7 Tips Menghindari Sikap Negatif dan Tetap Disukai Banyak Orang

Inilah cara agar tidak dijauhi orang-orang karena memiliki sifat negatif.

oleh Mochamad Rizal Ahba Ohorella diperbarui 01 Okt 2024, 17:12 WIB
gambar wanita/Foto oleh Matheus Ferrero dari Pexels

Liputan6.com, Jakarta Dalam kehidupan sehari-hari, sering kali bertemu dengan berbagai macam individu dengan karakter yang beragam. Ada yang selalu tampak ceria dan berpikiran positif, ada pula yang terlihat negatif dan pesimis. Menjadi orang yang positif akan membuat seseorang disenangi oleh banyak orang. Sebaliknya, menjadi orang yang negatif akan membuat seseorang dijauhi oleh banyak orang karena sikap yang kurang menyenangkan.

Oleh karena itu, penting untuk memahami bagaimana cara menghindari sikap negatif dan tetap disukai oleh banyak orang. Menciptakan aura positif dalam diri tidak hanya bermanfaat bagi hubungan sosial, tetapi juga bagi kesejahteraan mental sendiri. Sikap positif membantu menghadapi tantangan hidup dengan lebih baik, serta menarik energi positif dari orang-orang di sekitar.

Dengan demikian, hubungan yang lebih harmonis dan saling mendukung dapat terbentuk. Berikut ini adalah tujuh tips yang dapat membantu menghindari sikap negatif dan tetap disukai banyak orang, dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (1/10/2024).


1. Pikiran Optimis

gambar zodiak/Foto oleh Daria Rem dari Pexels

Mulailah dengan langkah paling sederhana yang bisa dilatih dalam diri, yaitu dengan selalu menjaga pikiran positif. Pikiran negatif sering kali muncul dari sudut pandang yang pesimis terhadap situasi atau individu lain. Biasakan untuk melihat sisi baik dari setiap keadaan dan fokus pada solusi, bukan pada masalahnya. Latihan ini akan membantu membentuk sikap yang lebih optimis dan menyenangkan.


2. Selalu Berterima Kasih

gambar wanita tersenyum/Foto oleh Rheyan Glenn Dela Cruz Manggob dari Pexels

Rasa syukur dapat menenangkan hati dan membuat anda lebih mampu menerima keadaan. Sikap legowo ini adalah kunci untuk menghindari pikiran negatif dan sikap sinis. Dengan bersyukur, anda akan lebih mudah menghargai apa yang anda miliki dan tidak terfokus pada kekurangan atau masalah hidup.

Biasakan menulis tiga aspek yang bisa kamu syukuri setiap hari. Cara ini akan membantumu melihat hidup dari sudut pandang yang lebih indah dan positif.


3. Menjauhkan Diri dari Gosip

gambar prediksi zodiak/hak cipta Pexels/mentatdgt

Salah satu aktivitas yang tidak produktif dan hanya membuang waktumu serta menguras energimu adalah bergosip. Gosip sering kali menjadi sumber energi negatif, karena ketika kamu membicarakan keburukan orang lain, kamu sebenarnya sedang menyebarkan negativitas yang akan berdampak buruk pula pada citramu.

Kamu juga turut menciptakan lingkungan yang tidak sehat. Oleh karena itu, sebaiknya temukan kegiatan lain yang lebih bermanfaat dan bicarakan sikap positif tentang orang lain. Ini akan membuatmu lebih dihargai dan disukai.


4. Tidak Mudah Emosi

gambar ramalan zodiak/hak cipta unsplash/Kal Loftus

Dapat dibuktikan bahwa individu yang sabar, tenang, murah senyum, dan mudah diajak bercanda serta tidak mudah tersinggung cenderung lebih disukai banyak orang. Sikap ini karena mereka memiliki kemampuan dalam mengelola emosinya dengan baik.

Emosi negatif seperti marah, cemburu, menggerutu, atau kecewa adalah suatu yang normal, namun penting untuk belajar mengenali dan mengendalikan emosi tersebut. Teknik pernapasan, meditasi, berbicara dengan sahabat, berkompromi, atau bertoleransi adalah cara efektif untuk melepaskan emosi negatif.


5. Mengasah Kemampuan Memaafkan

Ilustrasi horoskop/zodiak dari Unsplash/Henri Pham

Salah satu kebiasaan penting yang perlu dikembangkan adalah kemampuan untuk memaafkan, baik terhadap diri sendiri maupun orang lain. Dalam interaksi sosial, anda pasti pernah mengalami sakit hati atau terluka oleh tindakan orang lain.

Daripada menyimpan dendam dan memelihara pikiran negatif yang merugikan, cobalah untuk melihat situasi dari sudut pandang orang lain dan mencari alasan mengapa mereka bisa berbuat jahat kepadamu dalam konteks yang lebih positif. Jika masih sulit, ingatlah bahwa memaafkan adalah demi kebaikanmu sendiri, untuk menjaga kedamaian hati dan pikiranmu.


6. Jauhi Individu-Individu Negatif

gambar ramalan bintang/hak cipta Pexels/Daniel Xavier

Sangat penting untuk menjauh dari individu-individu yang membawa energi negatif. Siapa pun yang kamu anggap memberikan pengaruh buruk, tidak sesuai dengan nilai-nilai moral yang kamu anut, membuatmu meragukan diri sendiri, dan hanya menguras energimu, sebaiknya dihindari. Kesehatan mental harus dijaga dengan baik, salah satunya dengan selektif dalam memilih teman. Kelilingi dirimu hanya dengan orang-orang yang baik dan positif.


7. Mengambil Pelajaran dari Masa Lalu

gambar zodiak wanita/Foto oleh Renato Abati dari Pexels

Setiap individu pasti pernah merasakan kegagalan atau kekecewaan. Daripada terperangkap dalam kenangan masa lalu yang suram dan dipenuhi negativitas, manfaatkan pengalaman tersebut sebagai pelajaran untuk memperbaiki diri, menghindari kesalahan yang sama, dan berdamai dengan diri sendiri. Refleksi diri dan belajar dari kesalahan akan membantumu tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang lebih baik dan positif.

Dengan menerapkan tujuh cara di atas, kamu tidak hanya akan menjauh dari sikap negatif tetapi juga akan menjadi pribadi yang jauh lebih disukai oleh banyak orang.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya