5 Cara Mengatasi Rambut Lepek dengan Mudah dan Praktis

Rambut lepek dapat diatasi dengan berbagai cara seperti menggunakan kondisioner yang ringan untuk rambut. Selain itu, sering menyisir rambut mampu megatasi rambut lepek. Anda juga dapat memotong rambut bagian ujung yang bercabang.

oleh Cicilia Afrilia Damayanti Simbolon diperbarui 01 Okt 2024, 09:03 WIB
Ilustrasi rambut lepek. (Sumber: skincareof.com)

Liputan6.com, Jakarta - Sering beraktivitas di bawah terik matahari atau berpergian menggunakan sepeda motor dengan helm dapat menyebabkan masalah pada rambut, salah satunya adalah rambut lepek. Masalah ini cukup umum dan sering dialami oleh banyak individu.

Rambut lepek biasanya membuat kulit kepala terasa berminyak dan rambut tampak lengket, sehingga tampak kurang segar dan tidak bervolume.

Rambut lepek juga dapat menyebabkan rambut menjadi kusut, yang tentu saja menambah masalah bagi penampilan Anda. Namun, jangan khawatir! Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko rambut lepek dan menjaga agar rambut tetap bervolume, seperti yang dilansir dari Viviscal, Senin (30/9/2024).

1. Gunakan Kondisioner yang Ringan

Rambut lepek dapat disebabkan oleh penggunaan kondisioner yang terlalu berat. Hal ini yang menyebabkan rambut tampak berminyak dan tidak bervolume. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda perlu mencari kondisioner yang cocok untuk jenis rambut Anda.

Anda dapat mencari produk kondisioner yang diformulasi khusus untuk rambut halus. Kondisioner jenis ini mampu memberikan kelembaban tanpa membutuhkan bahan tambahan lainnya. Cara penggunaannya yaitu dengan mengoleskan kondisioner dari rambut bagian telinga hingga ke ujung rambut.


2. Sering Menyisir Rambut

Ilustrasi Cara Menyisir Rambut Credit: unsplash.com/Prior

Rambut lepek juga terjadi karena Anda membiasakan rambut yang kusut. Rambut kusut dapat merusak rambut yang halus. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda perlu menguraikan rambut agar tidak rusak.

Anda dapat menyisir rambut dengan menggunakan sisir rambut bergerigi jarang dimulai dengan menyisir rambut bagian ujung. Kemudian setelah halus dan tidak kusut, Anda dapat menyisir rambut dari atas ke ujung. Anda dapat membawa sisir kecil selama bepergian agar rambut tetap halus dan tidak lepek.


3. Potong Rambut

Ilustrasi mimpi, potong rambut. (Photo by Colours of Turkey on Unsplash)

Memiliki rambut panjang adalah impian bagi para wanita. Hal ini yang membuat para wanita terlihat cantik dan menjadi percaya diri. Namun, rambut panjang dapat membebani helaian rambut dan menarik akar rambut akibatnya rambut menjadi lepek.

Untuk mengatasi masalah rambut lepek ini, Anda tidak perlu memotong rambut sependek mungkin. Anda hanya perlu memotong sedikit dari bagian ujung rambut yang kering dan bercabang. Hal ini membantu memberikan volume pada rambut Anda dan mencegah rambut menjadi lepek.


4. Rol Rambut

Ilustrasi roll rambut. (c) Dragon Images/Shutterstock.com

Rol rambut menjadi salah satu cara untuk menghindari rambut lepek. Dengan menggunakan rol rambut, Anda akan mendapatkan rambut bergelombang dan bervolume. Sehingga, rambut Anda menjadi tampak halus dan tidak lepek.

Anda dapat melakukan catok rambut telebih dahulu. Setelah rambut mengeriting, lilitkan rambut Anda ke dalam rol rambut. Biarkan selama 20 menit hingga rambut mengeriting secara maksimal. Setelah itu, lepas rol dari rambut dan nikmati rambut yang tampak bervolume.


5. Semprotkan Sampo Kering

Ilustrasi rambut sehat. (c) Imagemore/Depositphotos.com

Untuk mendapatkan rambut yang sehat, Anda perlu melakukan keramas dan memberikan sampo ke rambut dan kulit kepala saat mandi. Selain membersihkan rambut dan kulit kepalanya, keramas dapat menghindari masalah pada rambut seperti ketombe, rambut kering dan rambut berminyak.

Rambut berminyak menjadi masalah bagi sebagaian orang ketika rambut sering terpapar sinar matahari yang menyebabkan rambut menjadi lepek.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat mencoba untuk mengaplikasikan sampo kering ke rambut Anda. Sampo kering tidak hanya mengatasi rambut lepek, tetapi juga menambahkan tekstur dan volume rambut.

Untuk mengaplikasikannya, Anda dapat menyemprotkan sampo kering ke akar rambut kemudian keringkan dan sisir rambut. Anda akan mendapatkan rambut yang bervolume dan tidak lepek.

Infografis Tips Perawatan Rambut di Masa Pandemi (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya