Viral pada Masanya, Ini 7 Minuman Es Legendaris di Indonesia

Tak hanya menghilangkan dahaga, minuman-minuman ini juga menyimpan kenangan dan cerita dari berbagai daerah. Beberapa minuman legendaris juga pernah viral pada masanya dan masih eksis hingga sekarang.

oleh Switzy Sabandar diperbarui 02 Okt 2024, 14:00 WIB
Es cincau hijau (Foto: resepasik.com)

Liputan6.com, Yogyakarta - Tak hanya kuliner khas, Indonesia juga memiliki minuman es legendaris yang menyegarkan. Keberadaan minuman es yang beragam ini dipengaruhi oleh iklim tropis Indonesia.

Tak hanya menghilangkan dahaga, minuman-minuman ini juga menyimpan kenangan dan cerita dari berbagai daerah. Beberapa minuman legendaris juga pernah viral pada masanya dan masih eksis hingga sekarang.

Mengutip dari kemenparekraf.go.id, berikut minuman legendaris di Indonesia:

1. Es Cincau

Tradisi mengonsumsi cincau sebenarnya sudah ada sejak zaman dulu. Budaya tersebut dipercaya berasal dari budaya Tionghoa yang kemudian menyebar ke berbagai wilayah Asia, termasuk Indonesia.

Ea cincau menawarkan kesegaran sekaligus manfaat kesehatan berkat bahan utamanya, yakni cincau. Bahan tersebut memiliki kandungan serat tinggi yang membantu melancarkan pencernaan serta memberikan efek pendingin yang dapat membantu menurunkan suhu tubuh. Selain potongan cincau, es legendaris ini juga berisi sirup, santan, es serut, dan gula merah cair.

2. Es Dawet

Siapa yang tak mengenal es dawet dari Jawa? Minuman ini berisi dawet yang terbuat dari tepung beras.

Dawet kemudian ditambah dengan kuah santan, gula merah cair, dan es serut. Penjual es dawet masih banyak ditemukan di beberapa wilayah di Indonesia, khususnya Pulau Jawa.

3. Es Oyen

Es oyen adalah versi modern dari es campur yang populer di Bandung. Minuman ini memiliki isian beragam, mulai dari alpukat, kelapa muda, nangka, kolang-kaling, hingga kental manis.

Es oyen juga sering ditambahkan dengan bahan lain, seperti mutiara sagu atau puding. Minuman ini sangat cocok dinikmati saat siang hari.

 


4. Es Pisang Ijo

Es pisang ijo merupakan ikon kuliner khas Makassar. Tak hanya oleh penduduk lokal, minuman ini bahkan sudah terkenal hingga ke berbagai penjuru Indonesia.

Es pisang ijo terbuat dari pisang yang dibalut dengan adonan tepung berwarna hijau. Bahan utama tersebut kemudian disajikan dengan bubur sumsum, sirup merah, dan es serut.

5. Es Podeng

Es yang satu ini cukup populer di kalangan anak-anak hingga dewasa. Adalah es podeng, yang kerap disebut sebagai es krim tradisional khas Jawa Timur.

Es podeng disajikan dengan kacang tanah, ketan hitam, potongan roti tawar, dan kelapa parut. Kombinasi tekstur dan rasa yang bervariasi tersebut menjadi daya tarik tersendiri yang membuat es podeng masih eksis hingga sekarang.

6. Es Selendang Mayang

Es selendang mayang merupakan warisan kuliner Betawi. Sayangnya, saat ini es selendang mayang mulai sulit ditemukan.

Es ini berisi lapisan tepung hunkwe berwarna-warni yang dipotong kotak-kotak. Bahan tersebut disajikan dengan kuah santan dan gula merah cair.

7. Es Teler

Es Teler merupakan salah satu minuman es yang paling terkenal di Indonesia. Meski telah banyak lahir inovasi minuman es masa kini, es teler masih tetap eksis hingga sekarang.

Es teler diciptakan oleh Tukiman Darnowiyono dan Samijem Darmowiyono. Mereka berasal dari Desa Nguter, Sukoharjo, Jawa Tengah.

Es teler memadukan alpukat, kelapa muda, nangka, dan kolang-kaling. Bahan-bahan tersebut kemudian disiram dengan santan manis dan susu kental.

(Resla)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya