Cloud GPU Marketplace Ini Dirancang untuk Mendukung Komputasi Skala Besar dan Beban Kerja Berbasis AI

Lintasarta meluncurkan Cloud GPU Marketplace yang merupakan website inovatif yang mempermudah akses layanan Deka GPU (Graphics Processing Unit) secara self service atau mandiri.

oleh Viatari Pencawan diperbarui 30 Sep 2024, 23:00 WIB
Cloud GPU Marketplace Lintasarta menghadirkan berbagai fitur unggulan yang memudahkan pengguna dalam memanfaatkan layanan Deka GPU sesuai kebutuhan.

Liputan6.com, Jakarta - Lintasarta resmi luncurkan Cloud GPU Marketplace. Ini adalah website inovatif yang mempermudah akses layanan Deka GPU (Graphics Processing Unit) secara self service atau mandiri. Langkah ini menjadi bagian dari komitmen Lintasarta untuk mempercepat pengembangan ekosistem digital dan kecerdasan buatan (AI) di Indonesia melalui inisiatif GPU Merdeka.

Cloud GPU Marketplace Lintasarta menghadirkan berbagai fitur unggulan yang memudahkan pengguna dalam memanfaatkan layanan Deka GPU sesuai kebutuhan. Fitur Self Service memungkinkan pengguna untuk mengelola layanan GPU secara mandiri, memberikan kemudahan dengan hanya beberapa langkah. Selain itu, platform ini menawarkan layanan Fractional Virtual GPU, yang memungkinkan pengguna memilih paket GPU dengan spesifikasi yang sesuai.

Platform ini juga dilengkapi dengan sistem Flexibility & Pay-as-you-go, memberikan keleluasaan bagi pengguna untuk membayar hanya sesuai dengan sumber daya yang mereka gunakan. Keamanan data pun menjadi prioritas utama melalui fitur Data Sovereignty, yang memastikan data pelanggan aman dan sesuai dengan regulasi serta standar keamanan lokal. Untuk bisnis, tersedia kemampuan White Label via Application Programming Interface (API) Connect yang memungkinkan layanan GPU dijual kembali dengan kepemilikan branding sendiri.

“Kami ingin memastikan bahwa teknologi Cloud GPU dapat diakses oleh berbagai stakeholder bisnis dari berbagai sektor industri, sehingga mereka dapat meningkatkan produktivitas, efisiensi, dan daya saing, terutama di era AI yang semakin berkembang," Chief Cloud Officer Lintasarta Gidion Suranta Barus di Jakarta pada Senin (30/09/2024).

Cloud GPU Marketplace merupakan bagian dari ekspansi Lintasarta dengan sebelumnya telah meluncurkan GPU Merdeka sebagai sovereign AI Cloud kerjasma dengan NVIDIA yang dirancang sebagai supercomputing cloud dengan teknologi tercanggih dan pertama di Indonesia. Teknologi ini dirancang untuk mendukung komputasi skala besar dan beban kerja berbasis AI, memberikan solusi komputasi yang lebih terjangkau dengan performa tinggi dan fleksibilitas pembayaran yang sesuai dengan kebutuhan bisnis lokal.

Lintasarta juga berkomitmen dalam membangun ekosistem digital melalui program AI Nation, yang bertujuan untuk mengembangkan talenta dan teknologi AI di Indonesia. Program ini meliputi pengembangan talenta lokal melalui AI Workforce, penciptaan lingkungan inovasi AI melalui AI Ecosystem, serta penerapan teknologi AI di sektor-sektor industri melalui AI Use Case.

Melalui inisiatif peluncuran Cloud GPU Marketplace pada akhirnya sejalan dengan noble purpose Lintasarta untuk memperkuat potensi terbaik digital Indonesia dengan solusi inovatif, menciptakan dampak positif bagi industri nasional, dan mendukung visi besar Indonesia Emas 2045.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya