Timnas Indonesia Lolos Piala Asia U-20 2025, Indra Sjafri Butuh Tambahan Pemain

Pelatih Timnas Indonesia U-20 Indra Sjafri mengeklaim Garuda Muda bakal butuh tambahan tenaga usai dipastikan lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2025 di China pada Februari.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 30 Sep 2024, 08:00 WIB
Pelatih Timnas Indonesia U-20, Indra Sjafri menilai Garuda Muda butuh tambahan amunisi setelah dipastikan lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2025. (Muhammad Iqbal Ichsan/Bola.com)

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Timnas Indonesia U-20 Indra Sjafri mengeklaim skuadnya bakal butuh tambahan tenaga saat melakoni Piala Asia U-20 2025 di China pada Februari tahun depan.

Seperti diketahui, Garuda Muda baru saja memgamankan tiket menuju putaran final turnamen, menyusul hasil imbang 1-1 kontra Yaman dalam laga pemungkas grup F di Stadion Madya GBK, Minggu (29/9/2024) malam WIB. 

Jens Raven dan kawan-kawan finis sebagai juara grup, meski harus berbagi poin dengan lawan di partai terakhir. Hal itu lantaran Garuda Muda memiliki torehan 7 angka dengan selisih gol +6 di klasemen, unggul dari Yaman yang juga mengantongi 7 poin tetapi hanya memiliki selisih gol +5. 

Indra Sjafri selaku pelatih Timnas Indonesia U-20 pun mengeklaim pihaknya bakal segera menyusun roadmap persiapan menuju Piala Asia U-20 2025. 

Selama beberapa bulan ke depan, Indra Sjafri juga berharap skuad Garuda Muda bakal kedatangan amunisi baru dari klub-klub guna menambah kekuatan ketika turun di turnamen. 

"Tentu ke depan kita harus sesegera mungkin buat roadmap untuk persiapan Piala Asia U-20 2025 pada 6 Februari. Bukan waktu yang panjang," ucap Indra Sjafri selepas laga terakhir Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 melawan Yaman pada Minggu (29/9/2024). 

"Kita akan coba lagi mencari pemain-pemain yang masih ada di klub dan belum bergabung," tambah juru taktik berusia 61 tahun.


Buka Peluang Tambah Pemain Keturunan

Pelatih kepala Timnas Indonesia U-20, Indra Sjafri memberikan arahan kepada anak asuhnya pada laga Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 melawan Timor Leste di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Jumat (27/09/2024). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Adapun terkait amunisi baru yang diharapkan Indra Sjafri, pelatih Timnas Indonesia U-20 tak menutup kemungkinan akan hadirnya pemain naturalisasi atau keturunan baru di luar 5 penggawa yang sudah ada saat ini.

Menurut pelatih Indra Sjafri, ada beberapa nama yang tengah diproses untuk pindah kewarganegaraan agar bisa memperkuat Timnas Indonesia U-20, yakni Tim Geypens hingga Dion Markx. 

"Mungkin tepatnya kita butuh pemain yang lebih berkualitas (untuk Piala Asia U-20 2025), apakah dia keturunan atau bukan," ucap Indra Sjafri kepada awak media. 

"Dua bulan yang lalu setelah Toulon Tournament, ada 5 pemain keturunan yang kita rekomendasikan untuk bisa pergantian kewarganegaraan. Tapi yang kita ajukan (akhirnya) tiga, ada Tim, Dion, dan Maures (meski nama terakhir dikabarkan batal)." 

"Sedangkan yang dua lagi, kemarin saya bicara dengan teman di Belanda, Symons memberi sinyal untuk bergabung. Tapi tentu PSSI akan menindaklanjuti secara administrasi dan mudah-mudahan apa yang kita sudah ajukan bisa cepat terealisasi," tambahnya.


Bicara Lagi dengan Welber Jardim

Beberapa peluang berhasil diciptakan tim asuhan Indra Sjafri di babak pertama, namun gagal dikonversi menjadi gol. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Lebih lanjut, Indra Sjafri juga mengeklaim pihaknya bakal kembali berbicara dengan Welber Jardim terkait prospek memperkuat lagi Timnas Indonesia U-20 di Piala Asia. 

Pemain berdarah Indonesia-Brasil itu sebelumnya diketahui tak ikut membela Merah Putih dalam rangkaian kualifikasi di Stadion Madya, GBK, sejak Rabu (25/9/2024) lalu. 

"Dari tiga kali kita mengikuti Piala Asia (U-20), saya sepakat dengan Coach Shin bahwa kita mungkin butuh penambahan pemain. Dan ini yang akan kita diskusikan segera dalam minggu-minggu ini, siapa calon pemain barunya," ucap Indra Sjafri. 

"Lalu kita akan bicara dengan pemilik klub karena bagaimana pun kompetisi masih berlanjut. Kita juga akan coba bicara lagi dengan Welber Jardim dan tunggu pemain keturunan lainnya," tandas dia.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya