Sport Clinic, Layanan Terbaru RS EMC Pekayon untuk Para Pecinta Olahraga

RS EMC Pekayon menghadirkan fasilitas Sport Clinic bagi atlet maupun individu yang gemar berolahraga.

oleh Tim Health diperbarui 28 Sep 2024, 20:26 WIB
Mengusung tagline: Reach and Recover Faster, RS EMC Pekayon mampu melayani tindakan preventif, promotif, kuratif hingga rehabilitatif. (Foto:Istimewa)

Liputan6.com, Bekasi - Kebiasaan masyarakat Indonesia dalam berolahraga masih terbilang rendah. Laporan Sport Development Index (SDI) tahun 2022 mencatat besarannya di angka 30,93 persen, jauh di bawah standar yang ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yakni 60 persen.

Rendahnya minat olahraga di Indonesia disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya berolahraga untuk menjaga kesehatan, fasilitas dan juga infrastruktur yang tidak memadai.

Berangkat dari hal tersebut, RS EMC Pekayon menghadirkan fasilitas Sport Clinic bagi atlet maupun individu yang gemar berolahraga. Mengusung tagline: Reach and Recover Faster, fasilitas ini mampu melayani tindakan preventif, promotif, kuratif hingga rehabilitatif.  Seperti misalnya cedera bahu, siku, pergelangan tangan dan pergelangan kaki, cedera tulang, sendi, ligamen, lutut, cedera tangan dan lengan atas, cedera tulang belakang, hingga cedera sendi panggul. Rumah sakit ini juga dilengkapi dengan layanan Sport Injury Management, Spine Management, dan Osteoarthritis pada sendi.

"Kami berkomitmen untuk memberikan layanan kesehatan terbaik bagi masyarakat. Sport Clinic ini hadir sebagai bentuk layanan baru bagi masyarakat, khususnya pecinta olahraga. Kami memiliki tim dokter spesialis yang lengkap, berkompeten dan profesional dibidangnya," kata Direktur RS EMC Pekayon, dr. Deddy Nugroho, Jumat (27/9/2024). 

RS EMC Pekayon didukung oleh sejumlah dokter spesialis, antara lain Dokter Spesialis Ortopedi Konsultan Cedera Olahraga, Dokter Spesialis Ortopedi dan Traumatologi, Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga, Dokter Rehabilitasi Medis, dan Tim Sport Fisioterapis untuk proses recovery fungsi tubuh yang mengalami cedera. Selain itu, juga ada Dokter Spesialis Gizi Klinik yang membantu dalam manajemen nutrisi, serta tenaga Psikolog yang dapat membantu proses penyembuhan dari sisi psikologis pasien.

 

 


Diproyeksikan Menjadi RS Rujukan untuk Cegah dan Atasi Cedera Olahraga

Dukung Para Atlet Pulih Lebih Cepat dari Cedera, RS EMC Pekayon Hadirkan Sport Clinic Lengkap dengan Layanan Preventif. Foto: Tangkapan layar Youtube Liputan6.

Sport Clinic RS EMC Pekayon disebutkan akan menjadi pusat rujukan bagi mereka yang ingin mencegah dan mengatasi cedera olahraga dengan pendekatan yang tepat dan profesional.

"Untuk tindakan kuratif, kami melayani tindakan minimal invasif pada cedera ligamen/otot-otot (Arthroscopy), Arthroplasty (penggantian sendi), Tendon and Muscle Repair, Prosedur Operatif dan Non Operatif, tindakan Platelet Rich Plasma (Orthobiologic), Rekonstruksi Ligamen (ACL, PCL, MCL, LCL, ATFL dan lain-lain), Trauma Center Management (Fraktur, dislokasi dan lain-lain)," ungkap , Spesialis Ortopedi Konsultan Cedera Olahraga dr. Arrio Yusman.

Sementara itu,Spesialis Kedokteran Olahraga dr. Marco Ariono Nainggolan juga menekankan pentingnya pendekatan holistik dalam olahraga. Menurutnya, kesehatan dan kebugaran tidak hanya tentang latihan fisik, tetapi juga tentang pemahaman yang mendalam mengenai kondisi tubuh.

"Kami siap mendukung setiap individu dalam perjalanan mereka menuju kehidupan yang lebih sehat. Untuk itu, di Sport Clinic EMC Pekayon pasien yang aktif berolahraga, baik atlet maupun pegiat olahraga lainnya dapat melakukan konsultasi terkait pencegahan dan penanganan cedera olahraga, imbuhnya.


Bantu Pasien Pulih dari Cedera dan Optimalkan Potensi Fisik

 

Spesialis Rehabilitasi Medis  dr. Dessy Erika menambahkan, Sport Clinic RS EMC Pekayon tak hanya membantu pasien pulih dari cedera, tetapi juga mengoptimalkan potensi fisik mereka melalui program rehabilitasi yang dirancang khusus dan didukung alat-alat rehabilitasi medis yang mumpuni untuk proses penyembuhan pasien.

Sport Clinic ini memiliki alat laser dan room exercise yang dilengkapi mini gym untuk proses rehabilitasi medis pasiem Selain Sport Clinic, RS EMC Pekayon juga memiliki Trauma Center sehingga menjadi rumah sakit rujukan untuk menangani kecelakaan kerja, kecelakaan lalu lintas, cedera kepala, trauma thorax dan trauma ekstremitas.

 


Layanan Unggulan Lain RS EMC Pekayon

Layanan unggulan lainnya adalah Orthopedic Center, Cardiac Vascular Center, Digestive Center, Fertility Center, dan Neuroscience Center. Selain didukung tim medis yang profesional dan berpengalaman, Sport Clinic RS EMC Pekayon juga dilengkapi dengan fasilitas dan teknologi mumpuni, seperti MRI (Magnetic Resonance Imaging) 1,5 Tesla, CT-Scan 128 Slice, Radiologi (Rontgent), Ultrasonografi (USG).

"Saat ini, kami sudah bekerjasama dengan klub-klub olahraga dan perusahaan seperti KONI Kota Bekasi, PPLPD Dispora Kota Bekasi, Fafage Banua, Persipasi, AAFI, dan masih banyak lagi," ujar drg Nailufar.

Direktur Sales & Marketing EMC Healthcare, lebih lanjut mengungkapkan, EMC Healthcare sudah memiliki 8 unit rumah sakit yang memberikan pelayanan kesehatan unggul dan terpercaya, yang terbagi di area Bekasi (RS EMC Pekayon, RS EMC Cikarang dan RS EMC Cibitung), Jakarta (RS EMC Pulomas dan RS Graha Kedoya), area Tangerang (RS EMC Alam Sutera dan RS EMC Tangerang), serta area Bogor (RS EMC Sentul).

"Untuk layanan unggulan Sport Clinic di jaringan group EMC Healthcare area Bekasi, saat ini hanya ada di RS EMC Pekayon. Harapan kami, dengan hadirnya Sport Clinic, RS EMC Pekayon ini dapat memenuhi kebutuhan masyarakat untuk lebih sehat, produktif dan berprestasi," tandasnya.

(Bam Sinulingga)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya