Fakta Mengejutkan Pensiunnya Sir Alex dari Manchester United, Seret Nama Cristiano Ronaldo

Sir Alex Ferguson pensiun sebagai manajer Manchester United pada tahun 2013. MU langsung terpuruk setelahnya.

oleh Thomas diperbarui 01 Okt 2024, 18:00 WIB
Sir Alex Ferguson saat melatih Manchester United. (Foto: AFP/Stringer)

Liputan6.com, Jakarta- Mantan pemain Manchester United Patrice Evra mengungkapkan fakta mengejutkan soal pensiunnya Sir Alex Ferguson sebagai manajer Setan Merah di tahun 2013 lalu. Banyak hal baru terungkap dalam perbincangan Evra di podcast John Obi Mikel.

Evra mengaku sangat terkejut ketika Ferguson mengumumkan untuk pensiun sebagai manajer MU di tahun 2013. Pasalnya sebelum pensiun, Evra sempat diundang Ferguson ke kantornya. Saat itu Ferguson sama sekali tak mengindikasikan akan mundur.

Bahkan pria Skotlandia itu mengatakan kepada Evra masih bergairah melatih dan berharap bisa terus memoles MU 10 tahun lagi. Ferguson juga sempat mengungkapkan rencana besarnya bersama MU.

Ferguson ingin memulangkan Cristiano Ronaldo dari Real Madrid dan memboyong Gareth Bale dari Tottenham Hotspur ke Old Trafford. Permintaan Ferguson itu menyedot biaya mencapai 200 juta poundsterling.

Ronaldo sebenarnya sudah setuju untuk kembali setelah dirayu Ferguson. Begitu juga dengan Bale yang tergiur untuk dilatih Ferguson di Old Trafford.

Namun sayangnya permintaan Ferguson ini ditolak mentah-mentah petinggi MU. Tak berselang lama Ferguson malah mengumumkan pensiun. Penolakan ini bisa jadi menjadi faktor yang membuat Ferguson memilih berhenti. Padahal dua minggu sebelumnya dia masih berkata kepada Evra ingin menjuarai Liga Champions untuk ketiga kalinya.


Pernyataan Evra Soal Pensiunnya Sir Alex dari Manchester United

Patrice Evra. (AFP/Paul Ellis)

"Saya tidak menangis, saya hanya terkejut, alasannya adalah dua minggu sebelumnya, [Ferguson] membawa saya ke kantornya, dia berkata 'Patrice, lihat orang-orang itu, mereka pikir saya akan pensiun, saya akan berada di sini 10 tahun lagi.'" kata Evra.

"Kami perlu memenangkan lebih banyak Liga Champions, dia berkata 'Patrice, Cristiano Ronaldo [telah setuju] 99% untuk kembali, dan Gareth Bale [telah setuju untuk bergabung]', dia membutuhkan 200 juta pounds, dan klub menolaknya."


Manchester United Terpuruk Setelah Sir Alex Pensiun

Setelah Ferguson memilih pensiun, MU memasuki masa kegelapan. Mereka belum pernah bisa menjadi juara Liga Inggris ataupun Liga Champions hingga saat ini. Sudah beberapa kali pergantian pelatih dilakukan, tapi tetap tak ada yang bisa setara Ferguson.

Ronaldo sendiri akhirnya baru balik ke MU pada tahun 2021. Namun periode kedua pria Portugal itu dengan Setan Merah tidak berakhir baik. Pada tahun 2022, Ronaldo diputus kontrak karena menyerang klub di podcast Piers Morgan.


Klasemen Liga Inggris

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya