Pemerintah Serahkan Bantuan Rp290 Miliar untuk Gelaran Peparnas 2024

Guna mensukseskan pesta olahraga disabilitas Peparnas 2024, pemerintah memberi bantuan dana sebesar Rp290 Miliar.

oleh Ade Nasihudin Al Ansori diperbarui 28 Sep 2024, 12:00 WIB
Pemerintah Serahkan Bantuan Rp290 Miliar untuk Gelaran Peparnas 2024. Foto: Kemenpora.

Liputan6.com, Jakarta - Pekan Paralimpiade Nasional atau Peparnas 2024 segera dihelat pada 6 hingga 13 Oktober 2024. Guna mensukseskan pesta olahraga disabilitas ini, pemerintah memberi bantuan dana sebesar Rp290 M.

Hal ini disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora RI) Dito Ariotedjo dalam penandatanganan perjanjian kerja sama bantuan pemerintah untuk dukungan penyelenggaraan Peparnas XVII 2024.

"Hari ini kita selaku perwakilan pemerintah pusat, Kemenpora menyerahkan angka nominal Rp290 miliar yang akan dikelola di kepanitiaan PB Peparnas,” kata Dito di Media Center Kemenpora, Jakarta, Jumat 27 September 2024.

Penandatanganan dilakukan antara Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pada Asisten Deputi Olahragawan Andalan Kemenpora Darmo Susilo, PPK pada Asisten Deputi Standarisasi Akreditasi Sertifikasi Prasarana dan Sarana Olahraga Kemenpora Bastaman Harahap, serta Ketua Pelaksana PB Peparnas XVII DB Susanto.

Dito menambahkan, angka ini diberikan untuk kepentingan penyelenggaraan dan peralatan yang dibutuhkan.

“Jumlah itu untuk penyelenggaraan dan sisanya untuk peralatan,” tambah Dito di hadapan para saksi dari Kejagung dan Bareskrim.

Dito menyebut, perhelatan Peparnas XVII ini akan tetap dipantau oleh tim satgas tata kelola, yang mana sebelumnya juga bertugas pada ajang PON XXI Aceh-Sumatera Utara.

"Kami sampaikan ulang seperti saat PON, satgas tata kelola masih bekerja, karena dalam Keppres nomor 24 itu satgas tata kelola untuk PON dan juga Peparnas. Jadi kami sampaikan di awal akan ada pendampingan dan akan di monitor," terang Dito melansir keterangan resmi di laman Kemenpora.


Anggaran akan Digunakan Sesuai Peruntukannya

Dalam keterangan yang sama, Ketua Pelaksana PB Peparnas XVII DB Susanto menyatakan pihaknya siap dalam menyukseskan ajang tersebut. Dia mengatakan, anggaran itu akan digunakan sesuai dengan peruntukannya.

"Kami sudah membentuk beberapa bidang seperti akomodasi, konsumsi, pertandingan dan lainnya. Solo dan sekitarnya sudah siap termasuk penginapannya. Begitu juga dengan venue yang sudah dilakukan monitoring," katanya.

Seperti diketahui, Peparnas XVII diselenggarakan pada 6-13 Oktober 2024, dengan total 20 cabang olahraga. Pertandingan itu tersebar di Surakarta, Sukoharjo, Karanganyar, dan Boyolali.


Menpora Yakin Panitia Peparnas 2024 Mampu Bekerja Maksimal

Lebih lanjut, Dito yakin panitia pelaksana bisa bekerja dengan maksimal. Mereka akan fokus dalam pengelolaan penyelenggaraan. Sebab, untuk venue-venue sudah dalam keadaan siap dan tidak ada pembangunan ulang.

"Semua venue yang ada di Jawa Tengah itu siap, karena sebelumnya sudah pernah menjadi tuan rumah ASEAN Para Games. Sehingga nanti PB Peparnas fokus dalam mengelola penyelenggaraan event," jelas Dito.

Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas. (Liputan6.com/Triyasni)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya