AI Bakal Ambil Alih 80% Pekerjaan, Nasib Manusia Bagaimana?

Kecerdasan buatan (AI) akan mengubah dunia kerja dengan mengurangi atau menggantikan pekerjaan manusia. Miliarder Silicon Valley memperkirakan bahwa sebagian besar pekerjaan dapat diambil alih oleh AI dan memungkinkan munculnya kerja tiga hari seminggu.

oleh Elyza Binta Chabibillah diperbarui 02 Okt 2024, 20:00 WIB
Ilustrasi artificial intelligence. (Foto: Shutterstock)

Liputan6.com, Jakarta - Seorang miliarder Silicon Valley baru saja memprediksi bahwa sebagian besar pekerjaan akan digantikan oleh artificial intelegence (AI) atau kecerdasan buatan. Baik itu pekerjaan di sektor hulu seperti pertanian hingga hilir seperti tenaga penjual. 

“Saya memperkirakan bahwa 80% dari 80% semua pekerjaan, mungkin lebih, dapat dilakukan oleh AI,” jelas investor dan pengusaha terkenal Vinod Khosla dikutip dari Yahoo Finance, Rabu (2/10/2024). 

“Baik dokter perawatan primer, psikiater, tenaga penjual, onkolog, petani, pekerja manufaktur, insinyur struktural, perancang chip, semuanya mungkin akan terpengaruh.” terang dia. 

Khosla merupakan salah satu pendiri Sun Microsystems pada 1982, sebelum berinvestasi di Netscape, browser yang banyak digunakan pertama kali, Amazon, Google. Ia baru-baru ini berinvestasi di OpenAI.

dalam sebuah unggahan di blog yang panjang, dia menjelaskan bahwa dirinya telah menghabiskan empat dekade terakhir untuk mempelajari teknologi yang disruptif dan sampai pada kesimpulan bahwa AI akan mengurangi kebutuhan akan tenaga kerja manusia karena AI dapat melakukan sebagian besar pekerjaan dengan lebih baik, lebih cepat, dan lebih murah.

Untuk menghindari “dystopia ekonomi” di mana “kekayaan semakin terkonsentrasi di puncak sementara pekerjaan intelektual dan fisik semakin terdevaluasi,” yang mengakibatkan pengangguran massal secara global, dia menunjuk satu solusi: Pendapatan Dasar Universal (UBI).

“AI dapat menciptakan dunia dimana sedikit elit berkembang sementara yang lain menghadapi ketidakstabilan ekonomi, terutama dalam demokrasi yang tanpa kebijakan yang kuat,” tulis Khosla.

“Seiring dengan berkurangnya kebutuhan akan tenaga kerja manusia, UBI dapat menjadi sangat penting, dengan pemerintah berperan penting dalam mengatur dampak AI dan memastikan distribusi kekayaan yang adil,” tambahnya. 


Berita Baik! Konsep Kerja Tiga Hari Seminggu

Ilustrasi artificial intelligence. (Foto: Shutterstock)

Namun, tidak semua adalah berita buruk. Jika AI digunakan untuk kebaikan, daripada disalahgunakan oleh mereka yang berkuasa, Khosla menulis bahwa AI memiliki potensi untuk “menghasilkan lebih dari cukup kekayaan untuk semua orang, dan semua orang akan lebih baik daripada di dunia tanpa AI.”

Bagi mereka yang masih bekerja, hal ini bisa membuka kemungkinan untuk minggu kerja yang lebih pendek.

“Dengan kebijakan yang tepat, kita bisa melancarkan transisi ini dan bahkan menghadirkan minggu kerja tiga hari,” jelas Khosla, sambil menambahkan bahwa dalam sepuluh tahun ke depan, satu juta robot berkaki dua mungkin sudah mengambil alih berbagai pekerjaan berat.

Pria berusia 69 tahun ini mengatakan bahwa pekerja kantoran mungkin akan menjadi yang pertama terpengaruh, tetapi pekerja lapangan tidak akan kebal dari otomatisasi—dan dalam pandangannya, sebagian besar orang akan lebih bahagia karenanya.

Dalam skenario di mana 80% pekerjaan kita digantikan oleh robot? Khosla mengusulkan minggu kerja satu hari, di mana manusia memberikan “20% pekerjaan yang mungkin kita butuhkan atau inginkan.”


Lebih Sedikit Pekerjaan Berkat AI

Ilustrasi AI Robotika Bersalaman dengan Manusia (Foto: Freepik)

Alih-alih menghabiskan delapan jam sehari, lima hari seminggu untuk bekerja, orang-orang akan dapat mengejar hobi, menghabiskan waktu bersama orang terkasih, atau, dalam kasus Khosla, berkebun, bermain ski, dan mendaki.

“Hidup tidak akan menjadi kurang bermakna ketika kita menghilangkan pekerjaan yang tidak diinginkan dan melelahkan,” dia menyimpulkan. “Sebaliknya—hidup akan menjadi lebih bermakna karena kebutuhan untuk bekerja 40 jam per minggu bisa hilang dalam beberapa dekade ke depan bagi negara-negara yang beradaptasi dengan teknologi ini.”

Khosla bukanlah orang pertama yang mengakui bahwa AI akan mengambil banyak pekerjaan dan memerlukan baik pendapatan universal maupun pemikiran serius tentang apa yang akan Anda lakukan dengan semua waktu luang itu.

Sementara beberapa melihat peningkatan efisiensi sebagai kesempatan untuk memaksimalkan potensi pekerja, Bill Gates berpikir bahwa ini akan memberi populasi yang bekerja kesempatan untuk mengurangi usaha mereka.


Kata Miliarder Lain

Ilustrasi Artificial Intelligence (AI), Machine Learning (ML). Kredit: Gerd Altmann from Pixabay

Seperti Khosla, pendiri Microsoft ini memperkirakan minggu kerja tiga hari berkat AI karena “mesin dapat memproduksi semua makanan dan barang, dan kita tidak perlu bekerja sekeras itu.” Dengan cara yang sama, Elon Musk secara berulang kali menegaskan bahwa suatu hari pekerjaan akan menjadi “seperti hobi”.

“Anda dapat memiliki pekerjaan jika Anda ingin memiliki pekerjaan, atau sekadar untuk kepuasan pribadi, tetapi AI akan dapat melakukan segalanya,” katanya kepada Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak.

Dengan cara yang sama, Avital Balwit, kepala staf di Anthropic, salah satu startup AI paling terpanas saat ini, baru-baru ini memprediksi bahwa sebagian besar pekerjaan ditakdirkan untuk punah. 

“Jika kita berhasil mencapai dunia di mana kebutuhan material terpenuhi tetapi juga tidak ada kebutuhan untuk bekerja, aristokrat bisa menjadi perbandingan yang relevan,” simpul Balwit.

Tentu saja, para ahli telah lama memprediksi bahwa perbaikan teknologi akan memungkinkan pekerja untuk mengurangi minggu kerja, hanya untuk melihat mereka ditugaskan lebih banyak pekerjaan produktif untuk mengisi waktu yang dihemat. 

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya