Pemilihan Putra Putri Batik Nusantara 2024 Masuk Tahap Audisi 48 Finalis

Dari 224 pendaftar calon peserta Pemilihan Putra Putri Batik Nusantara 2024 akhirnya telah terpilih 48 finalis.

oleh Dyah Ayu Pamela diperbarui 29 Sep 2024, 02:00 WIB
Para juri Putra Putri Batik Nusantara 2024 sedang mengikuti seleksi psikotest. (Dok: IG @putraputribatik https://www.instagram.com/putraputribatik/?hl=en)

Liputan6.com, Jakarta - Pemilihan Putra Putri Batik Nusantara (PPBN) 2024 yang diselenggarakan Ikatan Pencinta Batik Nusantara (IPBN) bersama Jeeves Indonesia serta didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI memasuki babak audisi. Sebanyak 48 semi finalis Putra Putri Batik Nusantara 2024 telah terpilih berasal dari berbagai kota di Nusantara.

Ajang pemilihan duta tingkat nasional paling bergengsi yang telah dilaksanakan untuk ke-10 kalinya ini mendapat tanggapan yang baik dan menjadi kegiatan perang bintang bagi duta wisata daerah. Ketua Umum IPBN, Ayu Dyah Pasha mengatakan bahwa sejak dibukanya pendaftaran online pada 13 Agustus 2024 lalu, putra putri dari berbagai daerah di Nusantara antusias mendaftar.

"Ada 224 pendaftar calon peserta Pemilihan Putra Putri Batik Nusantara 2024 kali ini, dan setelah tahap verifikasi dan validasi pendaftar online, kami mendapatkan 48 semifinalis putra dan putri yang berhak melangkah ke tahap audisi dan penilaian,” kata Ayu dalam keterangan rilis yang diterima Tim Lifestyle Liputan6.com, Sabtu (28/9/2024).

Sementara perwakilan semi finalis yang masuk antara lain dari Kepahiang, Bengkulu; Batang, Jateng; Sragen, Jateng; Jogya; Malang, Jatim; Magetan, Jatim; Ponorogo, Jatim; Kediri, Jatim; Garut, Jabar; Kuningan, Jabar; Bandung, Jabar; Palembang, Sumsel; Langkat, Sumut; Samarinda, Kaltim; Ambon, Maluku; Bali; jakarta; Bekasi, Jabar; Banten; Depok, Jabar.

Ayu menyambung bahwa proses seleksi, verifikasi dan validasi yang dilakukan sesuai dengan persyaratan yang telah di tentukan oleh IPBN. "Syaratnya berusia 18-27 tahun, telah lulus SMA, berpenampilan menarik, memiliki wawasan tentang batik, cerdas, memiliki bakat performing arts, bermoral dan berkepribadian Indonesia serta leadership, aktif di media sosial, menguasai bahasa asing dan memiliki tinggi badan minimal 172 cm (putra) dan 165 cm (putri) dan memiliki visi dan menjadi bagian dari misi mulia PPBN untuk batik," terang Ayu. 


Audisi Lanjutan dan Seleksi Wawancara

Peserta Putra Putri Batik Nusantara 2024 sedang mengikuti seleksi psikotest. (Dok: IG @putraputribatik https://www.instagram.com/putraputribatik/?hl=en)

Tahap lanjutan bagi 48 semifinalis PPBN 2024 adalah audisi dan penilian di mana terdapat berbagai tahap seleksi termasuk wawancara dan presentasi tentang batik serta penilaian penampilan dan kepribadian. Sebelum audisi para semifinalis mendapatkan pembekalan secara daring untuk peagantry class oleh Indopageant dan profesional branding oleh LSPR (London School of Public Relations).

Audisi diawali dengan psikotest untuk selanjutnya dilakukan wawancara bagi masing-masing finalis dan melakukan LGD (Leaderless Group Discussion). Untuk penampilan semifinalis akan dilakukan proses Talent, Fitting, Photo, Video, serta Konten.

Berikutnya dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh Prodia, Body Checking dan Measurement. Dari proses seleksi yang dilakukan saat audisi akan dipilih 28 finalis putra dan putri dari berbagai daerah yang akan berebut menjadi pemenang dalam ajang Pemilihan Putra Putri Batik Nusantara 2024. 

Mereka akan tampil dan mengenakan batik khas dari daerah yang diwakilkannya. Finalis terpilih akan menjalani karantina di Jakarta pada 21--27 Oktober 2024 mendatang.


Proses Pemilihan Disiarkan Live Streaming di YouTube

Pemilihan Putra Putri Batik Nusantara 2019 

Seluruh masyarakat Indonesia dapat menyaksikan proses terpilihnya PPBN 2024 secara live streaming di kanal Youtube Official Putra Putri Batik Nusantara. Caranya dengan menyaksikan upacara penyelempangan finalis, Batik Advocacy Show di mana para finalis akan membawa misi tentang batik daerahnya masing-masing.

Kemudian ada Batik Preliminary Night di mana para finalis akan unjuk bakat serta diuji kemampuan persuasinya. Setelah melewati seluruh proses seleksi yang ketat, para finalis akan mengikuti Batik Coronation Night atau Malam Final di Balairung Soesilo Soedarman, Kemenparekraf RI pada 26 Oktober 2024.

Seluruh Finalis PPBN 2024 akan berjuang untuk menjadi yang terbaik sebagai agent of provocatory yang akan mempromosikan batik, baik di dalam dan luar negeri. Para pemenang Putra dan Putri Batik Nusantara 2024 akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai senilai Rp50 juta, Rp25 Juta, dan Rp15 juta masing-masing bagi pemenang 1, 2, dan 3. 


Hadiah untuk Para Pemenang

Pemilihan Putra Putri Batik Nusantara 2019 

Pemenang favorit dan berbakat akan mendapatkan uang tunai masing-masing senilai Rp10 juta, serta pemenang persahabatan yang akan dipilih dari voting sesama finalis akan mendapatkan Rp5 juta. Penghargaan lainnya adalah beasiswa S2 di LSPR Communication & Business Institute untuk pemenang 1 putra dan putri serta kesempatan untuk mempromosikan budaya dan pariwisata Indonesia melalui berbagai kegiatan di dalam dan luar negeri.

Dengan tagline "Muda, Gaya, Berbudaya", PPBN 2024 menjadi ajang showcase budaya Nusantara khususnya batik. Ini sekaligus kesempatan untuk memperkenalkan ragam batik nusantara, seperti batik bali yang diangkat kembali di PPBN 2024.

Sejak batik Indonesia diakui UNESCO sebagai “Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity” pada 2 Oktober 2009, berbagai daerah dari Sabang sampai Merauke telah memiliki batiknya sendiri. Pemilihan PPBN merupakan kegiatan yang berdampak positif dalam meningkatkan kesadaran tentang pentingnya batik dan peranannya sebagai identitas budaya bangsa. Oleh karenanya, berbagai entitas senantiasa memberikan dukungan terbaiknya untuk PPBN termasuk Bakti Budaya Djarum

Infografis Sentra Batik di berbagai daerah di Indonesia. (Dok: Liputan6.com/Abdillah)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya