5 Manfaat Biji Buah Nangka yang Jarang Diketahui, Termasuk Menangkal Kolesterol Jahat

Biji buah nangka tidak hanya enak untuk disantap, tetapi juga menawarkan berbagai manfaat kesehatan.

oleh Miranti diperbarui 09 Okt 2024, 14:08 WIB
ilustrasi manfaat mengonsumsi biji nangka untuk kesehatan/pexels

Liputan6.com, Jakarta Biji buah nangka sering kali diolah menjadi camilan dengan cara direbus atau digoreng. Rasanya yang gurih dan lezat membuat biji buah nangka populer di kalangan masyarakat Indonesia.

Bagi yang belum tahu bahwa biji nangka bisa dimakan, mungkin akan membuangnya, padahal biji ini memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Selain rasanya yang enak, biji nangka juga memiliki manfaat kesehatan yang penting, termasuk kemampuannya dalam menurunkan kadar LDL (low-density lipoprotein) dalam tubuh.

Berikut adalah beberapa manfaat yang jarang diketahui dari mengonsumsi biji nangka. Simak penjelasan selengkapnya sebagaimana dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Rabu (9/10/2024):


1. Menurunkan Kadar Kolesterol Berlebih

Ilustrasi Kolesterol/https://www.freepik.com/freepik 

Studi menunjukkan bahwa konsumsi biji nangka berpotensi menurunkan kadar LDL dalam tubuh. Penumpukan LDL atau kolesterol jahat bisa menyebabkan risiko serius jika tidak ditangani, karena dapat menyumbat aliran darah dengan pembentukan plak di pembuluh darah. Mengonsumsi biji nangka adalah salah satu cara yang bisa membantu menjaga keseimbangan kadar kolesterol dalam tubuh.


2. Mencegah Insomnia

Ilustrasi insomnia, susah tidur. (Photo by cottonbro from Pexels)

Biji nangka kaya akan magnesium, yang membantu tubuh lebih rileks. Sebuah penelitian oleh BMC pada tahun 2021 menemukan bahwa konsumsi magnesium pada orang dewasa dapat memperbaiki kualitas tidur mereka.


3. Memiliki Sifat Anti Kanker

Salah satu faktor yang memicu pertumbuhan sel kanker adalah paparan radikal bebas yang merusak jaringan tubuh. Untuk mencegah hal ini, tubuh memerlukan asupan antioksidan seperti flavonoid, tanin, dan saponin.

Kandungan ketiga senyawa antioksidan ini dapat ditemukan dalam biji buah nangka. Oleh karena itu, mengonsumsi biji nangka secara rutin diyakini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memperbaiki kerusakan pada DNA.


4. Baik untuk Pertumbuhan Rambut

Memperhatikan produk perawatan rambut (Foto: Freepik.com)

Biji nangka kaya akan zat besi, vitamin A, dan protein. Ketiga nutrisi ini memberikan manfaat besar bagi kesehatan rambut. Protein dan zat besi membantu memperlancar aliran darah ke kulit kepala, merangsang pertumbuhan rambut yang optimal, serta memperkuat akar rambut untuk mencegah kerontokan. Selain itu, vitamin A berfungsi melindungi lapisan rambut agar tetap kuat dan tidak mudah rapuh.


5. Menyehatkan Pencernaan

Serat dalam biji nangka memainkan peran penting dalam memfasilitasi gerakan peristaltik usus, membuat tinja menjadi lebih lembut dan lebih mudah dikeluarkan. Selain itu, serat juga bertindak sebagai probiotik yang memberi nutrisi bagi bakteri baik dalam usus, yang pada akhirnya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya