Cegah Mager, Sekjen Kemenkumham Motivasi Jajarannya jadi Mesin Penggerak Organisasi

Motivasi adalah mesin penggerak yang memacu pegawai untuk mencapai performa tinggi dan kontribusi yang optimal.

oleh Marifka Wahyu Hidayat diperbarui 01 Okt 2024, 02:19 WIB
Foto: Kemenkumham

Liputan6.com, Jakarta - Untuk menciptakan lingkungan kerja yang produktif, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Nico Afinta, memberikan motivasi para pegawainya. Menurutnya, Kemenkumham harus berproses jika ingin maju.

Selain itu, untuk mencapai tujuan organisasi yang besar, seorang pimpinan dan pegawai harus perlu bekerja sama, berkolaborasi, dan berbagi pengetahuan. Sedangkan motivasi seperti mesin penggerak yang memacu pegawai untuk mencapai performa tinggi dan kontribusi yang optimal.

"Tidak ada yang terjadi secara instan, kalau mau maju, ya, harus berproses," ujar Nico, Senin (30/09/2024).

Pria kelahiran Surabaya 53 tahun silam ini, juga memaparkan pentingnya komunikasi, koordinasi, dan kolaborasi antar jajaran Kemenkumham. Ia menyadari jika sebuah tugas yang diberikan merupakan amanah, maka dari itu dirinya mengajak untuk bekerja sama.

"Kita harus berkomunikasi untuk menyamakan persepsi, berkoordinasi untuk menyatukan arah, dan berkolaborasi sehingga masing-masing dari kita punya kekuatan untuk mencapai tujuan organisasi," tutur Nico.

Nico juga menekankan bahwa pelaksanaan tugas, wewenang, dan tanggung jawab bagi para pegawai harus dilakukan secara tertib dan optimal. Hal tersebut perlu diperhatikan karena hal tersebut sangat berkaitan dengan hubungan sosial sesama pegawai lainnya.

"Percayalah bahwa orang-orang di sekeliling kita adalah orang yang akan menolong, membantu, dan mempengaruhi hidup kita," tutup Nico di akhir sambutan.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya