Jangan Sembarangan, Begini Urutan Basic Skincare Remaja untuk Kulit Tetap Sehat dan Glowing

Memiliki wajah yang sehat dan bercahaya adalah dambaan setiap orang, terutama bagi para remaja yang baru saja melewati masa pubertas.

oleh Ricka Milla Suatin diperbarui 28 Sep 2024, 11:26 WIB
Rekomendasi skincare yang cocok untuk dipakai remaja dan pemula dalam menggunakan skincare (us.laneige.com).

Liputan6.com, Jakarta Memiliki wajah yang sehat dan bercahaya adalah dambaan setiap orang, terutama bagi para remaja yang baru saja melewati masa pubertas. Perubahan hormon sering kali membawa tantangan tersendiri, seperti munculnya jerawat, kulit yang menjadi lebih sensitif, serta perubahan tipe kulit, baik itu menjadi lebih berminyak atau kering.

Dengan begitu banyak produk skincare yang tersedia di pasaran, mungkin kamu merasa bingung tentang urutan pemakaian yang benar. Terlebih lagi, setiap rangkaian skincare memiliki jenis dan formulasi yang berbeda-beda.

Jadi, bagaimana urutan yang tepat agar hasilnya lebih optimal? Yuk, kita bahas satu per satu urutan dasar skincare pagi dan malam untuk remaja yang telah dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (28/9/2024).


Urutan Basic Skincare Remaja

Gambar Produk Skincare Pagi (c) Roman Odintsov/Pexels.com

Menggunakan produk perawatan kulit di pagi hari sangat penting untuk melindungi kulit dari berbagai faktor eksternal seperti sinar matahari, polusi, debu, dan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan, mempercepat penuaan, dan menimbulkan masalah kulit lainnya. Oleh karena itu, untuk menjaga kulit tetap sehat, cerah, dan terlindungi sepanjang hari, berikut adalah urutan skincare di pagi hari.

1. Pembersih Wajah

Langkah pertama yang paling penting dalam urutan skincare adalah membersihkan wajah. Untuk pembersih wajah ada dua tipe, yaitu facial foam dan facial wash.

Apa perbedaan antara facial foam dan facial wash? Jika memiliki kulit wajah normal hingga berminyak, facial foam adalah pilihan yang tepat. Seperti namanya, foam atau busa, formulasi ini sangat cocok untuk kulit berminyak karena dapat mengangkat minyak berlebih di wajah dan mengurangi timbulnya jerawat.

Sementara itu, facial wash diperuntukkan bagi mereka yang memiliki tipe kulit normal hingga kering. Facial wash berbeda dengan facial foam karena kadar busanya sedikit, sehingga kulit tetap lembab dan tidak terasa kering setelah mencuci wajah.

2. Toner

Langkah kedua setelah membersihkan wajah adalah mengaplikasikan toner agar kondisi pH kulit lebih seimbang. Penggunaan toner juga dapat mengangkat sisa-sisa kotoran yang masih tertinggal setelah mencuci wajah.

Sebelum menggunakan toner, penting untuk memahami jenis kulit terlebih dahulu. Pilih toner yang bebas alkohol agar kulit wajah tetap lembap dan terhindar dari iritasi. Sebaiknya pilih hydrating toner yang berfungsi melembapkan sekaligus menjaga keseimbangan pH kulit. Untuk mengaplikasikan toner, kamu bisa menggunakan kapas atau langsung dengan tangan dan menepuk-nepuk secara perlahan agar toner cepat meresap ke dalam kulit.

3. Pelembab

Setelah toner meresap dengan baik, langkah berikutnya adalah mengaplikasikan pelembap secara merata. Produk ini sangat penting untuk menjaga kulit tetap terhidrasi. Bagi pemilik kulit berminyak, penggunaan pelembap tetap diperlukan agar elastisitas kulit tetap terjaga dan sehat.

Khusus bagi pemilik kulit berminyak, pilihlah jenis pelembab dengan kandungan non-komedogenik agar tidak menyumbat pori-pori. Sementara itu, jika memiliki tipe kulit yang kering dan sensitif, pilihlah produk dengan kandungan Hyaluronic Acid untuk membantu mengunci kelembapan lebih lama.

4. Tabir Surya

Langkah terakhir yang tidak boleh dilewatkan adalah penggunaan tabir surya, terutama jika memiliki banyak aktivitas di luar ruangan. Produk ini sangat penting untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV yang dapat merusak kulit.

Pilih tabir surya dengan SPF minimal 30 dan pastikan produk tersebut melindungi dari UVA dan UVB. Gunakan sebelum beraktivitas di luar, bahkan pada hari mendung sekalipun. Aplikasikan secara merata ke seluruh wajah dan leher, serta ulangi setiap 2-3 jam sekali.


Urutan Basic Skincare Remaja

Gambar produk perawatan kulit malam. (c) Polina Tankilevitch/Pexels.com

Penggunaan skincare di malam hari merupakan hal yang wajib dilakukan sebelum tidur karena kulit sedang mengalami fase regenerasi dan perbaikan dari dalam. Untuk mendapatkan wajah yang cerah dan glowing di pagi hari, berikut adalah urutan basic skincare remaja yang bisa kamu ikuti.

1. Pembersih Wajah

Double cleansing sangat dianjurkan untuk membersihkan wajah secara maksimal dari kotoran, debu, dan sisa makeup. Tahap pertama, gunakan micellar water yang sesuai dengan jenis kulitmu. Lanjutkan dengan mencuci wajah menggunakan facial foam atau facial wash untuk mengangkat residu yang tersisa. Saat membersihkan, hindari menggosok wajah terlalu keras dan lakukan gerakan melingkar dengan lembut agar seluruh bagian wajah terjangkau dan bersih sempurna.

2. Toner

Sama seperti pada langkah di pagi hari, toner dapat digunakan setelah rangkaian skincare sebelumnya meresap ke kulit. Pastikan memilih jenis toner yang sesuai dengan kondisi wajahmu.

3. Pelembab (Krim Malam)

Pada malam hari, kulit lebih membutuhkan pelembab dengan formula yang lebih kaya dan intens dibandingkan dengan pelembab pagi. Pilih pelembab yang menghidrasi kulit dan mendukung proses regenerasi kulit saat tidur. Berbeda dengan pelembab pagi yang memiliki kandungan SPF untuk melindungi kulit dari sinar matahari, pelembab malam fokus pada pemulihan dan perbaikan sel-sel kulit dari dalam.

Mulai sekarang, yuk lebih peduli dengan kesehatan kulitmu! Rawat kulitmu sejak dini, karena kulit yang terawat adalah investasi jangka panjang untuk penampilan yang lebih percaya diri.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya