KEK Singhasari Segera Luncurkan Terobosan di Sektor Pendidikan hingga Pariwisata, Apa Saja?

KEK Singhasari memiliki empat sektor utama untuk pengembangannya antara lain pendidikan, ekonomi kreatif, pengembangan teknologi, dan pariwisata.

oleh Gagas Yoga Pratomo diperbarui 29 Sep 2024, 19:44 WIB
Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singhasari menyelenggarakan FGD untuk persiapan akhir rencana pembukaan Program S2 King’s College London (KCL). (Foto: ekon.go.id)

Liputan6.com, Jakarta - Program S2 King’s College London (KCL) segera dibuka Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singhasari atau KEK Singhasari pada pertengahan Oktober 2024.

Seiring hal itu KEK Singhasari menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) untuk persiapan akhir rencana pembukaan Program S2 King’s College London (KCL). Selain itu, mengumumkan peluncuran Human Development Zone (HDZ) dan National Hospitality Lab (NHL), yang berlangsung pada Sabtu 28 September 2024 di area Kampus KCL di KEK Singhasari, Malang.

FGD ini selain untuk mengecek persiapan akhir rencana Program S2 KCL, juga untuk memperkenalkan HDZ dan NHL sebagai bagian dari proyek strategis di KEK Singhasari.

Pada FGD ini telah dibahas persiapan akhir dari rencana pembukaan program S2 Digital Ekonomi oleh KCL di KEK Singhasari pada pertengahan Oktober 2024.  KCL merupakan salah satu perguruan tinggi ternama yang termasuk dalam peringkat 40 terbaik dunia.

KEK Singhasari memiliki empat sektor utama untuk pengembangannya antara lain pendidikan, ekonomi kreatif, pengembangan teknologi, dan pariwisata. Saat ini, lebih dari 10 perusahaan start-up yang sudah beroperasi di klaster Animation and Film Factory serta Coding Factory dalam sektor ekonomi kreatif dan pengembangan teknologi.

Human Development Zone (HDZ) dirancang sebagai edu-city yang terintegrasi, mencakup berbagai jenjang pendidikan, penyelenggara pendidikan, dan disiplin ilmu. HDZ akan menjadi platform pendidikan yang meliputi jenjang S2, vokasi, program eksekutif edukasi, dan program pelatihan.

 

 


Kolaborasi dengan Universitas Lain

Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singhasari menyelenggarakan FGD untuk persiapan akhir rencana pembukaan Program S2 King’s College London (KCL). (Foto: ekon.go.id)

Beberapa universitas ternama, baik dari dalam maupun luar negeri, akan berpartisipasi dalam HDZ, termasuk King's College London (KCL) yang akan mulai beroperasi pada Oktober 2024.

Kolaborasi selanjutnya diharapkan melalui kerjasama dengan universitas-universitas lain dari Inggris serta Universitas dalam negeri seperti Universitas Brawijaya (UB), Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Universitas Petra Surabaya dan beberapa universitas lainnya. UMM juga akan mengembangkan Center for Future Work (CFW) sebagai pusat inovasi dalam dunia pendidikan.

National Hospitality Lab (NHL) bertujuan menjadi model pengembangan pariwisata nasional dengan mengusung konsep Community-Based Tourism (CBT), yang diyakini akan menjadi model unggulan di bidang pariwisata nasional. Proyek percontohan NHL akan dikembangkan di klaster pariwisata KEK Singhasari, termasuk pembangunan Teaching Hotel yang melibatkan UMM dan Universitas Petra.

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Susiwijono Moegiarso, menyatakan, inisiatif yang diluncurkan oleh KEK Singhasari merupakan terobosan signifikan di sektor pendidikan dan Pariwisata.

“Sejalan dengan visi Indonesia Emas 2045,  membutuhkan inovasi-inovasi dan terobosan seperti ini. Pemerintah menyambut baik dan akan terus memberikan dukungan penuh,” ujar dia  seperti dikutip dari keterangan resmi, Minggu (29/9/2024).

 


Sektor Pariwisata Harus Punya Model Solid

Sementara itu, Arief Yahya, penggagas National Hospitality Lab (NHL), menambahkan, NHL adalah bukti nyata sektor pariwisata harus memiliki model yang solid untuk menjadi motor penggerak pertumbuhan ekonomi Indonesia. NHL akan menjadi platform untuk mengembangkan konsep pariwisata berbasis komunitas atau Community-Based Tourism (CBT). Ke depan, NHL diharapkan dapat diterapkan di berbagai KEK pariwisata lainnya di Indonesia."

Dengan peluncuran HDZ dan NHL, KEK Singhasari menegaskan komitmennya untuk mendorong inovasi dan kolaborasi lintas sektor. Pembangunan teaching hotel sebagai bagian dari klaster Pariwisata akan melibatkan berbagai universitas, termasuk UMM dan Universitas Petra, untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang praktis dan aplikatif bagi mahasiswa.

KEK Singhasari bertekad menjadi pusat pengembangan yang mampu menjawab tantangan masa depan dengan menyediakan platform yang mendukung pendidikan, teknologi, ekonomi kreatif, dan pariwisata. Dengan dukungan pemerintah dan berbagai pihak terkait, KEK Singhasari siap menjadi motor penggerak dalam mewujudkan visi Indonesia Emas 2045.

Infografis Bank Dunia Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global Bakal Terjun Bebas. (Liputan6.com/Abdillah)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya