Seikat Rumput yang Diinjak Kanye West Saat Konser di China Dijual Seharga Rp648 Ribu

Kanye West memiliki kedekatan tersendiri dengan penggemarnya di China.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 01 Okt 2024, 19:40 WIB
Kanye West. (Evan Agostini/Invision/AP, File)

Liputan6.com, Beijing - Seikat rumput gandum yang diinjak rapper AS Kanye West selama konsernya di China telah dijual secara daring seharga 300 yuan (Rp648 ribu) per ikat.

Dilansir SCMP, Selasa (1/10/2024), West, yang juga seorang produser musik yang telah menerima 24 Penghargaan Grammy atas namanya, sangat populer di China, di mana para penggemarnya dengan sayang memanggilnya "Paman Kan".

Hubungan asmara West dengan mantan istrinya Kim Kardashian dan pasangannya saat ini Bianca Censori, juga kerap menjadi tren di media sosial China.

Bertahun-tahun yang lalu, ketika ia berkolaborasi dengan Adidas untuk mendesain sepatu olahraga Yeezy, ini segera memicu tren mode dan membuatnya sangat dicari di China.

Pada awal September, konser West di Haikou di Provinsi Hainan diumumkan di Instagram dan menggemparkan internet.

Hanya dalam waktu tiga menit, 30.000 tiket terjual habis, meninggalkan 225.000 orang dalam daftar tunggu.

Itu adalah penampilan pertama Kanye West di China dalam 16 tahun.


Kedekatan Kanye West dengan China

Rapper Kanye West ketika bertemu dengan Presiden AS, Donald Trump di Oval Office, Gedung Putih, Kamis (11/10). West mengenakan topi bertuliskan slogan yang kerap digaungkan Trump, yakni "Make America Great Again". (SAUL LOEB / AFP)

Hubungan mendalam sang selebritas, Kanye West dengan China bermula pada tahun 1987 ketika pada usia 10 tahun, ia pindah ke Nanjing di provinsi timur Jiangsu bersama ibunya, Donda West, seorang profesor universitas yang berpartisipasi dalam program pertukaran.

Di sana, West masuk sekolah dasar, di mana ia belajar seni bela diri, cara menggunakan sumpit, dan bahkan pernah melakukan breakdance untuk teman-teman sekelasnya.

Pada tahun 2021, selama pandemi Covid-19, West mengadvokasi China dalam sebuah wawancara dengan The Wall Street Journal.

"Saya mencintai China. Penyakit itu bukan salah China. Bukan salah orang China. Mereka juga umat Tuhan. Saya mencintai China. China mengubah hidup saya. China mengubah perspektif saya, China memberi saya perspektif yang begitu luas," katanya.


Rumput yang Diinjak Kanye West Dijual

Kolaborasi brand olahraga asal German Adidas dan lini busana Kanye West Yezzy sepakat melanjutkan kerjasama sekaligus cetak sejarah

Ketika berita tentang konsernya yang akan datang di Tiongkok tersebar, seorang penggemar bercanda berkata: “Siswa muda yang luar biasa dari Nanjing ini kembali ke tanah airnya setelah belajar di AS.”

Orang lain berkata: "Saya tidak bisa pergi ke konser, tetapi saya mendukung siswa sekolah dasar Nanjing yang legendaris, Kanye West."

Pada tanggal 15 September, West tampil di Stadion Haikou Wuyuanhe di arena yang dipenuhi gandum di hadapan banyak orang.

Acara tersebut sangat populer sehingga pejabat pariwisata setempat mengumumkan pertunjukan tambahan pada tanggal 28 September, yang tiketnya juga dengan cepat terjual habis.

Tak lama setelah konser, iklan untuk "gandum yang diinjak Kanye" muncul di Xianyu, platform barang bekas utama di Tiongkok yang dimiliki oleh Alibaba, dengan harga berkisar antara 49 hingga 300 yuan (Rp105 ribu hingga Rp648 ribu).

Seorang penjual mengiklankan: "Jerami ini ditarik dari jalan Kanye saat ia berjalan dari pintu masuk ke puncak bukit gandum. Saya dapat memberikan foto dan video sebagai buktinya."

Yang lain mengatakan: "Kanye menginjak gandum, hanya tersisa satu ikat. Satu ikat seharga 300 yuan, atau tersedia per tangkai. Pertunjukan kedua akan segera hadir, bawa ini bersamamu dan kamu akan menjadi yang paling keren di sana."


Picu Komentar di Media Sosial

Kanye West siap maju sebagai calon Presiden AS (AP/Matt Styles)

Pada tanggal 20 September, seorang anggota staf dari tempat konser mengatakan kepada Zhengzai News bahwa gandum yang digunakan di acara tersebut sebenarnya adalah plastik dan telah disemprot cat agar tampak asli.

Iklan tersebut mengejutkan banyak orang dan memicu diskusi panas di media sosial daratan.

Seseorang berkata: "Ya Tuhan, Kanye tidak menginjak gandum, dia menginjak uang tunai!"

"Saya bahkan dapat membayangkan orang-orang menunggu di luar toilet untuk Kanye, menjual tisu bekas sebagai barang koleksi," komentar yang lain.

Orang lainnya menambahkan: "Berapa banyak alkohol yang harus mereka minum hingga cukup tak sadar untuk membeli gandum ini?"

Infografis Konser Musik Pilihan 2023 di Indonesia.  (Liputan6.com/Triyasni)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya