Elora Khiar Nareswari Sabet Medali Perak di Ajang Lomba Puisi FLS2N 2024

Elora berhasil menyentuh hati para juri dan penonton dengan elegan membawakan dua puisi yaitu, puisi wajib berjudul Doa Para Pelaut yang Tabah dan puisi pilihan berjudul Rakyat.

oleh Tim News diperbarui 30 Sep 2024, 06:23 WIB
Elora Khiar Nareswari menyabet medali perak di Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2024. (Ist).

 

Liputan6.com, Jakarta - Elora Khiar Nareswari kembali menorehkan prestasi membanggakan di Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2024. Siswi SMA Negeri 8 Jakarta ini berhasil meraih medali perak dalam cabang lomba puisi pada ajang bergensi bidang seni  tingkat nasional itu.

Prestasi Elora ini seolah mengobati dahaga Provinsi DKI Jakarta yang telah 8 tahun puasa medali untuk lomba puisi.

"Alhamdulilah bisa sumbang medali perak buat DKI Jakarta.Ini pertama kali saya mengikuti ajang FLS2N," kata Elora, Minggu 29 September 2024.

Remaja 16 tahun ini mengaku berusaha keras untuk memenangkan perlombaan ini dengan berlatih keras dalam olah vokal, olah rasa, dan mampu menyelami isi puisi yang ia bawakan.  

Elora berhasil menyentuh hati para juri dan penonton dengan elegan membawakan dua puisi yaitu, puisi wajib berjudul Doa Para Pelaut yang Tabah dan puisi pilihan berjudul Rakyat. Dua puisi bertema sosial ini menggugah kesadaran tentang semangat pantang menyerah para pelaut dan kebanggan sebagai rakyat dalam lingkup kemanusiaan.

Cuplikan video Elora membaca puisi di ajang FLS2N 2024 itu viral di tiktok yang telah dilihat 1,7 juta lebih viewer setelah diunggah dalam 24 jam.  

Penampilan emosional dan penghayatannya yang mendalam membuat siswi ini menyabet juara II di kategori tersebut.

Elora sudah mulai hobi baca puisi saat duduk di bangku Sekolah Dasar. Namun, dia sempat vakum ketika SMP karena kendala pandemi Covid-19. Saat pandemi Elora beralih menekuni bidang English Speech dan Essay dan telah menyabet juara pada International Essay di Jepang.

Ketika mulai duduk di SMA Negeri 8 Jakarta, Elora tertarik untuk berlaga di perlombaan baca puisi yang diselenggarakan oleh Puspresnas yaitu  ajang FLS2N, lomba yang sangat bergengsi di kalangan siswa siswi sekolah.

"Karena sertifikat yang diperoleh bisa menjadi syarat memasuki jenjang pendidikan tinggi dengan jalur prestasi," kata Elora.  

Elora yang hobi berpuisi, menulis essay, pidato dan debat bahasa Inggris ini ketika mendaftar lomba puisi masih duduk di kelas X. Saat itu dia menyabet juara 1 tingkat Kotamadya Jakarta Selatan dan dilanjutkan dengan juara 1 tingkat provinsi DKI Jakarta.

 


Bikin Kejutan di FLS2N 2024

Ketua Kontingen Jakarta FLS2N Fermi Fahmi mengatakan untuk lomba puisi, medali perak yang disumbangkan Elora seperti menghapus dahaga Provinsi Jakarta yang sejak 2016 tidak pernah mendapat medali di lomba puisi di FLS2N.

"Elora membuat kejutan dalam lomba ini karena didebut pertamanya mampu menarik perhatian dan simpatik para juri," kata Fermi.

Fermi mengatakan, Elora mampu menarik perhatian dan simpatik para juri. "Buat kami ini surprise karena siswi ini belum pernah ikut dan bisa langsung masuk final," ucap Fermi.  

Menurut Fermi, sejak awal penampilan Elora memang sudah sangat meyakinkan dan kontingen FLS2N Jakarta sudah optimis siswa ini akan juara. "Sejak awal melihat videonya membaca puisi memang kami yakin bisa menang," kata Ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGP) Seni Budaya SMA Jakarta ini. 

Menurut Fermi, lomba lainnya terkait literasi adalah Komik Digital dan menulis cerita pendek yang  meraih medali emas. "Kategori lomba yang lain memang Jakarta selalu langganan mendapat medali seperti menyanyi solo, berbeda dengan puisi yang setelah 8 tahun dapat lagi," kata Fermi.

FLS2N adalah ajang tahunan tingkat nasional di bidang seni yang diikuti oleh generasi muda dari 38 provinsi di Indonesia. Dimulai dari jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK). Dulunya ajang ini bernama Jambore Seni Nasional, namun pada tahun 2008 berganti menjadi FLS2N.

Pada FLS2N tahun ini, Provinsi DKI Jakarta meraih juara umum setelah meraih 31 medali.

Adapun total peraihan medali Provinsi DKI Jakarta yakni 31 medali dengan rincian, juara 1 sebanyak 7 medali, juara 2 sebanyak 6 medali, juara 3 sebanyak 6 medali, harapan 1 sebanyak 3 medali, harapan 2 sebanyak 3 medali dan harapan 3 sebanyak 6 medali. Lomba puisi merupakan salah satu cabang lomba untuk bidang literasi yang berhasil membawa pulang medali dalam ajang FLS2N tahun ini.

kurikulum tiap era pemerintahan (liputan6.com/Triyasni)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya