Dukung Atlet Pulih dari Cedera Lebih Cepat, RS EMC Pekayon Hadirkan Sport Clinic Lengkap dengan Layanan Preventif

Guna mendukung pemulihan para atlet dan masyarakat dari cedera olahraga, Rumah Sakit EMC Pekayon resmi mendirikan Sport Clinic.

oleh Ade Nasihudin Al Ansori diperbarui 28 Sep 2024, 15:05 WIB
Dukung Para Atlet Pulih Lebih Cepat dari Cedera, RS EMC Pekayon Hadirkan Sport Clinic Lengkap dengan Layanan Preventif. Foto: Tangkapan layar Youtube Liputan6.

Liputan6.com, Jakarta - Cedera kerap terjadi pada para atlet dan masyarakat yang gemar olahraga. Bagi atlet profesional, cedera menjadi salah satu penghambat untuk bertanding di berbagai kejuaraan.

Maka dari itu, cedera perlu segera ditangani dengan tepat dan komprehensif. Dengan penanganan yang baik, maka atlet dapat kembali pulih dan mengejar prestasi dalam kompetisi.

Guna mendukung pemulihan para atlet dari cedera, Rumah Sakit EMC Pekayon resmi mendirikan Sport Clinic. Di sini, para atlet akan ditangani oleh para dokter yang kompeten.

Sport Clinic RS EMC Pekayon dilengkapi berbagai fasilitas seperti:

  • Ruang pelatihan olahraga;
  • ruang penindakan;
  • ruang tunggu;
  • teknologi ultrasonografi (USG); dan
  • teknologi laser untuk proses penyembuhan cedera atlet.

Selain itu, para atlet juga bisa mendapatkan pelayanan preventif atau pencegahan cedera.

“Jadi pengembangan layanan sport clinic ini selain dengan penanganan terpadu dan holistik serta komprehensif, kami juga akan mengembangkan layanan yang bersifat preventif,” ujar Direktur RS EMC Pekayon, Deddy Nugroho dalam peresmian Sport Clinic RS EMC Pekayon di Bekasi, Jumat (27/9/2024).

Deddy menjelaskan, pelayanan preventif adalah layanan bagi atlet sebelum kompetisi. Dalam layanan ini, para atlet bisa dicek kesehatannya sehingga dapat menghindari risiko cedera.

“Misalkan seperti ada pre-competition kita asesmen atau medical check up bagi para atlet sebelum kompetisi.”


Kembangkan Paket Layanan Termasuk untuk Pengaturan Gizi

Tak henti di situ, Deddy juga menyampaikan bahwa Sport Clinic RS EMC Pekayon turut mengembangkan berbagai paket layanan termasuk untuk pengaturan gizi.

“Kami juga mengembangkan paket-paket layanan, misalkan untuk pengaturan gizi seseorang, jadi bisa pakai paket-paket untuk gymnastic,” mengutip saluran Youtube Liputan6.

Selain terbuka untuk atlet, Sport Clinic ini juga terbuka bagi masyarakat umum terutama yang gemar berolahraga supaya terbebas dari cedera.

 


Alasan Diresmikannya Layanan Sport Clinic

Dalam wawancara Liputan6 Update edisi 27 September 2024, Deddy mengungkap alasan diresmikannya layanan baru di EMC Pekayon yakni Sport Clinic.

Menurutnya, pasca pandemi COVID-19, masyarakat terutama di Kota Bekasi semakin antusias dalam berolahraga. Hal ini melatarbelakangi diluncurkannya Sport Clinic.

“Pasca COVID masyarakat umum apalagi di Kota Bekasi itu sangat antusias terhadap olahraga. Kami juga sudah menangani atlet-atlet profesional maka dari itu kami membuka layanan ini,” jelasnya.


Usung Tagline Reach and Recover Faster

Dengan adanya layanan Sport Clinic, pihak Deddy berharap para atlet bisa mendapatkan perawatan cedera yang komprehensif dan integratif.

“Harapannya kami bisa memberikan layanan Sport Clinic yang komprehensif, integratif, dan holistik. Kemudian kami juga bisa menjadi mitra yang positif terhadap olahraga dan memberikan kontribusi pada masyarakat yang memang fokusnya dalam sport.”

“Dengan demikian, layanan Sport Clinic ini bisa berkontribusi yang nyata kepada masyarakat.”

Lebih lanjut, Deddy menerangkan makna dibalik tagline Sport Clinic EMC Pekayon yakni Reach and Recover Faster.

“Maknanya, kami dengan pelayanan yang komprehensif dan integratif ingin memberikan suatu pelayanan yang cepat. Recover faster, yaitu kami memberikan atlet atau masyarakat fisioterapi dan latihan-latihan sehingga mempercepat pemulihan dari pasien-pasien tersebut,” ucapnya.

Infografis Cedera Tulang Belakang Neymar (Liputan6.com/Yoshiro)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya