6 Fakta Menarik Gunung Kendil di Kulon Progo, Bagian dari Perbukitan Menoreh

Gunung Kendil merupakan salah satu barisan dari Perbukitan Menoreh, tepatnya berada di sisi Utara. Ketinggian gunung ini mencapai 1.019 mdpl.

oleh Dyah Ayu Pamela diperbarui 02 Okt 2024, 08:30 WIB
Gunung Kendil di Jawa Tengah. (Dok: IG @saepuljoehard https://www.instagram.com/p/B4yaxrFFQ-V/?igsh=cjU1MXV2aW9oMThx)

Liputan6.com, Jakarta - Gunung Kendil merupakan sebuah gunung yang terletak di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tinggi gunung ini mencapai 1.935 meter di atas permukaan laut (mdpl). Lokasinya berada dekat dengan perbatasan Kulon Progo, DIY dengan Kabupaten Magelang di Jawa Tengah.

Gunung ini merupakan salah satu dari sekian banyak gunung yang ada di Jawa Tengah termasuk dalam kategori gunung berapi yang mudah untuk didaki. Terdapat jalur pendakian yang disediakan oleh pemerintah setempat, yang dapat digunakan oleh pendaki untuk mencapai puncak gunung.

Gunung Kendil ini merupakan salah satu obyek wisata baru yang mulai dikenal dikalangan para pemburu wisata alam. Teletak di deretan perbukitan menoreh, Gunung Kendil menawarkan panorama alam yang bakal menyegarkan mata. 

Selain itu, juga terdapat pos-pos pendakian yang dapat digunakan sebagai tempat beristirahat selama pendakian jika Anda merasa lelah saat mendaki. Masih banyak hal mengenai Gunung Kendil selain lokasi maupun ketinggiannya. Berikut enam fakta menarik Gunung Kendil yang dirangkum Tim Lifestyle Liputan6.com dari berbagai sumber.

1. Bagian Barisan Perbukitan Menoreh

Gunung Kendil ini sendiri merupakan salah satu barisan dari Perbukitan Menoreh, tepatnya berada di sisi Utara. Ketinggiannya mencapai 1.019 mdpl sehingga menjadi salah satu puncak tertinggi dari Perbukitan Menoreh.

Sisi Utara gunung ini ternyata berada di kabupaten yang berbeda yaitu Magelang. Sisi Utara gunung tersebut memiliki dataran lebih rendah sehingga pemandangannya terbuka, tak terhalangi dan memanjakan mata pendaki.


2. Cocok Bagi Pendaki Pemula

Gunung Kendil Kulon Progo Yogyakarta, Jawa Tengah. (Dok: IG  @dhede_milano  https://www.instagram.com/p/CWN1FS2vHWZ/?igsh=cWptZ3Z5OXRpYjRy)

Gunung Kendil ini juga cocok buat Anda yang ingin belajar mendaki gunung. Walaupun namanya gunung, tetapi jangan bayangkan bahwa gunung kendil ini seperti gunung-gunung di Jawa pada umumnya ya.

Gunung ini masuk dalam kategori bukit bagi para pendaki. Gunung ini cocok untuk pendaki yang baru belajar trekking dengan medan tanah yang tidak teralalu menanjak dan jaraknya cukup pendek.

Gunung Kendil ini bisa memberikan pengalaman baru untuk Anda yang mau berkegiatan di alam. Pendaki baru bisa berlatih berjalan, mengatur nafas ketika berjalan dan mengatur istirahat.

Dipuncak Gunung Kendil sendiri terdapat pagar bamboo yang secara swadaya dibuat masyarakat untuk menjaga keamanan. Hal ini karena di puncak gunung ini memiliki jurang yang cukup curam.

3. Dekat dengan Puncak Suroloyo

Mengutip dari laman Visiting Jogja, Gunung Kendil secara administratif berada di Dusun Nglambur, Desa Sidoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo. Lokasinya yang berada di sebelah barat Kota Yogyakarta ini membuat aksesnya cukup mudah dan tidak terlalu jauh.

Tempat wisata ini bisa Anda akses melalui Kalibawang. Lokasi yang juga dekat dengan Puncak Suroloyo ini bisa dijadikan alternatif lain selain hanya mengunjungi puncak suroloyo.  

 

 


4. Hutannya Mengelilingi Jogja hingga Magelang

Seorang pendaki Gunung Kendil di Kulon Progo. (Dok: IG @haiipipah https://www.instagram.com/p/CndYO79vH3O/?igsh=Nm43ZDVja2htdGl2)

Daya tarik lainnya dari tempat wisata ini adalah sunrise eksotis yang akan disajikan dengan latar perbukitan menoreh. Apabila kamu beruntung, samar-samar kamu akan melihat candi Borobudur dari atas puncak Gunung Kendil.

Selain itu, kamu juga bisa melihat Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sindoro dan Sumbing yang saling bersebelahan. Warna keemasan matahari terbit, dipadukan dengan pemandangan yang menakjubkan akan memuat pendaki jatuh cinta.

5. Fasilitas di Gunung Kendil

Untuk menikmati semua keindahan tersebut, kamu tidak perlu membayar biaya retribusi. Tempat ini belum ada yang mengelola secara profesional untuk menarik tiket masuk. Kamu cukup menyiapkan uang Rp2.000 hingga Rp5.000 untuk biaya parkir kendaraan.

Terdapat kamar mandi, Mushola dan beberapa warung makan di tempat wisata ini. Anda bisa berfoto dengan latar pemandangan perbukitan menoreh. Dengan segala sisi keindahannya, Gunung Kendil ini tentunya bisa masuk daftar tempat wisata yang akan Anda tuju. 


6. Jalur Pendakian ke Gunung Kendil

Kelompok pendaki di Gunung Kendil. (Dok: IG @kelanapala_perwira)

Jalur pendakian yang tersedia di Gunung Kendil terbilang bervariasi, mulai dari jalur yang mudah hingga jalur yang cukup sulit. Jalur pendakian yang paling populer yaitu jalur yang dikenal dengan nama Jalur Selo. Jalur ini dianggap cukup mudah dan cocok untuk pendaki pemula. 

Mengutip dari laman Magetan Holidays, dari pusat Kota Yogyakarta, jarak menuju Gunung Kendil Kulon Progo adalah sekitar 33 kilometer dengan waktu tempuh kurang-lebih 90 menit. Rute terdekat yaitu mengambil arah ke Puncak Suroloyo.

Pasalnya gunung ini memiliki arah jalan yang sama dengan Wisata Puncak Suroloyo. Kalau perjalanan dimulai dari pusat kota Kulon Progo, Anda harus menempuh jarak yang cukup panjang. Pasalnya jarak antara tempat wisata dengan pusat kota kurang lebih 33 kilometer.

Agar tidak kecewa, sebaiknya datang saat cuaca cerah, khususnya pada musim kemarau. Begitu pun sebaliknya, hindari berkunjung ke sini saat musim hujan, apalagi kalau di basecamp sudah terlihat tanda-tanda cuaca sedang kurang bersahabat. 

Daftar barang yang wajib dibawa saat naik gunung. (dok. Liputan6.com/Abdillah)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya