Keren, Sarinah Bakal Buka Toko Cabang di Amsterdam Tahun Depan

PT Sarinah (Persero) menyiapkan program ekspansi ritel dengan menyasar pasar di luar negeri. Setelah membuka Windownesia di Terminal Kedatangan Pertumbuhan Airport TNG, Australia, Sarinah membidik pasar di ibu kota Belanda, Amsterdam.

oleh Maulandy Rizki Bayu Kencana diperbarui 28 Sep 2024, 20:00 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir mengunggah sejumlah foto dirinya berpose di sekitaran Gedung Sarinah (dok: @erickthohir)

Liputan6.com, Jakarta PT Sarinah (Persero) menyiapkan program ekspansi ritel dengan menyasar pasar di luar negeri. Setelah membuka Windownesia di Terminal Kedatangan Pertumbuhan Airport TNG, Australia, Sarinah membidik pasar di ibu kota Belanda, Amsterdam.

Director of Retail & Business Development PT Sarinah (Persero) Selfie Dewiyanti mengatakan, pihaknya punya dua sasaran dalam program ekspansi ritel. Pertama, dengan mengembangkan toko-toko di destinasi wisata dalam negeri, dimulai dari bandara sebagai pintu gerbangnya.

"Rencana jangka panjangnya nanti Sarinah akan terus ada di airport-airport di Indonesia. Dalam plan kita ada di Cengkareng, Jakarta. Kemudian di Denpasar, Surabaya, Medan, Yogyakarta," ujar Selfie dalam sesi media briefing di Gedung Sarinah Thamrin, Jakarta, dikutip Sabtu (28/9/2024).

Selanjutnya, Sarinah juga punya tujuan untuk mengembangkan cabang di luar Indonesia. Setelah Australia, tempat berikutnya yang dibidik untuk membuka pusat perbelanjaan yakni di Amsterdam.

"Kenapa kita milih Australia dan Amsterdam, karena kedua negara ini memiliki masyarakat yang luar biasa tinggi jumlahnya untuk masyarakat Indonesia. Kemudian juga ada benang merah antara negara-negara tersebut. Kecintaannya terhadap produk lokal Indonesia itu tinggi," ungkapnya.

Bekerjasama dengan Kementerian Luar Negeri, Sarinah nantinya akan mendapatkan satu gedung di Amsterdam untuk membuka department store. Targetnya, toko cabang itu bisa mulai dioperasikan pada kuartal I 2025.

"Rencananya kita di Amsterdam mungkin akan buka di kuartal I tahun depan. Kita bekerjasama dengan Kementerian Luar Negeri, di Amsterdam itu kita akan mengisi salah satu gedung yang dimiliki oleh Kementerian Luar Negeri sebanyak 3 lantai, sekitar 1.500 meter (persegi)," jelasnya.

 

 


Ajak Swasta Kolaborasi

Warga memanfaatkan waktu berlibur lebaran dengan mengunjungi Sarinah Jakarta, Jumat (6/5/2022). Warga Jakarta dan sekitarnya mengisi libur Idul Fitri 1443 H untuk berjalan jalan dan berekreasi bersama keluarga ke Mall dan tempat-tempat wisata di Ibu Kota. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Selain itu, Selfie melanjutkan, Sarinah juga mengajak swasta untuk berkolaborasi membuka cabang-cabang baru di dalam negeri. Dalam waktu dekat, Sarinah akan membuka toko di kawasan Batavia Pantai Indah Kapuk (PIK) 2 pada akhir tahun ini.

"Jadi next-nya itu kita akan ada Toko Sarinah di Batavia PIK 2. Akhir tahun itu kita akan bukan di PIK 2, dan kita dilamar oleh Agung Sedayu Group," kata Selfie.

Selfie mengatakan, Sarinah akan memiliki pusat perbelanjaan yang dikelola secara mandiri di PIK 2. Dia pun optimistis toko tersebut bisa menarik keramaian seperti di Gedung Sarinah Thamrin.

"Kita akan buka di Desember bersama Agung Sedayu. Potensi luasannya kan sekitar 300 meter (persegi). Jadi mungkin productivity-nya mirip-mirip lah dengan Thamrin," ungkap dia.


Dilamar Agung Sedayu, Sarinah Akhirnya Mau Buka Toko di PIK 2 Desember 2024

Director of Retail & Business Development PT Sarinah (Persero) Selfie Dewiyanti dalam sesi media briefing di Gedung Sarinah Thamrin, Jakarta, Jumat (27/9/2024). (Maul/Liputan6.com)

Sebelumnya, PT Sarinah (Persero) menyiapkan program bisnis untuk terus melakukan ekspansi ke tempat-tempat baru. Dalam waktu dekat, Sarinah akan membuka toko di kawasan Batavia Pantai Indah Kapuk (PIK) 2 pada akhir tahun ini.

"Jadi next-nya itu kita akan ada Toko Sarinah di Batavia PIK 2. Akhir tahun itu kita akan bukan di PIK 2, dan kita dilamar oleh Agung Sedayu Group," ujar Director of Retail & Business Development PT Sarinah (Persero) Selfie Dewiyanti dalam sesi media briefing di Gedung Sarinah Thamrin, Jakarta, Jumat (27/9/2024).

Selfie mengatakan, Sarinah akan memiliki pusat perbelanjaan yang dikelola secara mandiri di PIK 2. Dia pun optimistis toko tersebut bisa menarik keramaian seperti di Gedung Sarinah Thamrin.

"Kita akan buka di Desember bersama Agung Sedayu. Potensi luasannya kan sekitar 300 meter. Jadi mungkin productivity-nya mirip-mirip lah dengan Thamrin," ungkap dia.

Melalui kolaborasi antar member, Selfie menyebut Sarinah saat ini telah dan akan membuka department store di beberapa titik keramaian. Perseroan telah membuka Sarinah Store di Sanur, dan akan mengoperasikan food court di kawasan Taman Mini seluas 5.000 meter persegi, dan telah menjajaki kerjasama dengan PT KAI (Persero).

"Jadi Sarinah ini kan kita ekspansinya dept store-nya, tokonya. Ternyata bukan cuman dilirik dan ditaksir oleh BUMN lain seperti Kereta Api, dimana minggu juga sudah lakukan meeting dengan direksi Kereta Api, tapi juga perusahan swasta," tuturnya.

Untuk rencana jangka panjang, Sarinah juga akan terus berekspansi di berbagai bandara di Tanah Air. Itu masuk ke dalam strategic objectives untuk melakukan retail expansion.

"Rencana jangka panjangnya nanti Sarinah akan terus ada di airport-airport di Indonesia. Dalam plan kita ada di Cengkareng, Jakarta. Kemudian di Denpasar, Surabaya, Medan, Yogyakarta," beber Selvie.


Rencana Sarinah di 2024, Bangun Toko Baru di PIK 2 hingga Ekspansi ke Korea Selatan dan India

Director of Retail & Business Development PT Sarinah (Persero) Selfie Dewiyanti dalam sesi media briefing di Gedung Sarinah Thamrin, Jakarta, Jumat (27/9/2024). (Maul/Liputan6.com)

Sebagai mal pertama dan tertua di Indonesia, Sarinah bukan sekadar retail atau departement store. Dengan gerai pusatnya yang sudah direvitalisasi lebih dari dua tahun lalu, pusat perbelanjaan ini kembali berdenyut di Jakarta dan mengembangkan lini bisnisnya lebih luas lagi.  

Menumbuhkan UMKM Nasional dan sekaligus membangun ekosistem retail Indonesia yang dikelola BUMN, Sarinah juga berkolaborasi dengan BUMN lainnya seperti Angkasa Pura, Taman Wisata Candi (TWC), Taman Mini Indonesia Indah (TMII) untuk mengelola retailnya. Bahkan, Sarinah sedang membangun retail yang bekerja sama dengan swasta di kawasan PIK 2 sehingga pada akhirnya bentuk kolaborasi akan membentuk ekosistem pariwisata.

"Sebagai mal satu-satunya milik BUMN, kalau kita lihat dari sisi tren pengunjung di bulan puasa dan lebaran penjualan naik 20 persen karena dibandingkan sebelumnya pengeluaran pembelajaan lebih banyak di bulan Ramadan," ungkap Direktur Pengembangan Bisnis & Ritel PT Sarinah, Selfie Dewiyanti saat media gathering Jumat, 16 Maret 2024. 

Ia menyambung Sarinah memprediksi puncak penjualan tertinggi masyarakat berbondong ke mal pada awal April 2024. Pihaknya pun memanfaatkan momen ini dengan membuat program "Hikmah Ramadan".

Di dalamnya ada beberapa promosi dan koleksi-koleksi baru, mulai dari wastra hingga kebutuhan jelang Lebaran. Di departemnt store juga sudah mulai banyak khusus produk ramadan dengan diskon hampir 50 persen dan cashback, hingga gift voucher. "Fokus koleksi modest untuk perayaan Lebaran dan kita ada trunk show, serta beberapa bazar dan pop up," tambah Selfie. 

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya