2 Jenderal Termuda di Polri, Brigjen Dedy Murti dan Dwi Agus Prianto

Polri baru saja melantik dua jenderal muda, yakni Brigjen Dedy Murti Haryadi dan Brigjen Dwi Agus Prianto pada Sabtu, 28 September 2024.

oleh Nanda Perdana Putra diperbarui 29 Sep 2024, 14:15 WIB
Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo memimpin upacara pelantikan dan serah terima jabatan pejabat utama Mabes Polri dan para Kapolda serta upacara laporan kenaikan pangkat ke dan dalam golongan pati Polri. (Foto: Istimewa).

Liputan6.com, Jakarta Polri baru saja melantik dua jenderal muda, yakni Brigjen Dedy Murti Haryadi dan Brigjen Dwi Agus Prianto pada Sabtu, 28 September 2024.

Mereka menjadi perwira tinggi (pati) bintang satu di kepolisian, yang pecah bintang menjadi jenderal dalam usia termuda.

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo memimpin upacara pelantikan dan serah terima jabatan pejabat utama Mabes Polri dan para Kapolda, serta upacara laporan kenaikan pangkat ke dan dalam golongan pati Polri,” tutur Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Erdi A Chaniago kepada wartawan, Sabtu (29/9/2024).

Brigjen Dedy Murti Haryadi dan Brigjen Dwi Agus Prianto merupakan jebolan Akademi Kepolisian (Akpol) 1999.

Dedy Murti Haryadi sendiri kelahiran 15 Desember 1977, dan mendapat kenaikan pangkat pada usia 46 tahun. Dia dipromosikan menjadi Penyidik Tindak Pidana Utama Tingkat II Bareskrim Polri, meninggalkan jabatan sebelumnya yakni Koorspripim Polri.

Dalam karirnya di kepolisian, Dedy Murti cukup banyak pengalaman di posisi strategis, salah satunya sebagai Wakil Direktur Reskrim Polda Metro Jaya.

Dia juga menjadi salah satu penerima tanda kehormatan Bintang Bhayangkara Nararya dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada 1 Juli 2024 lalu.

Sementara Brigjen Dwi Agus Prianto merupakan kelahiran 30 Agustus 1977 yang pecah bintang di usia 47 tahun. Dia pun turut menjadi salah satu anggota yang menjadi jenderal paling muda di tubuh Polri.

Rekam jejak karir Dwi Agus antara lain bertugas sebagai Kapolres Tegal, dan Wakil Kepala Sekolah Polisi Negara (SPN) Purwokerto.


Kapolri Pimpin Pelantikan Sejumlah Kapolda dan Kukuhkan 2 Jabatan Baru di Polri

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memimpin langsung upacara pelantikan dan serah terima jabatan (sertijab) di Ruang Rupattama Mabes Polri, Sabtu (28/9/2024).

Acara tersebut melibatkan sejumlah pejabat utama Mabes Polri, para Kapolda, serta kenaikan pangkat bagi beberapa perwira tinggi Polri.

Dalam upacara itu, Sigit melantik dua jabatan baru, yaitu Asisten Utama Kapolri Bidang Operasi (Astamaops) yang diisi oleh Komjen Pol Verdianto Iskandar Bitticaca, dan Komjen Pol Wahyu Hadiningrat sebagai Asisten Utama Kapolri Bidang Perencanaan Umum dan Anggaran (Astamarena).

"Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo memimpin upacara pelantikan dan serah terima jabatan pejabat utama Mabes Polri dan para Kapolda, serta upacara laporan kenaikan pangkat ke dan dalam golongan Pati Polri," ujar Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Pol Erdi A Chaniago, dalam keterangannya, Sabtu (28/9/2024).

Selain pelantikan tersebut, Sigit juga memimpin serah terima jabatan tujuh Kapolda baru serta memberikan kenaikan pangkat kepada 29 anggota Polri yang dinaikkan setingkat lebih tinggi.

Tag Terkait

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya