Antoine Griezmann Pensiun dari Timnas Prancis, Ini Reaksi Didier Deschamps

Gelandang serang Prancis Antoine Griezmann mengumumkan pensiun dari tim nasional Prancis melalui media sosial. Pelatih Didier Deschamps pun menyebutnya sebagai legenda Les Bleus.

oleh Michael Ludovico Palma De Manggut diperbarui 01 Okt 2024, 21:00 WIB
Gelandang Les Bleus, Antoine Griezmann. (AFP/Franck Fife)

Liputan6.com, Jakarta - Gelandang serang Prancis Antoine Griezmann mengumumkan pensiun dari tim nasional Prancis melalui media sosial. Pelatih Didier Deschamps pun menyebutnya sebagai legenda Les Bleus.

"Walau kariernya di klub belum berakhir, ia tetap menjadi legenda timnas Prancis. Ia adalah salah satu pemain terbaik yang pernah ada untuk tim,” tutur pelatih 55 tahun tersebut.

Melansir SportsMole, Griezmann telah bermain di Les Bleus selama 10 tahun. Bersama Prancis, pemain berusia 33 tahun ini catatkan 137 penampilan sejak 2014 lalu.

Angka tersebut membuatnya menjadi pemain ketiga yang paling banyak tampil bersama Les Bleus. Ia berada di bawah Hugo Lloris yang tampil paling banyak dengan catatan 145 pertandingan. Lalu, disusul oleh legenda Prancis, yakni Lillian Thuram yang sukses catatkan 142 penampilan.

Pada masa baktinya dengan timnas Prancis, \Griezmann berhasil raih sejumlah catatan spektakuler. 

Ia berhasil menjadi pencetak gol keempat terbanyak untuk Les Bleus dengan 44 kali merobek gawang lawan. Dalam daftar ini, Griezmann berada di belakang Olivier Giroud, Thierry Henry, dan Kylian Mbappe.

“Dengan hati yang dipenuhi oleh memori, saya menutup babak ini dalam hidupku. Terima kasih atas petualangannya dan sampai bertemu kembali,” ucap Griezmann di akun Instagram miliknya.


Juara Piala Dunia 2018

Griezmann sudah mempersembahkan sejumlah gelar bergengsi mulai dari Euro U-19 2010, Piala Dunia 2018, dan EUFA Nations League 2021. Ia juga sempat dianugerahi pemain terbaik pada 2016. (AFP/Franck Fife)

Selain itu, Griezmann menjadi salah satu pemain kunci Prancis pada Piala Dunia 2018 di Rusia. Permainan yang ditampilkan oleh Griezmann menjadi salah satu faktor timnas Prancis berhasil menjadi juara di kompetisi terbesar di dunia sepak bola ini.

Tidak hanya itu, lagi-lagi ia menjadi salah satu pemain penting Les Bleus pada Piala Dunia 2022 di Qatar. Timnas Prancis sukses masuk ke final, tetapi sayangnya kalah dari Argentina pada babak adu penalti dengan skor 2-4.

Sebelum pensiun, Griezmann berperan sebagai wakil kapten timnas Prancis bagi Kylian Mbappe.


Susul 3 Kompatriot

Antoine Griezmann (kiri) dan pelatih timnas Prancis, Didier Deschamps (kanan). (AFP/Franck Fife)

Griezmann terakhir tampil bersama Prancis saat menjamu Belgia di UEFA Nations League, Selasa (10/9/2024) WIB. Les Bleus berhasil menang 2-0 atas lawan.

Selain Griezmann, ada tiga kompatriotnya yang sudah pensiun dari timnas Prancis dalam beberapa waktu terakhir. Hugo Lloris dan Raphael Varane meninggalkan tugas membela negara usai pagelaran Piala Dunia 2022.

Kemudian, salah satu striker terbaik Les Bleus, yakni Olivier Giroud mengambil pilihan yang sama setelah Piala Eropa 2024 di Jerman.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya