Ridwan Kamil Kukuhkan Duta Muda, Bakal Jangkau Warga Jakarta Door to Door

Duta Muda Jakarta RK-Suswono akan bertugas berkampanye ke seluruh sudut masyarakat di Jakarta dengan cara door to door ke rumah warga. Ribuan anak-anak muda ini dipimpin oleh 200 orang terpilih.

oleh Winda Nelfira diperbarui 28 Sep 2024, 15:06 WIB
Calon Gubernur (Cagub) Jakarta Nomor Urut 1 Ridwan Kamil (RK), mengukuhkan Duta Muda Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Calon Gubernur (Cagub) Jakarta Nomor Urut 1 Ridwan Kamil (RK), mengukuhkan Duta Muda Jakarta. RK bilang, total ada ribuan Duta Muda Jakarta ini yang bakal membantu pemenangan RK-Suswono (RIDO).

Duta Muda Jakarta RK-Suswono akan bertugas berkampanye ke seluruh sudut masyarakat di Jakarta dengan cara door to door ke rumah warga. Ribuan anak-anak muda ini dipimpin oleh 200 orang terpilih. 

"Tugasnya mereka akan keliling, door to door, untuk mensosialisasikan program visi misi pasangan rido, sambil berbalik menanyakan permasalahan apa yang dirasakan saat melakukan sosialisasi," kata RK di Bejawa Tebet, Jakarta Selatan, Sabtu (28/9/2024).

Duta Muda Jakarta yang bertugas di lapangan akan dilengkapi dengan sebuah aplikasi bernama Keranjang Masalah Jakarta atau Keramas Jakarta. Di aplikasi ini akan ditampung seluruh masalah yang menjadi keluhan warga.

"Gagasan dari pasangan RIDO mungkin hanya mencangkup 30 persen tentang mimpi Jakarta baru, 70 persennya kita ambil dari ide-ide dari masyarakat, karena membangun ini bukan hanya tugas pemerintah tapi tugas bersama sama," jelasnya.

Menurut RK, masalah dan keluhan warga yang diperoleh Duta Muda Jakarta dari warga akan ditindaklanjuti RK-Suswono. Masalah itu, kata dia akan dicari solusi dan jalan keluarnya melalui visi, misi, dan program yang telah digagas RK.

"Permasalahan itu nanti dieksekusi melalui kewenangan kalau kami menang di bulan Februari kan, kita kan ada rencana bikin Jakarta quick response. Kalau masalahnya hanya individu-individu, kemanusiaan itu nanti quick respon yang menyelesaikan," ucap dia.


Didukung Suku Betawi, Ridwan Kamil: Artinya Orang Betawi Paham Siapa yang Peduli

Lembaga Survei Poltracking Indonesia merilis hasil surveinya tentang Pilkada Jakarta 2024. Suara warga Betawi yang tinggal di Jakarta cenderung memilih pasangan calon (paslon) nomor urut satu Ridwan Kamil dan Suswono (RK-Suswono).

Menanggapi hal tersebut, RK mengaku bahagia dengan hasil Survei Poltracking. Menurutnya, hal itu menunjukkan orang Betawi paham siapa paslon yang peduli dengan Betawi.

"Yang saya bahagia juga dari suku Betawi ternyata malah memilih RIDO kan. Jadi artinya orang Betawi juga paham bahwa siapa yang peduli dengan budaya Betawi, mungkin itu yang mereka pilih," kata RK di Waduk Aseni, Jakarta Barat, Sabtu (28/9/2024).

Adapun dari hasil survei Poltracking, Ridwan Kamil-Suswono didukung 48 persen suku Betawi, Pramono Anung-Rano Karno 31,8 persen, dan Dharma Pongrekun-Kun Wardana sekitar 2,4 persen.

Meski begitu, RK meminta Ketua Tim Sukses Cagub-Cawagub Nomor Urut 1, Riza Patria atau Ariza tak lengah. Sebab, ujarnya survei masing-masing paslon menunjukkan perbedaan hasil yang tipis.

"Ya saya bilang dari awal Pilkada Jakarta akan ketat, akan dinamis, itulah kenapa ke Pak, Ariza ke tim, jangan lengah. Terus sosialisasi menjangkau masyarakat," jelas dia.

"Berbagai survei rentangnya di 47,48,57, metodenya beda-beda lah. Tapi yang saya terima angkanya berkisar plus minus di rentang itu," tandasnya.


Peroleh 45,5 Persen Suara Pendukung Anies, Ridwan Kamil: Kita Terima dengan Baik

Lembaga Survei Poltracking menyatakan ada sebanyak 45,5 persen pendukung Anies Baswedan di Pilpres 2024 yang cenderung mendukung Calon Gubernur (Cagub) dan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Ridwan Kamil (RK)-Suswono di Pilkada Jakarta 2024.

Menanggapi hal itu, RK mengucapkan terima kasih. Meski begitu dia bilang, tak pernah memilah-milah pendukung.

 "Kita enggak pilah-pilah ya. Mana pendukung siapa, daerah mana, kita terima dgn baik dang mengucapkan terima kasih," kata RK di Waduk Aseni, Jakarta Barat, Sabtu (28/9/2024).

Lebih lanjut, RK menyebut akan fokus mengejar pemilih yang masih bimbang atau belum memutuskan untuk mendukung pasangan cagub dan cawagub di Pilkada Jakarta 2024.

"Saya lihat kan masih ada 16 persen kalau enggak salah ya. Kita akan fokus mencari di mana kah 16 persen. Karena kan Jakarta harus lewat 50 persen plus 1," ungkap dia.

"Jadi mau pendukung Mas Anies atau bukan, yang penting kita akan terus mengejar 16 persen yang masih belum yakin atau memutuskan," sambung dia.

Diketahui, Poltracking Indonesia menyampaikan hasil surveinya terkait Pilkada Jakarta 2024. Pada salah satu segmen jajak pendapatnya, Poltracking memetakan sebaran pemilih di Pilpres 2024 terhadap tiga pasangan calon yakni Ridwan Kamil (RK)-Suswono, Dharma-Kun, Pramono-Rano.

Menurut Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda, sebaran pemilih yang saat Pilpres 2024 memilih Anies-Muhaimin di Jakarta adalah 37,4%. Dari angka tersebut, 45,4% memilih RK-Suswono, 31,2% memilih Pram-Rano, dan 6,7% memilih Dharma-Kun

"Selanjutnya, dari 46,3% responden yang mengaku memilih Prabowo-Gibran, sebanyak 57,4% responden memilih RK-Suswono, 27,5% responden memilih Pram-Rano, dan 4% memilih Dharma-Kun,” kata Hanta saat memaparkan hasil surveinya secara daring, Jumat (27/9/2024).

Terakhir, dari 9,1% responden yang mengaku memilih Ganjar-Mahfud, diketahui sebanyak 53,2% memilih Pram-Rano, 22,9% memilih RK-Suswono dan 6,4% memilih Dharma-Kun.

Infografis Bila Kotak Kosong Menang di Pilkada 2024, Apa yang Terjadi? (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya