Infografis Proyek Investor Asing Mulai Masuk IKN Nusantara dan Peletakan Batu Pertama

Menjelang akhir jabatan, Presiden Jokowi memimpin groundbreaking atau peletakan batu pertama terhadap 5 proyek di IKN Nusantara. Menurut Jokowi, 3 dari 5 penanaman modal dari investor asing dan terafiliasi asing. Sedangkan 2 proyek dari perusahaan swasta nasional.

oleh Anri SyaifulAbdillah diperbarui 28 Sep 2024, 09:04 WIB
Banner Infografis Proyek Investor Asing Mulai Masuk IKN Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)

Liputan6.com, Jakarta - Ada kabar gembira dari Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara. Seperti diharapkan pemerintahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi, investor asing mulai masuk IKN Nusantara di Kalimantan Timur (Kaltim).

Jokowi mengungkapkan 3 proyek investasi asing resmi masuk ke IKN. Bahkan, Jokowi memimpin groundbreaking atau peletakan batu pertama terhadap 5 proyek di IKN Nusantara.

Menurut Jokowi, 3 dari 5 penanaman modal dari investor asing dan terafiliasi asing. Sedangkan 2 proyek lainnya berasal dari perusahaan swasta nasional.

"Tadi pagi dari Australia untuk bidang pendidikan, kemudian tadi juga dari Rusia untuk properti, dan sekarang juga dari China juga untuk properti," kata Jokowi usai groundbreaking Delonix Nusantara di IKN, Kaltim, Rabu 25 September 2024.

Hanya saja, Jokowi yang akan mengakhiri masa jabatan presiden pada 20 Oktober mendatang mengingatkan harga tanah di IKN bisa meningkat sewaktu-waktu. Terutama seiring dengan masuknya banyak investor yang mulai membangun di kawasan IKN.

"Hati-hati, harga tanah saat ini memang masih murah. Harga tanahnya masih murah pada tahun ini," Jokowi menambahkan.

Namun, harga tanah tersebut diprediksi akan meningkat berkali lipat pada tahun depan. Jokowi menyebut kenaikannya bisa mencapai hingga 10 kali lipat.

Melihat potensi peningkatan harga tanah tersebut, Jokowi mengingatkan para investor untuk segera berinvestasi. "Jadi, perlu saya ingatkan, jika ingin berinvestasi, lakukanlah tahun ini."

Ada 3 negara terlibat investasi asing secara perdana di IKN Nusantara. Dari mana saja? Berapa estimasi nilai investasi masing-masing? Simak selengkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini:

 


Infografis Proyek Investor Asing Mulai Masuk IKN Nusantara

Infografis Proyek Investor Asing Mulai Masuk IKN Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)

Infografis Peletakan Batu Pertama 3 Proyek Investasi Asing Perdana di IKN Nusantara

Infografis Peletakan Batu Pertama 3 Proyek Investasi Asing Perdana di IKN Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya