Rahasia Mulut Sehat, Dokter Gigi Ungkap Waktu Terbaik Menyikat Gigi di Pagi Hari

Menyikat gigi pada pukul 7:15 pagi adalah waktu yang tepat untuk membersihkan gigi setelah bangun tidur di pagi hari

oleh Sulung Lahitani diperbarui 01 Okt 2024, 07:04 WIB
ilustrasi sikat gigi/Photo by Phuong Tran on Unsplash

Liputan6.com, Jakarta Kebanyakan orang menyikat gigi pada waktu yang sama setiap hari - kapan pun mereka bangun dan sebelum tidur. Itulah yang diajarkan kepada kebanyakan orang sejak usia muda, untuk memastikan gigi kita sehat selama mungkin.

Namun, sebenarnya ada 'waktu yang tepat' yang harus kita tuju untuk memberikan gigi kita peluang terbaik untuk bertahan selama bertahun-tahun tanpa masalah gigi. Ini adalah berita buruk bagi mereka yang suka tidur-tiduran karena mengharuskan bangun pagi-pagi sekali.

Pakar gigi Dr Zaeem, dari Ordo, berbagi informasi kapan Anda harus pergi ke kamar mandi setiap pagi. Dan, apa yang harus Anda lakukan saat berada di sana selama dua menit yang sangat penting itu.

Meskipun mungkin tampak seperti salah satu hal yang paling biasa untuk dilakukan - itu tidak menghentikan kebersihan mulut menjadi salah satu hal terpenting untuk dilakukan setiap hari. Gagal menyikat gigi dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius seperti kerusakan gigi dan dapat menyebabkan Anda kehilangan gigi sama sekali.

Dan, waktu Anda meraih sikat gigi sebenarnya memiliki dampak yang lebih besar daripada yang Anda kira. Dr Zaeem berkata: "Menyikat gigi pada pukul 7:15 pagi adalah waktu yang tepat untuk membersihkan gigi setelah bangun tidur di pagi hari."

"Saat Anda tidur, bakteri penyebab plak di mulut Anda berkembang biak dan itulah sebabnya Anda mungkin terbangun dengan rasa yang lembut di mulut dan 'bau mulut di pagi hari'. Inilah sebabnya mengapa tidak selalu bijaksana untuk tidur siang, karena semakin lama Anda tidur, semakin banyak waktu bagi bakteri untuk berkembang biak. Membersihkan bakteri di pagi hari dengan pasta gigi berfluorida dapat membersihkan gigi dari plak dan bakteri."

Dengan menyetel alarm sedikit lebih awal dan menyelesaikan proses ini, gigi Anda akan dilapisi dengan lapisan pelindung terhadap asam dalam makanan, sehingga gigi Anda akan sehat sepanjang hari. Dokter gigi itu menambahkan bahwa menyikat gigi sebelum sarapan juga merupakan ide yang bagus.

Mereka berkata: "Manfaat lain dari menyikat gigi di pagi hari, sebelum sarapan, adalah Anda juga dapat memulai produksi air liur. Air liur membantu memecah makanan dan secara alami membunuh bakteri berbahaya di mulut Anda, sehingga membantu menciptakan senyum yang sehat untuk hari berikutnya."

 


Kelebihan menyikat gigi sebelum sarapan

Ilustrasi Menyikat Gigi Credit: unsplash.com/Emma

Meskipun mungkin kontroversial bagi sebagian orang, Anda harus menghindari menyikat gigi setelah sarapan. Menyikat gigi segera setelah sarapan sebenarnya dapat menutupi gigi dengan sisa-sisa makanan asam, yang semakin melemahkan email gigi dari bakteri semalam yang menumpuk di mulut Anda.

Dr Zaeem memperingatkan bahwa makanan pokok saat sarapan adalah "salah satu makanan terburuk untuk email gigi". Ini termasuk makanan favorit seperti jus jeruk dan sereal.

Terkait dengan sikat gigi kedua Anda di hari itu, Dr. Zaeem menyarankan agar sikat gigi dilakukan pada hal terakhir yang Anda lakukan - dan mereka menekankan bahwa hal itu dapat berarti "secara harfiah beberapa menit sebelum Anda tidur". 

Mereka menambahkan: "Kecuali air, sangat penting bagi Anda untuk tidak makan atau minum apa pun antara sikat gigi malam dan tidur, jadi masuk akal untuk menundanya hingga sebelum tidur."


Studi Ungkap Kebiasaan Sehat Menyikat Gigi di Pagi Hari Bisa Hindarkan Risiko Kanker

Ilustrasi Menyikat Gigi Terlalu Kuat Credit: pexels.com/Diana

Sebuah studi baru yang menggembirakan menunjukkan bahwa melakukan perawatan mulut minimal setiap hari, misalnya menyikat gigi secara teratur dan membersihkan gigi dengan benang gigi, dapat secara drastis mengurangi risiko terkena kanker kepala dan leher.

HNC, yang mencakup kanker rongga mulut dan hidung, faring, laring, kelenjar ludah, dan tiroid, mencakup hampir 3% diagnosis kanker dan lebih dari 1,5% kematian akibat kanker di AS.

Penelitian sebelumnya telah menetapkan bahwa bakteri yang terkait dengan penyakit gusi meningkatkan risiko diabetes dan penyakit jantung. Penyakit gusi, juga disebut periodontitis, berkembang ketika plak – zat lengket yang mengandung bakteri – menumpuk di gigi.

Namun, hingga saat ini, para ahli masih belum yakin bakteri mulut spesifik apa yang dapat dikaitkan dengan HNC.

Para peneliti kini telah mengidentifikasi lebih dari selusin spesies bakteri yang mereka yakini dapat meningkatkan risiko HNC yang paling umum, yaitu karsinoma sel skuamosa, hingga 50%.

Selengkapnya...


Dokter Gigi Ungkap Kesalahan Menyikat Gigi yang Sebabkan Gigi Menjadi Kuning

ilustrasi sikat gigi | unsplash.com/@jccards

Jika Anda menyadari masih ada noda membandel pada gigi setelah menyikat gigi, mungkin Anda melakukan salah satu kesalahan umum saat menyikat gigi ini.

Kita semua mendambakan gigi putih bersih, tetapi pergi ke dokter gigi untuk memutihkannya bisa mahal. Untungnya, ada beberapa cara untuk membuat gigi putih berkilau tanpa harus pergi ke dokter gigi, menurut pakar gigi Dr. Shaadi Manouchehri.

 Ia menggunakan TikTok dengan nama @dr.shaadi.manouchehri untuk berbagi beberapa kiat terbaiknya untuk menghindari gigi menguning - dan itu hanya dari beberapa kebiasaan sederhana saat ia berbagi cara menghindari cara menyikat gigi yang salah.

"Ada tiga waktu yang tidak boleh Anda lakukan sama sekali. Saya seorang dokter gigi, dan ini satu-satunya saat Anda akan mendapati saya melarang Anda menyikat gigi. Mari kita bahas," katanya.

Pertama, ia menghimbau orang untuk tidak menyikat gigi langsung setelah muntah. Meskipun itu mungkin hal pertama yang ingin Anda lakukan, sang ahli berkata: "Isi lambung sangat asam dan gigi Anda terbuat dari mineral. Jadi, saat isi lambung masuk ke mulut, mulut menjadi sangat asam, dan jika Anda langsung menyikat gigi, Anda akan semakin menggosok asam itu ke gigi."

Selengkapnya...

Infografis jenis-jenis olahraga kekinian. (Dok: Tim Grafis Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya