Putus Cinta? Apple Mendadak Batal Suntik Dana ke OpenAI

Apple membuat keputusan mengejutkan dengan membatalkan investasi senilai USD 6,5 miliar ke OpenAI. Bagaimana dampaknya bagi masa depan ChatGPT dan AI di ekosistem Apple?

oleh Yuslianson diperbarui 01 Okt 2024, 17:00 WIB
Apple Perkenalkan Apple Intelligence (Dok: Apple)

Liputan6.com, Jakarta - Apple membuat banyak pihak terkejut dengan beredarnya kabar perusahaan membatalkan rencana investasi senilai USD 6,5 miliar ke OpenAI.

Keputusan batal menyuntikkan dana ke pencipta ChatGPT ini sangat mendadak, dan pertama kali terungkap lewat laporan The Wall Street Journal.

Mengutip The Wall Street Journal via Arc Technica, Selasa (1/10/2024), Apple memilih untuk mundur dari penggalangan dana di saat-saat terakhir.

Penggalangan dana ini sejatinya dijadwalkan rampung minggu ini, dan keputusan Apple untuk menarik diri datang dengan waktu mepet.

Meski demikian, OpenAI masih optimis dapat mengumpulkan dana dari sumber lain tertarik mendukung pengembagan kecerdasan buatan (AI) mereka.

Microsoft dan Nvidia Tetap Berinvestasi

Walaupun Apple batal terlibat, OpenAI masih mendapat dukungan penuh dari dua raksasa teknologi lainnya, Microsoft dan Nvidia.

Microsoft dikabarkan akan menyuntikkan dana tambahan sebesar USD 1 miliar dalam putaran pendanaan kali ini, melanjutkan komitmen mereka terhadap pengembangan AI.

Sebelumnya, raksasa teknologi berbasis di Redmond ini sudah menginvestasikan dana lebih dari USD 13 miliar ke perusahaan bentukan Sam Altman tersebut.

Berkat investasi besar tersebut, Microsoft kini dapat mengintegrasikan model AI ChatGPT ke dalam layanan kecerdasan buatan miliknya, termasuk produk seperti Copilot.

Sementara itu, Nvidia, yang dikenal sebagai pemimpin dalam teknologi hardware AI, juga akan menjadi salah satu investor utama di putaran pendanaan ini.

 


Apakah Hubungan Apple dan OpenAI Masih Positif?

Apple Bakal Luncurkan iPhone, MacBook Pro, dan Apple Watch dengan Desain Super Tipis! (Liputan6.com/ Yuslianson)

Meskipun Apple memilih untuk tidak menyuntikkan dana di putaran ini, hubungan mereka dengan OpenAI tetap baik.

Kedua perusahaan terus bekerja sama dalam mengintegrasikan teknologi AI ke dalam berbagai produk Apple, seperti iOS 18, iPadOS 18, watchOS, dan macOS Sequoia.

Langkah Apple ini tentu memunculkan spekulasi mengenai arah perusahaan dalam hal investasi di AI, terutama di tengah persaingan ketat dengan Microsoft telah menjadi mitra strategis utama OpenAI.

Apakah keputusan ini merupakan bagian dari strategi jangka panjang Apple, ataukah ada alasan lain di balik mundurnya raksasa teknologi tersebut?


Deretan Fitur Tersembunyi iOS 18 yang Perlu Kamu Tahu

iOS 18 Hadir dengan AI Canggih di Safari dan Fitur Keamanan Baru, Apa yang Baru? (Doc: Apple)

Apple memperkenalkan banyak fitur menarik di iOS 18, tapi ada beberapa yang mungkin terlewatkan oleh banyak pengguna. Meskipun perubahan besar dari update iOS 18 mencuri perhatian, fitur-fitur kecil ini diam-diam dapat meningkatkan kenyamanan dalam penggunaan sehari-hari.

Yuk, simak beberapa fitur tersembunyi tapi berguna di iOS 18, sebagaimana dikutip dari Gizchina, Jumat (27/9/2024). 

1. Musik Tetap Main saat Ambil Foto 

Tahukah kamu, lewat update iOS 18, pengguna iPhone yang sedang menyalakan musik tetap akan bisa mendengarkan musik meski sedang ambil foto atau membuka kamera? Sebelumnya, ketika pengguna iPhone buka kamera, musik yang sedang diputar memang otomatis mati. 

Fitur iOS 18 yang tampaknya sederhana tapi keren ini memungkinkan kamu tetap memutar musik sambil mengambil foto atau merekam video. Pada iOS 18, aplikasi kamera tidak lagi menghentikan musik di background saat kamu sedang memotret.

Musik juga tetap diputar lewat Bluetooth, jadi kamu bisa tetap menikmati lagu favorit sambil foto-foto. Fitur ini pas banget buat yang suka menjaga mood dengan musik saat hunting foto.


2. Keamanan Cerdas di Aplikasi Wallet

Fitur baru iMessages di iOS 18.  (Doc: Apple)

Update baru pada iOS 18 ada di aplikasi wallet, yang menambah lapisan keamanan ekstra. Saat menambahkan ID atau kartu tanda pengenal, sekarang sistem bisa meminta foto langsung, bukan sekedar gerakan kepala.

Foto ini kemudian diperiksa oleh ponsel dan server Apple untuk memastikan bahwa yang mengirimkan gambar adalah orang asli. Dengan tambahan verifikasi ini, risiko pencurian identitas bisa diminimalisasi, dan hacker makin sulit untuk menyusup ke sistem.

3. Kualitas Video FaceTime Lebih Baik

Apple juga memperbaiki kualitas FaceTime di iOS 18. Dalam Mode Hemat Data, aplikasi ini menggunakan lebih banyak data saat jaringan stabil, sehingga video tetap jernih tanpa cepat menghabiskan kuota.

Fitur ini cocok buat pengguna yang ingin menghemat data tapi tetap menginginkan kualitas video yang mulus saat memungkinkan.

Infografis Muncul Wacana Pembentukan Dewan Media Sosial. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya