UMY dan Kampus Malaysia Sepakat Riset Bersama Deteksi Penyakit Kanker Payudara  

Riset deteksi penyakit kanker payudara dilaksanakan sebagai salah satu bentuk proyek penelitian internasional yang uniknya secara konsisten terus dilakukan oleh UMY dan UiTM selama kurang lebih tiga tahun terakhir.

oleh Yanuar H diperbarui 30 Sep 2024, 23:00 WIB
Mandaya Royal Hospital Puri layani deteksi dini hingga pengobatan kanker payudara di satu rumah sakit (Mandaya Royal Hospital Puri)

Liputan6.com, Yogyakarta - Dyah Mutiarin Kepala Lembaga Riset dan Inovasi (LRI) UMY mengatakan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dan Universiti Teknologi Mara (UiTM) sepakat kerjasama riset tentang deteksi penyakit kanker payudara. Riset kolaborasi internasional ini nantinya akan berjalan selama kurang lebih tiga tahun.

“Nantinya, baik dari UMY maupun UiTM akan memberikan perwakilan guna melaksanakan penelitian. Setiap perwakilan akan mencari data di Yogyakarta dan di Malaysia. Untuk kontribusi, kami sama-sama memberikan kontribusi sebesar 10.000 ringgit Malaysia,” tandas dosen Ilmu Pemerintahan UMY yang akrab disapa Arin di Ruang Meeting Lembaga Riset dan Inovasi (LRI) UMY Jumat 27 September 2024.

Pada tahun ini UMY dan UiTM sepakat untuk mengambil topik penelitian yang berkaitan dengan deteksi penyakit kanker payudara. Arin mengatakan penelitian ini nantinya akan memiliki dua keluaran yaitu publikasi jurnal dan prototype dipublikasikan dalam jurnal terindeks SCOPUS, WoS, dan/atau ERA dengan bukti afiliasi UMY – UiTM.

 

Baca Juga

“Istimewanya, riset ini menghasilkan prototype yang akan dilaksanakan oleh UMY dan UiTM di negaranya masing-masing. Untuk kedua dosen UMY yang terlibat dalam penelitian ini akan melaksanakan prototype di UMY,” imbuh Arin.

Dengan adanya kolaborasi internasional dalam bidang pendidikan khususnya penelitian, Guru Besar pada bidang Ilmu Pemerintahan ini berharap, kerja sama yang telah dilakukan oleh UMY dengan universitas lain yang sudah masuk dalam 100 QS World University Rankings semakin erat, sehingga rekognisi UMY dalam hal riset kolaborasi akan semakin meningkat. Melalui penelitian deteksi penyakit kanker payudara ini, akan memberikan dampak yang jauh lebih besar daripada biasanya.

Rektor UMY Gunawan Budiyanto, mengatakan bahwa kerjasama ini dapat terwujud karena adanya saling percaya dan mendukung antara UMY dan UiTM. Gunawan secara tegas memberikan support yang sangat tinggi dengan diadakannya penelitian kolaborasi ini.

“Penandatanganan MoA ini sebagai bentuk kerjasama antara UMY dengan UiTM pada bidang akademik dan berkaitan di perihal penelitian. Oleh sebab itu, saya memberikan support yang penuh dengan diadakannya riset kolaborasi antara UMY dan UiTM, dimana sudah kita ketahui bahwa UiTM merupakan salah satu universitas yang menjadi role model untuk universitas lainnya,” jelas Gunawan.

Rektor UMY ini mengucapkan terima kasih kepada UiTM karena telah memberikan kesempatan dan kepercayaan untuk bekerja sama dalam hal melaksanakan kolaborasi riset deteksi penyakit kanker payudara ini.

“Kami mengucapkan terima kasih atas kerja sama dalam upaya membangun kualitas pendidikan yang lebih baik. Besar harapan kita dengan adanya perjanjian ini akan menghasilkan kualitas akademik yang baik. Begitupun dengan kerja sama antara UMY dengan UiTM juga akan semakin baik,” tutupnya.

 

Simak Video Pilihan Ini:

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya