Intip, Resep Membuat Kremesan Ayam Garing dan Gurih

Kremesan ayam menjadi salah satu pelengkap yang sering dinikmati oleh banyak orang. Berikut ini resep mudah membuat kremesan ayam yang garih dan gurih.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 30 Sep 2024, 19:00 WIB
ilustrasi kremes/copyright by Ariyani Tedjo (Shutterstock)

Liputan6.com, Bandung - Kremesan ayam merupakan salah satu jenis pelengkap makanan yang sangat populer di Indonesia dan disukai oleh banyak orang. Biasanya, kremesan disajikan bersama ayam goreng namun tidak jarang juga dijadikan sebagai pelengkap makanan lainnya.

Sebagai informasi, kremesan merupakan adonan tepung yang digoreng hingga kering dan renyah lalu dipotong atau dihancurkan kecil-kecil. Kremesan jadi kesukaan banyak orang karena teksturnya yang renyah dan gurih.

Diketahui beberapa orang menyukai kremesan karena kombinasi antara tekstur luar yang renyah menjadi sangat menarik untuk dikunyah. Sensasi renyah yang dihasilkan ketika menggigit kremesan memberikan kepuasan tersendiri bagi penikmatnya.

Kemudian kremesan juga terkenal dengan rasanya yang gurih karena dibuat dengan bahan yang berasal dari bumbu yang digunakan dalam adonan. Kombinasi antara rasa gurih dan sedikit asin membuat kremesan menjadi sangat lezat.

Sementara itu, membuat kremesan relatif lebih mudah untuk dibuat di rumah karena bahan yang dibutuhkan pun mudah didapatkan. Sehingga tidak heran kremesan populer untuk disajikan pada berbagai acara atau sekedar pelengkap yang dibutuhkan di rumah.

Mengonsumsi kremesan tidak hanya cocok dipadukan dengan ayam goreng tetapi juga bisa menjadi pelengkap makanan lainnya seperti nasi goreng, mie goreng, atau bahkan sebagai camilan.

Tidak sedikit orang bahkan senang membuat kremesan untuk disantap bersama nasi hangat tanpa lauk apapun. Berikut ini resep mudah untuk membuat kremesan yang bisa dilakukan sebagai stok atau pelengkap makanan sehari-hari.

 

Simak Video Pilihan Ini:


Resep Membuat Kremesan Ayam Garing dan Gurih

Resep kremesan kulit melinjo. (dok. Cookpad @diar_yaniska)

Melansir dari akun TikTok (@agakenyang_) terdapat resep membuat kremesan mudah dengan hasil yang garing. Berikut ini resep mulai dari bahan dan cara membuatnya yang bisa diperhatikan:

Bahan-Bahan

  • 3 sdm bumbu marinasi.
  • 9 sdm tepung tapioka.
  • 1 telur.
  • 500 ml air.

Cara Membuat

1. Masukkan bumbu marinasi bisa dari bumbu untuk ayam atau tempe ke dalam wadah.

2. Kemudian tambahkan tepung tapioka dan satu butir telur.

3. Aduk bahan hingga tercampur.

4. Selanjutnya, tambahkan air sesuai takaran secara perlahan dan pastikan tidak sampai terasa encer atau masih menghasilkan tekstur kasar dari tepung.

5. Jika adonan sudah jadi masukan ke dalam wadah botol agar menggoreng lebih mudah.

6. Panaskan minyak dengan api sedang dan ketika minyak panas masukan adonan.

7. Kemudian goreng hingga kremesan mengering angkat dan kremesan bisa dinikmati.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya