Terapkan Good Mining Practices, Perusahaan Tambang Diganjar Penghargaan

Dirjen Minerba ESDM, Dr. Ing. Tri Winarno, memberikan apresiasi kepada PPA dan perusahaan tambang lainnya yang telah menerapkan kaidah pertambangan yang baik.

oleh Tira Santia diperbarui 28 Sep 2024, 10:12 WIB
PT Putra Perkasa Abadi (PPA) kembali mendapatkan pengakuan atas dedikasinya dalam menerapkan Good Mining Practices (GMP).

Liputan6.com, Jakarta PT Putra Perkasa Abadi (PPA) kembali mendapatkan pengakuan atas dedikasinya dalam menerapkan Good Mining Practices (GMP).

Menteri ESDM Bahlil Lahadalia, menyampaikan terima kasih kepada perusahaan tambang atas kontribusi terhadap penerimaan negara.

Diq menekankan pentingnya memperhatikan pengelolaan pasca tambang dan menjaga kaidah pertambangan yang baik agar operasional pertambangan berkelanjutan.

Dengan penghargaan ini, PPA semakin mengukuhkan posisinya sebagai perusahaan jasa pertambangan yang tidak hanya berfokus pada produksi, tetapi juga memiliki komitmen dan tanggung jawab terhadap keselamatan kerja, lingkungan dan masyarakat di sekitar wilayah operasionalnya.

Good Mining Practice Award merupakan ajang tahunan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk memberikan apresiasi kepada perusahaan pertambangan yang menerapkan kaidah teknik pertambangan yang baik.

Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi atas upaya perusahaan dalam menjaga praktik penambangan dengan mengedepankan keselamatan kerja, perlindungan lingkungan, penerapan konservasi mineral dan batubara, pengelolaan teknis serta penerapan standarisasi usaha jasa pertambangan.

Pada ajang Penerapan Kaidah Teknik Pertambangan Mineral dan Batubara yang Baik Tahun 2024 atau GMP Award 2024, PPA menerima penghargaan Trofi Best of The Best kategori Pengelolaan Standarisasi dan Usaha Jasa Pertambangan Mineral dan Batubara Kelompok Pemegang Izin Usaha Jasa Pertambangan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). 

Nilai Tertinggi

PPA mencatatkan nilai tertinggi dari 78 perusahaan yang meraih penghargaan GMP Award pada kategori kelompok Pemegang Izin Usaha Jasa Pertambangan.

Ini merupakan ketiga kalinya PPA meraih trofi terbaik GMP Award, sebelumnya PPA juga meraih trofi terbaik pada tahun 2022 dan 2023.

Direktur Operasional PPA, R. Teguh Saptosubroto yang turut hadir mengatakan, penghargaan ini merupakan apresiasi atas perusahaan dalam menjalankan operasi pertambangan yang bertanggung jawab dan berkelanjutan, dan ini merupakan hasil kerja keras seluruh tim PPA dan mitra kerjanya.

“Kami mengucapkan Alhamdulillah PPA meraih Trofi Terbaik untuk ketiga kali berturut-turut, ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus mempertahankan dan meningkatkan standar tertinggi dalam operasional pertambangan yang berkelanjutan," ujar R. Teguh Saptosubroto usai menerima penghargaan.

Pada acara yang digelar di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (24/09/2024), PPA meraih empat penghargaan Aditama yakni PPA site Adoro Indonesia, PPA site MLP, PPA site Bukit Asam, dan PPA site Borneo Indobara.

Sementara PT Antareja Mahada Makmur (AMM) yang merupakan anak perusahaan PPA meraih satu Penghargaan Aditama (Emas) untuk AMM site BIB, dua penghargaan Utama (Perak) untuk AMM site ABP dan Site MHU, serta satu Penghargaan Pratama (perunggu) untuk AMM site MIFA.

Dalam sambutannya, Dirjen Minerba ESDM, Dr. Ing. Tri Winarno, memberikan apresiasi kepada PPA dan perusahaan tambang lainnya yang telah menerapkan kaidah pertambangan yang baik.

Menurut dia, penghargaan ini diharapkan dapat memotivasi seluruh insan pertambangan untuk terus meningkatkan standar operasional yang memprioritaskan keselamatan manusia, perlindungan lingkungan, serta kontribusi positif bagi negara dan masyarakat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya