Maggie Smith Meninggal Dunia, Ini 6 Film Terbaiknya dari Era California Suite hingga Harry Potter

Dame Maggie Smith meninggal dunia dalam usia 89 tahun. Ia aktris legendaris yang jadi panutan generasi muda dalam berakting. Berikut 6 film terbaiknya.

oleh Wayan Diananto diperbarui 28 Sep 2024, 10:00 WIB
Dame Maggie Smith meninggal dunia dalam usia 89 tahun. Ia aktris legendaris yang jadi panutan generasi muda dalam berakting. Berikut 6 film terbaiknya. (Foto: Dok. IMDb)

Liputan6.com, Jakarta Dame Maggie Smith meninggal dunia dalam usia 89 tahun. Pihak keluarga mengonfirmasi kabar duka ini lewat publisis seraya memohon privasi selama masa berkabung. Maggie Smith adalah aktris legendaris yang jadi panutan generasi muda dalam berakting.

Lebih dari 70 tahun mengabdi di dunia seni, bintang film Harry Potter itu memperoleh pengakuan Triple Crown of Acting karena menang Piala Tony Awards (teater), Emmy (pertelevisian), dan Oscar (film). Kariernya sebagai aktris layar lebar pun sempurna.

Pasalnya, Maggie Smith menang 2 Piala Oscar untuk Pemeran Pendukung dan Pemeran Utama Wanita Terbaik. Tak banyak aktris Hollywood yang berhasil mendapat 2 Piala Oscar untuk dua kategori akting berbeda.

Kepergian Maggie Smith, kehilangan besar bagi industri sinema. Laporan khas Showbiz Liputan6.com kali ini merangkai 6 film terbaik Maggie Smith yang berjaya di tangga box office maupun menembus bursa Oscar. 

 


1. Othello (1965)

Poster film Othello. (Foto: Dok. BHE Films/ National Theatre of Great Britain/ IMDb)

Ya, ini film rilisan 1965. Dan, ya Othello diangkat dari pementasan National Theatre Company karya William Shakespeare. Versi layar lebarnya disutradarai Stuart Burge dan menjelma pertunjukan akting yang memuaskan dari berbagai aspek.

Bayangkan, 4 bintang film Othello diganjar nominasi Oscar, yakni Laurence Olivier (Pemeran Utama Pria Terbaik), Frank Finlay (Pemeran Pendukung Pria Terbaik), serta Joyce Redman dan Maggie Smith (Pemeran Pendukung Wanita Terbaik).


2. The Prime of Miss Jean Brodie (1969)

Poster film The Prime of Miss Jean Brodie. (Foto: Dok. 20th Century Fox/ IMDb)

Empat tahun setelah kali pertama meraih nominasi Oscar dalam Othello, Maggie Smith menggenggam Piala Oscar Pemeran Utama Wanita Terbaik berkat The Prime of Miss Jean Brodie. Film ini juga mengantar sang aktris menang di ajang Oscar-nya Inggris, BAFTA.

Dalam perannya sebagai guru yang bersemangat di sekolah khusus perempuan Skotlandia, Smith memikat kita dengan kemampuannya menyeimbangkan romantisme dan kenyataan. Penampilannya hasil eksplorasi yang menakjubkan tentang kekuatan dan kerentanan,” pihak Academy Awards mengenang pengabdian Maggie Smith di dunia seni, dalam akun Instagram terverifikasi, Sabtu (28/9/2024).  

 


3. California Suite (1978)

Poster film California Suite. (Foto: Dok. Columbia Pictures/ IMDb)

Sembilan tahun setelah The Prime of Miss Jean Brodie, Maggie Smith yang juga diganjar nominasi Academy Awards lewat Travels with My Aunt akhirnya menyempurnakan karier dengan menang Oscar Pemeran Pendukung Wanita Terbaik lewat California Suite.

Sebelum menang Oscar kedua, Maggie Smith unggul di Golden Globe Awards. California Suite masuk daftar 1.000 Film Terbaik sepanjang masa versi The New York Times. Kritikus Leonard Maltin menyebut Michael Caine dan Maggie Smith bagian terbaik dalam Calfornia Suite.

 


4. A Room with a View (1985)

Poster film A Room with a View. (Foto: Dok. Merchant Ivory Productions/ IMDb)

Sejujurnya, akting terbaik Maggie Smith ada di A Room with a View. Dalam mahakarya sineas James Ivory ini, ia memerankan Charlotte Bartlett, sepupu Lucy Honeychurch yang kecewa saat berlibur ke Florence dan menginap di Pensione Bertolini.

Film ini menang 3 Piala Oscar dari 8 nominasi. A Room with a View mengantar Maggie Smith menang Pemeran Utama Wanita Terbaik BAFTA dan Pemeran Pendukung Wanita Terbaik di Golden Globe Awards.

Sayang, Academy Awards hanya memberinya nominasi Pemeran Pendukung Wanita Terbaik kemudian kalah oleh performa Dianne Wiest dalam Hannah and Her Sisters karya sineas Woody Allen. Apa boleh buat?

 


5. Gosford Park (2001)

Poster film Gosford Park. (Foto: Dok. Focus Features, Capitol Films/ IMDb)

Komedi gelap nan satir karya sutradara Robert Alman ini dimodali naskah ciamik Julian Fellowes dan bertabung bintang kaliber Oscar. Meraih 7 nominasi Oscar, Gosford Park menang di kategori Skenario Asli Terbaik.

Ada dua bintang yang meraih nominasi Pemeran Pendukung Wanita Terbaik yakni Helen Mirren dan Maggie Smith sebagai Constance. Ini nominasi terakhir Maggie Smith yang meninggal dunia di London, 27 September 2024.

 


6. Harry Potter and the Sorcerer

Poster film Harry Potter and the Sorcerer's Stone. (Foto: Dok. Warner Bros. Pictures/ IMDb)

Tak berlebihan jika menyebut 2001 sebagai tahunnya Maggie Smith. Selain meraih nominasi Oscar lewat Gosford Park, ia terlibat megaproyek Harry Potter and the Sorcerer's Stone karya Chris Columbus. Film ini mencetak box office dengan pendapatan kotor 976 juta dolar AS dari seluruh dunia.

Harry Potter and the Sorcerer's Stone beroleh tiga nominasi Oscar yakni Tata Kostum, Musik, dan Artistik Terbaik. Maggie Smith dipilih sendiri oleh JK Rowling sebagai Minerva McGonagall, wakil kepala sekolah, kepala asrama Gryffindor dan guru Transfigurasi Hogwarts.

 

 

 

Film-film ini terinspirasi dari hari kemerdekaan negara Amerika Serikat yang jatuh pada tangga 4 Juli. Apa sajakah?

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya