6 Fakta Menarik Gunung Karang Numpang yang Berpemandangan 360 Derajat Kota Sukabumi

Gunung Karang Numpang memiliki ketinggian sekitar 1.384 mdpl dan merupakan bagian dari rangkaian Pegunungan Seribu.

oleh Dyah Ayu Pamela diperbarui 01 Okt 2024, 08:30 WIB
Gunung Karang Numpang di Sukabumi, Jawa Barat. (Dok: IG @aditia.putra.21 https://www.instagram.com/p/CTIBkoMFCoB/?igsh=eDZ1b3h2NjFsY3l2)

Liputan6.com, Jakarta - Gunung Karang Numpang adalah sebuah gunung yang berlokasi di Desa Gunung Sari, Kecamatan Nagrak, Sukabumi, Jawa Barat. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 1.384 mdpl dan merupakan bagian dari rangkaian Pegunungan Seribu.

Mengutip dari laman Native Indonesia, Minggu, 29 September 2024, gunung ini sebenarnya lebih tepat disebut Bukit Karang Numpang. Lokasinya merupakan tempat istimewa dalam menikmati alam Sukabumi, tepatnya pemandangan di sekitar Cibolang, Gunungguruh.

Daya tarik utama Gunung Karang Numpang adalah pemandangan matahari terbenam yang spektakuler. Tapi objek wisata ini sering dijadikan lokasi untuk camping dan menikmati maha karya Tuhan di tanah Sukabumi, bersama dengan kawan sepermainan.

Masih banyak hal mengenai Gunung Karang Numpang selain lokasi maupun ketinggiannya. Berikut enam fakta menarik Gunung Karang Numpang yang dirangkum Tim Lifestyle Liputan6.com dari berbagai sumber.

1. Asal-usul Nama Gunung Karang Numpang

Bukit Karang Numpang mulai dijadikan tempat wisata untuk khalayak umum sekitar 2015 dan hingga saat ini menjadi tujuan para pecinta alam untuk menikmati pemandangan Kota Sukabumi, baik sekadar trekking maupun berkemah dengan teman di akhir pekan.

Mengenai asal-usul namanya disebutkan bahwa tempat wisata alam yang satu ini merupakan bukit dengan banyak batuan karang yang saling bertindihan satu sama lain. Hal inilah yang membuatnya disebut Bukit Karang Numpang. Sementara kata "numpang" yang menyertai kata di depannya tidak diketahui maksudnya. 


2. Rute ke Gunung Karang Numpang

Pemandangan Kota Sukabumi dari Gunung Karang Numpang. (Dok: IG @shihabarr https://www.instagram.com/p/CY6U_-PvpLd/?igsh=bHBtaXIxZ2FkNnJl)

Lokasi Bukit Karang Numpang berada di Kampung Legoknyenang, Desa Cikujang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Rute menuju Bukit Karang Numpang untuk kamu yang datang dari arah Jakarta, bisa melalui Tol Bocimi, lalu tinggal mengambil jalur Jalan Mangkalaya-Cisaat.

Selanjutnya Anda tinggal mengarahkan kendaraan menuju Bukit Karang Numpang. Apabila hendak menggunakan aplikasi peta digital, carilah Gunung Karang Numpang. Akan lebih baik jika Anda menggunakan kendaraan roda dua atau motor, karena motor bisa diparkirkan dekat dari lokasi. 

3. Pemandangan Gunung Salak hingga Gede dari Puncaknya

Jalur trekking menuju puncak Karang Numpang didominasi oleh sabana, Anda harus menelusuri jalan setapak yang masih berupa tanah dimana kiri dan kanannya dihiasi rerumputan yang cukup tinggi. Jalanan bakal terus menanjak hingga tiba di puncak bukit, sejauh mata memandang hanya hamparan lukisan alam yang terlihat.

Gagahnya Gunung Salak, Gunung Sunda, serta Gunung Gede pun bisa terlihat dengan sempurna. Menjelang puncak, sabana akan berubah menjadi hamparan batu karang yang tersebar secara acak dengan ukuran dan bentuk yang beragam.


4. Pemandangan 360 Derajat Kota Sukabumi

Gunung Karang Numpang berlokasi di Sukabumi. (Dok: IG @aditia.putra.21 https://www.instagram.com/p/CTIB0PrFurJ/?igsh=MXQwaHgzeTMxNzNlOA%3D%3D)

Selain pemandangan gunung lain di sekitarnya, tempat ini terkenal dengan pemandangan 360 derajat. Anda bisa melihat daerah Sukabumi dari segala sisinya.

Lanskap pemandangannya ini sangat memanjakan mata dan instagramable untuk berfoto. Tak heran jika banyak wisatawan yang rela trekking berjam-jam, hanya untuk mencapai puncak Gunung Karang Numpang. 

Karena tampak permukiman dan beberapa bangunan tinggi, hamparan terasering sawah yang luas, serta pegunungan hijau yang mengitarinya. Namun harus diperhatikan waktu kedatangannya, sebaiknya mengunjungi Gunung Karang Numpang pada pagi dan sore hari.

Jika cuaca sedang bagus, bisa mendapatkan suasana yang syahdu. Jika memilih waktu pagi hari, pengunjung dapat melihat hamparan awan dan kabut tebal, yang vibes nya seperti di atas awan.

Lalu saat sore hari bisa melihat panorama langit senja akan terlihat berwarna kemerahan. Terakhir saat menjelang malam bisa melihat kerlap-kerlipnya tatanan cahaya Kota Sukabumi.


5. Waktu Tempuh Pendakian ke Gunung Karang Numpang

Pendaki Gunung Karang Numpang. (Dok: IG @iyan_nsz https://www.instagram.com/p/Cl-F7sCBOCg/?igsh=MWVqZ3gwa3J6Z2FpNA%3D%3D)

Mengutip dari laman blog Libur Dulu, Minggu, 29 September 2024, waktu yang diperlukan untuk mendaki Gunung Karang Numpang bervariasi tergantung pada kecepatan dan kekuatan fisik pendaki. Secara umum, pendakian dapat ditempuh dalam waktu sekitar 4-5 jam untuk mencapai puncaknya. 

Direkomendasikan pergi saat musim kemarau, yaitu antara bulan Mei hingga September. Pada musim ini, cuaca cenderung cerah dan tidak terlalu berawan

Jangan lupa sebelum mendaki Gunung Karang Numpang untuk membawa perlengkapan pendakian yang memadai seperti sepatu gunung, baju ganti, makanan dan minuman yang cukup, serta peralatan tidur seperti sleeping bag agar tidak kednginan. 

6. Akomodasi Penginapan di Gunung Numpang

Di sekitar Gunung Karang Numpang terdapat beberapa penginapan dan homestay yang bisa menjadi pilihan akomodasi bagi para wisatawan. Beberapa penginapan juga menawarkan paket pendakian Gunung Karang Numpang dengan fasilitas yang lengkap. Namun banyak juga pendaki yang memilih untuk kemping, dibanding menginap di homestay

 

Daftar barang yang wajib dibawa saat naik gunung. (dok. Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya