1 Oktober Memperingati Hari Kesaktian Pancasila, Berikut Sejarah dan Temanya

Hari Kesaktian Pancasila diperingati pada tanggal 1 Oktober setiap tahunnya. Berikut ini sejarah hingga tema peringatan di tahun ini.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 01 Okt 2024, 00:00 WIB
Sejumlah siswa berfoto bersama di depan Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta, Minggu (1/10). Bertepatan dengan hari Kesaktian Pancasila, sejumlah pelajar mengadakan napak tilas ke monumen Kesaktian Pancasila. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Bandung - Hari Kesaktian Pancasila menjadi peringatan penting yang wajib untuk diingat oleh seluruh masyarakat Indonesia. Pasalnya, peringatan ini menyimpan nilai sejarah yang berkaitan dengan peristiwa bersejarah di Indonesia.

Diketahui Hari Kesaktian Pancasila biasanya diperingati pada tanggal 1 Oktober setiap tahunnya. Peringatan ini berkaitan erat dengan peristiwa Gerakan 30 September 1965 atau yang lebih dikenal sebagai G30S/PKI.

Peristiwa tersebut menjadi salah satu sejarah kelam Indonesia sehingga peringatan ini bertujuan agar masyarakat Indonesia diingatkan akan pentingnya menjaga Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa.

Kemudian Kesaktian Pancasila menunjukkan bahwa ideologi ini tetap kuat dan tak tergoyahkan meskipun pernah menghadapi berbagai ancaman. Hari Kesaktian Pancasila juga menjadi momen untuk mengenang perjuangan para pahlawan revolusi yang gugur.

Terutama mereka yang gugur dalam mempertahankan Pancasila dan mereka yang menjadi korban G30S/PKI. Para pahlawan dijadikan simbol semangat perjuangan melawan segala bentuk upaya untuk menggantikan dasar negara Indonesia.

Selain itu, peringatan ini mengajarkan kita bahwa Pancasila bukan sekadar simbol melainkan menjadi pedoman seluruh rakyat Indonesia dalam berbagai aspek kehidupan. Peringatannya juga biasa dilakukan dengan menggelar sejumlah acara menarik.

Misalnya diperingati dengan cara upacara di berbagai institusi seperti pemerintahan, sekolah, atau organisasi. Kemudian juga bisa digelar dengan berbagai macam kegiatan positif yang menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.


Tema Hari Kesaktian Pancasila 2024

Setelah memperingati G30SPKI pada 30 September, kini saatnya kamu memperingati Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada 1 Oktober.

Melansir dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Hari Kesaktian Pancasila 2024 mempunyai tema bertajuk “Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas”.

Melalui tema peringatan tersebut diharapkan bisa menjadi pengingat dan harapan untuk bangsa Indonesia. Tema ini juga bisa dijadikan inti peringatan dalam upacara bendera yang digelar pada 1 Oktober 2024.

Diketahui upacara yang digelar dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila 2024 juga tersedia dalam pedoman upacara yang dibuat oleh Kemendikbud. Melalui upacara tersebut masyarakat diharapkan bisa memberikan penghormatan terhadap para pahlawan.

Terutama mengenang para jenderal dan perwira tinggi militer yang menjadi korban dalam sejarah kelam peristiwa G30S/PKI.


Sejarah Hari Kesaktian Pancasila 2024

PERINGATAN HARI KESAKTIAN PANCASILA: Sejumlah Pramuka mengabadikan patung tujuh pahlawan revolusi di Monumen Pancasila Sakti (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Mengutip dari situs resmi Kab Kendal Wonosari Hari Kesaktian Pancasila mempunyai sejarah yang berasal dari latar belakang peristiwa G30S/PKI yang terjadi pada 30 September 1965.

Peringatan ini menjadi peringatan sebagai lambang kembali bangkitnya dan kuatnya Pancasila yang hampir terpatahkan akibat peristiwa kelam tersebut. Sebagai informasi, peristiwa G30S/PKI menjadi sejarah kelam bagaimana pemberontakan dari kaum komunis.

Kala itu kaum komunis melakukan segala cara untuk melakukan pengkhianatan 30 September 1965 dan untuk bisa mengelabui rakyat dan membelokkan Pancasila. Peristiwa kelamnya bahkan menelan korban 6 Jenderal dan seorang perwira TNI AD.

Para jenderal dan perwira yang menjadi korban tersebut bahkan dimasukan ke dalam lubang yang memperlihatkan bagaimana sadisnya tindakan para PKI di masa tersebut. Maka dari itu peringatan Hari Kesaktian Pancasila penting untuk dikenang dan diingat.

Terutama untuk terus menjaga ideologi Pancasila tetap bertahan dan menjadi tiang kokoh bangsa Indonesia. Sementara itu, peringatan Hari Kesaktian Pancasila diresmikan oleh Presiden Soeharto melalui keputusan presiden nomor 153.


10 Inspirasi Ucapan Memperingati Hari Kesaktian Pancasila

Ilustrasi Pancasila, lambang negara Indonesia. (Photo by Mufid Majnun on Unsplash)

1. "Selamat Hari Kesaktian Pancasila! Mari kita terus menjaga semangat persatuan dan kesatuan bangsa serta menjadikan Pancasila sebagai pedoman dalam setiap langkah kehidupan kita."

2. "1 Oktober diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila. Mari kita bersama memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam tindakan nyata sehari-hari untuk Indonesia yang lebih baik."

3. "Pancasila adalah dasar negara yang tak tergoyahkan. Mari kita jadikan semangatnya sebagai kekuatan dalam menghadapi segala tantangan. Selamat Hari Kesaktian Pancasila!"

4. "Di Hari Kesaktian Pancasila ini, mari kita lanjutkan perjuangan para pahlawan dengan menjaga persatuan dan kedamaian bangsa. Pancasila adalah kita!"

5. "Pancasila adalah pondasi kuat yang membangun bangsa ini sehingga mari kita rawat dan jaga bersama sebagai bentuk cinta pada tanah air. Selamat Hari Kesaktian Pancasila!"

6. "Selamat Hari Kesaktian Pancasila! Jadikan nilai-nilai Pancasila sebagai panduan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara demi tercapainya keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia."

7. "1 Oktober 2024, mari kita peringati Hari Kesaktian Pancasila dengan semangat menjaga kedaulatan bangsa dan memperkuat rasa cinta tanah air!"

8. "Mari kita terus perkuat komitmen untuk menjaga persatuan dan keberagaman di negeri tercinta. Selamat Hari Kesaktian Pancasila!"

9. "Di Hari Kesaktian Pancasila, mari kita teladani semangat para pahlawan yang tak kenal lelah memperjuangkan kedaulatan bangsa!"

10. "Selamat Hari Kesaktian Pancasila! Jadikan momentum ini untuk merefleksikan diri dan semakin menguatkan peran kita dalam menjaga kesatuan dan kedamaian bangsa Indonesia."

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya