semua kreator dari berbagai genre, seperti komedi, horor, bisnis, investasi, hingga edukasi,” ujar Niken Sasmaya dalam konferensi pers di Artotel Casa Kuningan, Jakarta, baru-baru ini.

 


Dukungan Komprehensif

Konferensi pers program Raup Cuan di Artotel Casa Kuningan, Jakarta

Program Cuan di Noice memberikan dukungan komprehensif bagi para kreator untuk memonetisasi konten mereka melalui berbagai cara. Kreator dapat menjual konten VIP, menawarkan akses awal (early access), menyelenggarakan acara, hingga bekerja sama dengan brand atau pengiklan. Beberapa kreator yang sudah bergabung dan menghadirkan konten premium di Noice antara lain Bung Rin dengan Podcast Kementerian Kegelapan, Bimoky dan Dhanu lewat Podcast Malam Kliwon (PMK), Adriano Qalbi dengan Podcast Awal Minggu, Podkesmas, serta David Noahmelalui acara Future Wealth Builder (FWB). 

David Noah Lizal, CEO dan Co-founder Fortis Holdings, serta pencipta acara Future Wealth Builder, berbagi pengalamannya.  

“Ketika Noice mengajak saya berkolaborasi untuk membuat konten tentang investasi dan saham, saya langsung tertarik. Acara Future Wealth Builder (FWB) yang kami adakan melibatkan banyak pakar, seperti Andry Hakim, Aldies Sageri, Melvin Hade, dan Anthony Tjipto. Noice juga membantu memperluas jangkauan konten kami dengan merekamnya dalam bentuk Video on Demand (VOD). Ini memberikan nilai tambah bagi penyelenggara acara, memungkinkan mereka mendapatkan pendapatan tambahan sekaligus memperluas kesadaran audiens terhadap acara yang mereka adakan," jelas David Noah.

 


Fitur Monetisasi

Konferensi pers program Raup Cuan di Artotel Casa Kuningan, Jakarta

Dengan fitur-fitur monetisasi yang ada, Noice membuka berbagai peluang bagi konten kreator untuk mengubah karya mereka menjadi sumber penghasilan. Program ini tidak hanya terbatas pada podcast, tetapi juga mencakup format lain seperti audio story hingga konversi acara menjadi konten on-demand. 

Niken menambahkan, “Noice memberikan kebebasan bagi kreator untuk berkreasi dan memonetisasi konten mereka dalam berbagai format. Baik itu podcast, audio story, maupun acara yang diubah menjadi konten on-demand, semua terbukti memiliki pasar tersendiri. Audiens yang tertarik pada konten tersebut ingin mendukung kreator favorit mereka dengan cara membeli konten yang dihasilkan."

Dengan program Cuan di Noice, platform ini semakin memperkuat posisinya sebagai ruang bagi kreator lokal untuk berkarya dan meraih cuan dari kreativitas mereka. Noice juga terus mengembangkan kolaborasi dengan berbagai kreator dari beragam genre untuk menghadirkan konten berkualitas yang bisa dinikmati oleh masyarakat luas.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya