Cegah Ruam pada Bayi dengan Popok yang Didukung Teknologi Terkini

Selain mengganggu kenyamanan dan aktivitas si Kecil, penggunaan popok yang kurang tepat juga bisa memengaruhi perkembangan motorik bayi.

oleh Dyah Puspita Wisnuwardani diperbarui 01 Okt 2024, 09:59 WIB
Ruam popok bisa menyerang anak pada usia berapa pun. (Foto: Unsplash/Tuva Mathilde Loland)

Liputan6.com, Jakarta - uam p Ruam popok menjadi salah satu masalah kulit yang paling sering dialami bayi usia 9 hingga 12 bulan. Kondisi ini dialami oleh 7 hingga 35 persen bayi.

Ruam popok bisa menyerang anak pada usia berapa pun. Ada sejumlah penyebab umum anak mengalami ruam popok, seperti dikutip dari laman Ayosehat Kemkes:

  • Infeksi bakteri karena popok jarang diganti sehingga kulit terlalu lama kontak dengan keringat, urine, bahkan feses
  • Alergi bahan popok, sabun, shampoo, atau produk lain yang sedang digunakan
  • Ukuran popok yang tidak sesuai (terlalu longgar atau terlalu sempit)
  • Bayi mengalami pergantian jenis makanan, biasa menyerang anak yang baru menjajal MPASI

Selain mengganggu kenyamanan dan aktivitas si Kecil, penggunaan popok yang kurang tepat juga bisa memengaruhi perkembangan motorik bayi.

Tak dimungkiri, perkembangan bayi berfokus pada dua tahun pertama kehidupan. Tumbuh kembang mereka akn dipengaruhi faktor internal dan eksternal. Faktor internal terdiri atas genetik, ras, usia, dan jenis kelamin. Sedangkan faktor eksternasl meliputi nutrisi, penyakit, lingkungan dan simulasi.

Berangkat dari pemahaman tersebut, salah satu jenama popok bayi menghadirkan inovasi teknologi Triple Core SAP pada popok MIUBaby. Teknologi ini tak dapat mengunci cairan lebih optimal sehingga bisa mencegah ruam popok.

"Teknologi Triple Core SAP pada popok MIUBaby merupakan inovasi pertama di Indonesia yang mampu mengunci cairan lebih optimal, mencegah ruam popok, dan memastikan distribusi cairan merata sehingga popok tidak menggumpal, jadi tidak mengganggu aktivitas si Kecil," tutur Brand Manager MIUBaby Anita Erwanto melalui keterangan tertulis.

 


Inovasi Berdasarkan Riset Pasar

Inovasi teknologi Triple Core SAP membawa popok MIUBaby meraih Top Innovation Choice Award 2024. (Foto: Istimewa)

Inovasi teknologi tersebut juga membawa jenama ini meraih Top Innovation Choice Award 2024 kategori Baby Diaper Innovation with Super Absorbent Polymer (SAP) Paper and SAP Gel pada 25 September 2024.

CEO PT Multi Medika International Tbk (MMI) Mengky Mangarek mengungkap, inovasi tersebut tak lepas dari riset pasar dan komitmen pihaknya untuk menyediakan produk yang sesuai kebutuhan masyarakat.

"Penghargaan ini merupakan hasil riset pasar dan komitmen atas inovasi yang dibutuhkan ibu-ibu yang ingin mencari popok yang berkualitas. Dengan adanya teknologi Triple Core SAP akan membuat kulit bayi selalu terjaga dan tetap kering, karena kami ingin terus mendukung pertumbuhan dan gerak aktif si kecil," ujar Mengky Mangarek.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya