Habib Novel Bagikan Amalan Pelancar Usaha agar Dagangan Laris Manis dari Habib Umar bin Hafidz

Diakui bahwa menjalankan usaha sendiri tidaklah mudah. Banyak tantangan yang dihadapi. Bahkan, tidak sedikit yang merasa usahanya tidak membuahkan hasil. Apakah ada amalan pelancar usaha?

oleh Muhamad Husni Tamami diperbarui 02 Okt 2024, 07:30 WIB
Habib Novel bin Muhammad Alaydrus. (Tangkap layar YouTube Novel Muhammad Alaydrus)

Liputan6.com, Bogor - Bekerja menjadi jalan syariat seorang muslim untuk mencari nafkah yang halal dan berkah. Ada banyak cara dalam menjemput rezeki dengan bekerja, salah satunya berdagang

Berdagang merupakan salah satu usaha yang dipuji Rasulullah SAW. Hal ini disebutkan dalam sebuah hadis yang diriwayat oleh Imam Ahmad. 

سُئِلَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- أَىُّ الْكَسْبِ أَطْيَبُ قَالَ : عَمَلُ الرَّجُلِ بِيَدِهِ وَكُلُّ بَيْعٍ مَبْرُورٍ 

Artinya: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam ditanya, ‘Wahai Rasulullah, mata pencaharian apakah yang paling baik?’ Beliau bersabda, ‘Pekerjaan seorang laki-laki dengan tangannya sendiri dan setiap jual beli yang mabrur (diberkahi)’.” [H.R. Ahmad]

Di sekeliling kita, banyak sekali orang yang memutuskan berdagang dalam proses mencari nafkahnya, sebagaimana yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Atau mungkin Anda sendiri salah satu orang yang memilih berdagang.

Diakui bahwa menjalankan usaha sendiri tidaklah mudah. Banyak tantangan yang dihadapi. Bahkan, tidak sedikit yang merasa usahanya tidak membuahkan hasil. 

Pertanyaannya, apakah dalam Islam ada amalan pelancar usaha atau berdagang agar laris manis dan berkah? Simak penjelasan ulama asal Surakarta Habib Novel Alaydrus berikut ini.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:


Luruskan Niat Usaha atau Berdagang

Pendakwah Habib Novel Alaydrus. (YouTube/Ubaidillah D. Masdar)

Sebelum membahas cara agar dimudahkan dalam berdagang, Habib Novel mengingatkan bahwa ketika membuka usaha harus diiringi dengan niat yang baik. Menurutnya, niat tersebut akan menentukan hasilnya.

"Punya toko biar berkah, hasilnya diniati buat apa? Punya sawah biar berkah, hasilnya diniati buat apa? (Sebab) tujuan itu yang menentukan barokah," ujar Habib Novel dikutip dari YouTube Apa Kata Islam, Selasa (1/10/2024).

"Jadi usahakan kita niati, saya ini kerja buat apa? Cari duit buat apa? Tujuan itu yang menentukan barokah,” sambungnya.


Amalan Usaha Lancar

Habib Novel Alaydrus (YouTube Novel Muhammad Alaydrus)

Dalam kesempatan lain, Habib Novel Alaydrus membagikan amalan agar usaha atau dagangan lancar yang diijazahkan oleh Habib Umar Bin Hafidz.

"Yang pengen tokonya tambah berkah tambah laris, ini ijazah dari Habib Umar bin Salim bin Hafidz agar toko semakin berkah semakin laris, insya Allah," kata Habib Novel dalam YouTube Ubaidillah D. Masdar.

Amalan tersebut adalah membaca sejumlah surah dalam Al-Qur'an setiap membuka toko. Adapun bacaan surah yang diamalkan sebelum membuka toko atau tempat usaha kita adalah sebagai berikut.

  • Surah Al-Fatihah satu kali
  • Ayat kursi (Al-Baqarah: 255) satu kali
  • Surah Al-Ikhlas tiga kali
  • Surah Al-Falaq satu kali
  • Surah An-Nas satu kali

Dengan keberkahan ayat ayat Al-Qur'an dan para ulama, semoga pengusaha atau pedagang yang mengamalkan amalan ini dilancarkan dan dimudahkan rezekinya. Aamiin. Wallahu a'lam.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya