Nova Liana Miss Grand Indonesia 2024 Siap ke Kamboja dan Thailand, Bawa Kostum Nasional Payakumbuah

Sebagai Miss Grand Indonesia 2024, Nova Liana akan berkompetisi di Miss Grand International 2024 yang diadakan di Kamboja dan Thailand dari 3 hingga 25 Oktober 2024.

oleh Ricka Milla Suatin diperbarui 01 Okt 2024, 14:55 WIB
Nova Liana menuju Miss Grand International 2024 (Dok. Yayasan Dunia Mega Bintang)

Liputan6.com, Jakarta Pada ajang Grand Final Miss Mega Bintang 2024 yang dihelat pada 19 Mei 2024, Nova Liana berhasil meraih gelar juara. Kemenangan ini otomatis menjadikannya Miss Grand Indonesia 2024.

Sebagai Miss Grand Indonesia 2024, Nova Liana akan melanjutkan perjuangannya di kompetisi Miss Grand International 2024 yang akan diadakan di Kamboja dan Thailand pada 3-25 Oktober 2024. Ivan Gunawan, pendiri Yayasan Dunia Mega Bintang, menyatakan bahwa Nova berhasil memukau para juri dengan kecantikan, keanggunan, dan keterampilannya dalam berbicara.

Tak hanya itu, Nova Liana juga memperlihatkan semangat dan dedikasinya melalui berbagai aktivitas, termasuk kegiatan sosial. "Saya melihat Nova tidak hanya cantik secara fisik, tetapi juga cerdas dan memiliki potensi unik. Melalui ajang ini, saya ingin melahirkan seorang ratu yang tidak hanya cantik, tetapi juga pintar secara menyeluruh dan memiliki potensi yang bisa dibanggakan," ungkap Ivan Gunawan dalam pernyataannya kepada media baru-baru ini.


Pelepasan ke Miss Grand International 2024

Nova Liana akan mengikuti Miss Grand International 2024 (Dok. Yayasan Dunia Mega Bintang)

Pada hari Minggu, 29 September 2024, Ivan Gunawan bersama Yayasan Dunia Mega Bintang menggelar konferensi pers untuk melepas Miss Grand Indonesia 2024 yang akan berkompetisi di Miss Grand International 2024 di W Superclub Gatot Subroto, Jakarta.

Ivan Gunawan memamerkan National Costume yang akan dikenakan oleh Nova Liana dalam ajang Miss Grand International 2024. Kostum nasional kali ini terinspirasi dari ciri khas rumah makan Payakumbuh yang menyajikan masakan Sumatera Barat, dirancang oleh Annisa Banyuwangi dan sepenuhnya didukung oleh Payakumbuah Masakan Padang.

“Saya ingin menampilkan cita rasa khas Indonesia di setiap acara internasional. Sebelumnya, kami pernah membuat National Costume bertema sate khas Madura untuk Aurra Kharishma, Reog Ponorogo untuk Andina Julie, dan Dewi Matahari untuk Ritassya. Kini, saya ingin Nova mengenakan National Costume yang bertema cita rasa masakan Sumatera Barat. Kuliner Sumatera Barat saat ini sudah mendunia, bahkan rendangnya telah menjadi salah satu makanan terenak di dunia," ujar Ivan Gunawan.


Usung Kuliner Khas Nusantara

Nova Liana akan mengikuti Miss Grand International 2024 (Dok. Yayasan Dunia Mega Bintang)

Karena ide tersebut, Ivan Gunawan menghubungi Arief Muhammad, pemilik Restoran Payakumbuah, untuk berkolaborasi. Ivan berharap, di ajang internasional nanti, Nova bisa menyampaikan informasi tentang beragam budaya, adat, serta kuliner Indonesia.

“Saya menghubungi Mas Arief. Dia setuju dengan kolaborasi ini. Makanan Padang itu sangat megah dan sangat mencerminkan Indonesia. Maka saya berharap dari National Costume yang unik dan segar ini, Nova bisa menceritakan kepada teman-temannya bahwa ini adalah masakan khas Indonesia, masakan Padang. Jadi bisa sekaligus mempromosikan pariwisata Indonesia," ujar Ivan.

Inisiatif Ivan ini langsung disambut baik oleh Arief Muhammad, “Pertama kali diajak kerja sama oleh Kak Ivan. Kak Ivan memberikan gambar, saya terkesan dan langsung setuju untuk memberikan dukungan penuh," tambah Arief.


Proses Pembuatan National Costume

Nova Liana akan mewakili Indonesia di Miss Grand International 2024 (Dok. Yayasan Dunia Mega Bintang).

Proses pembuatan National Costume ini memerlukan waktu tiga minggu. Annisa Banyuwangi, sang desainer, berbagi cerita tentang tantangan dalam menciptakan National Costume tersebut.

"Kesulitannya terletak pada mekanisme buka tutup yang cukup rumit, karena di dalamnya terdapat banyak piring dengan berbagai lauk khas masakan Padang. Pembuatan kostum memakan waktu dua minggu, ditambah satu minggu untuk uji coba buka tutup. Jadi total prosesnya memakan waktu tiga minggu," jelasnya.


Persiapan Matang

Nova Liana akan mewakili Indonesia di Miss Grand International 2024 (Dok. Yayasan Dunia Mega Bintang)

Selain busana nasional yang akan dikenakan Nova, Ivan juga mengungkapkan bahwa persiapan Nova untuk berpartisipasi dalam ajang Miss Grand International 2024 sudah dimulai sejak selesainya Miss Mega Bintang Indonesia 2024.

"Setelah Miss Mega Bintang 2024 selesai, Nova kami kirim ke Bangkok untuk menjalani operasi estetika di Masterpiece Hospital. Kemudian, dia mengikuti pelatihan public speaking di Manohara Beauty Camp dan Caldare Champ, dilanjutkan dengan pelatihan catwalk serta pelatihan makeup dan tata rambut," tambahnya.


Bekal Ilmu Cukup

Nova Liana menuju Miss Grand International 2024 (Dok. Yayasan Dunia Mega Bintang)

Ivan juga menyampaikan bahwa Yayasan Dunia Mega Bintang telah memberikan Nova pengetahuan dan keterampilan yang memadai.

"Kami membekali Nova dengan segala informasi terkait Beauty Pageant, agar saat berkompetisi dia sudah memiliki dasar yang kuat untuk tampil percaya diri di ajang internasional. Pelatihan ini akan terus berlanjut hingga keberangkatan pada tanggal 3 Oktober 2024," jelas Ivan.


Berangkat 3 Oktober

Nova Liana akan berkompetisi di Miss Grand International 2024 (Dok. Yayasan Dunia Mega Bintang)

Nova Liana dijadwalkan berangkat pada 3 Oktober 2024. Selama berada di Cambodia dan Thailand, Nova akan didampingi oleh Dardo Siregar, yang menjabat sebagai Kepala Kreatif Yayasan Dunia Mega Bintang.

”Di sana, Nova akan mengikuti banyak kegiatan, namun acara utamanya adalah kompetisi swimsuit yang diadakan pada 9 Oktober 2024 di Phnom Penh, Cambodia. Selanjutnya, ada National Costume Competition pada 20 Oktober, preliminary pada 22 Oktober, dan malam grand final yang akan berlangsung pada 25 Oktober 2024 di Bangkok, Thailand," kata Dardo.


Penuh Antusiasme

Nova Liana akan mengikuti Miss Grand International 2024 (Dok. Yayasan Dunia Mega Bintang)

⁠Sementara itu, menjelang persiapannya untuk mengikuti ajang Miss Grand International 2024, Nova Liana mengungkapkan rasa syukur dan antusiasmenya.

“Saya sangat bersyukur atas kepercayaan dan kesempatan ini. Saya sangat antusias dan tidak sabar untuk berkompetisi membawa nama Indonesia di kancah internasional. Terlebih lagi, saya telah mengikuti banyak kelas pelatihan yang difasilitasi oleh yayasan Dunia Mega Bintang sesuai dengan kebutuhan saya, sehingga saya siap untuk berkompetisi,” ujarnya.


Berikan yang Terbaik

Nova Liana menuju Miss Grand International 2024 (Sumber: Yayasan Dunia Mega Bintang)

Nova bertekad untuk memberikan hasil terbaik bagi Indonesia dan berjanji akan berjuang dengan sekuat tenaga.

”Saya berharap dapat memberikan yang terbaik untuk Indonesia dan Yayasan Dunia Mega Bintang yang telah menyediakan fasilitas serta menjadi rumah kedua bagi saya. Tentunya, harapan terbesar saya dalam berkompetisi adalah membawa kembali mahkota utama ke Indonesia," jelasnya.


Peluang Juara

Ivan Gunawan saat konferensi pers Nova Liana ke Miss Grand International 2024 (Dok. Yayasan Dunia Mega Bintang)

Ivan Gunawan juga melihat bahwa Nova memiliki peluang yang cukup signifikan di ajang Miss Grand International 2024 karena Nova menjadi favorit tidak hanya di kalangan pendukung dari Indonesia, tetapi juga dari Asia dan Amerika Latin.

“Peluangnya cukup besar karena banyak yang mendukung Nova. Namun, hal ini tidak bisa dijadikan patokan. Apapun hasilnya, Nova dan tim sudah berusaha maksimal untuk mengharumkan nama Indonesia di panggung Miss Grand International 2024," kata Ivan Gunawan.


Sambut Tawana Sheldrick

Dokumentasi Yayasan Dunia Mega Bintang: Tawana Sheldrick

Acara ini tidak hanya melepas Nova Liana ke ajang Miss Grand International 2024, tetapi juga menyambut kedatangan Runner Up Miss Mega Bintang Indonesia 2024, Tawana Sheldrick, yang meraih prestasi sebagai 4th Runner Up dan Miss Elite Asia di ajang Miss Elite World yang diadakan di Mesir.


Miss Aura Indonesia 2024

Miss Aura Indonesia 2024 (Sumber: Yayasan Dunia Mega Bintang)

Acara ini juga menampilkan National Costume Miss Aura Indonesia 2024, Olivia Stevanie, yang akan berkompetisi di Miss Aura International 2024 di Antalya, Turki, dengan tema Melati Putih: The Spirit of Indonesia, yang dirancang oleh Inggi Kendran.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya