Penonton MotoGP Mandalika 2024 Sentuh 120 Ribu Orang

Penonton MotoGP di Sirkuit Mandalika di Kabupaten Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) selama tiga hari pada 27-29 September 2024 mencapai 120 ribu orang.

oleh Agustina Melani diperbarui 29 Sep 2024, 21:45 WIB
Selain dari penonton, catatan positif dari perhelatan MotoGP 2024, yakni tenaga marshal semuanya menggunakan tenaga lokal dibanding sebelumnya masih menggunakan tenaga luar. (AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria mencatat jumlah penonton MotoGP pada 2024 meningkat dibandingkan 2023 dan 2022.

Mengutip Antara, Minggu (29/9/2024), jumlah penonton MotoGP di Sirkuit Mandalika di Kabupaten Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) selama tiga hari pada 27-29 September 2024 mencapai 120 ribu orang.

Priandhi menuturkan, berdasarkan data loket tiket jumlah penonton yang masuk mencapai 120 ribu orang dari total 134 ribu tiket yang tercetak.

"Kalau berapa data masing-masing per hari kami belum pilah, tetapi angka keseluruhan ini berdasarkan hasil penonton yang men-scan barkot tiket di pintu-pintu masuk tiket menuju tribun penonton," tutur dia didampingi Chairman MotoGP Mandalika Troy Warokka, Kepala Dinas Pariwisata NTB, Jamaluddin Malady dan Kapokja Event Internasional Kemenpar Ki Agus Irvan Faesal di Media Center Sirkuit Mandalika, Minggu.

Priandhi menuturkan, jumlah penonton ini sama dengan catatan Dorna Sport, ada peningkatan jumlah penonton MotoGP di 2024 ini dibanding dengan jumlah penonton MotoGP 2023 yang mencapai 102.929 orang dan tahun 2022 sebanyak 102.801 orang.

"Ada peningkatan jumlah penonton kalau melihat dari tahun 2022 dan 2023. Jadi untuk 2024 ini lebih tinggi," kata dia.

Selain dari sisi penonton, catatan positif dari perhelatan MotoGP 2024, yakni tenaga marshal semuanya menggunakan tenaga lokal dibanding sebelumnya masih menggunakan tenaga luar.

"Yang juga menarik menjadi catatan dorna dan pembalap pada MotoGP 2024 ini mereka mengaku puas dengan kondisi lintasan, kebersihan lintasan, cat, dan persiapan yang dilakukan lebih bagus dari sebelumnya," kata Priandhi Satria.

 


MotoGP 2025

Pembalap Prima Pramac Racing, Jorge Martin unggul atas Pedro Acosta (GASGAS Tech3) dan pembalap Ducati Lenovo Francesco Bagnaia. (BAY ISMOYO/AFP)

Oleh karena itu, pada MotoGP 2025, pihaknya berjanji akan melakukan persiapan lebih maksimal lagi. Senada dengan Dirut MGPA, Chairman MotoGP Mandalika Troy Warokka juga mengatakan ada peningkatan jumlah penonton yang mencapai 120 ribu orang dari MotoGP sebelumnya.

"Kami sampaikan terimakasih dan apresiasi ke masyarakat NTB, kegiatan tiga hari hasilnya menggembirakan mulai dari Jumat sampai Minggu relatif tidak ada yang jelek. Kalau pun ada hal-hal kecil seperti pembalap jatuh ditangani tim medis dengan cepat dan baik," ujar dia.

Kemudian dari sisi lalu lintas juga secara umum berjalan baik. Kalau pun ada kemacetan masih pada tataran normal dan ditangani oleh petugas kepolisian dan TNI dengan baik dan terurai serta bisa jalan.

 


Lakukan Evaluasi

Kemenangan ini membuat Jorge Martin kian kokoh di posisi teratas klasemen MotoGP 2024 dengan 366 poin. (SONNY TUMBELAKA/AFP)

Selain itu, MotoGP 2024 juga dihadiri Presiden Jokowi ditemani sejumlah menteri, seperti Menteri BUMN Erick Thohir, Menpora Dito Ariotedjo, Menpan RB Azwar Anas dan juga Menpar Sandiaga Uno yang lebih dulu hadir. "Artinya kehadiran pemerintah ini sangat mendukung dan Presiden sangat menikmati MotoGP ini," ujar dia.

Kepala Dinas Pariwisata NTB, Jamaluddin Malady juga mengapresiasi kesuksesan MotoGP 2024, terlebih kehadiran Presiden Jokowi bersama para menteri dan jumlah penonton yang banyak.

Untuk itu, pihaknya berharap pada MotoGP 2025 baik dari persiapan dan jumlah penonton bisa jauh lebih banyak sehingga manfaat atau dampaknya bagi daerah baik. "Apa yang menjadi kekurangan akan menjadi evaluasi kita bersama untuk MotoGP 2025 yang jauh lebih bagus," katanya.

 


Jokowi: Penyelenggaraan MotoGP di Mandalika 3 Tahun Terakhir Semakin Baik

Jokowi Tiba di Sirkuit Mandalika Jelang MotoGP Mandalika 2024 (Liputan6.com/Thomas)

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengapresiasi perkembangan penyelenggaraan MotoGP di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Nusa Tenggara Barat, dalam tiga tahun terakhir.

"Saya melihat perkembangan dalam 3 tahun ini sangat baik, utamanya dalam manajemen, manajemennya lebih baik, fasilitasnya juga terlihat semakin baik," ujar Jokowi dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu (29/9/2024).

Selain penyelenggaraan yang dinilai lebih baik, Jokowi juga mengapresiasi kehadiran kru lokal dari Nusa Tenggara Barat (NTB) yang menunjukkan dukungan terhadap pemberdayaan tenaga kerja lokal.

"Untuk kru, saya senang 3.000 kru yang ada di sini semuanya berasal dari NTB. Itu yang saya senang," ungkap dia seperti dilansir dari Antara.

Jokowi juga menyoroti pentingnya evaluasi dan perbaikan untuk penyelenggaraan yang lebih baik di masa mendatang. Ia menegaskan bahwa segala kekurangan akan terus diperbaiki demi meningkatkan kualitas acara ini.

"Saya kira yang masih kurang kita evaluasi, perbaiki, yang masih kurang evaluasi, perbaiki, dikoreksi, perbaiki," ucap dia.

Jokowi turut menyampaikan bahwa pihak penyelenggara, Dorna Sports, memberikan tanggapan positif terhadap penyelenggaraan MotoGP di Mandalika tahun ini.

Presiden menyebut bahwa Dorna mengapresiasi budaya lokal yang ditampilkan dalam acara pembukaan ajang balap tersebut.

"Tadi dari komentar Dorna menyampaikan penyelenggaraan kita memang berbeda, sangat baik, ada national anthem dan ada tarian yang juga sangat baik," kata Jokowi.

 

Infografis MotoGP Indonesia Mandalika 2022. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya