Airlangga: Hari Kesaktian Pancasila Jadi Momen Perkuat Persatuan dan Kesatuan Indonesia

Airlangga mengatakan Pancasila bukan sekedar warisan dari para pendiri bangsa. Pancasila merupakan pegangan dasar negara dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara.

oleh Tim News diperbarui 01 Okt 2024, 23:20 WIB
Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjadi inspektur Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Kesaktian Pancasila Kompleks Lubang Buaya Jakarta Timur, Selasa (1/10/2024).

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto mengajak semua pihak untuk terus memperkuat persatuan dan kesatuan negara-bangsa menuju masyarakat yang maju, adil dan sejahtera.

Hal tersebut disampaikan Airlangga Hartarto dalam akun Instagramnya, saat hadir pada Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang dipimpin Presiden Joko Widodo di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Selasa pagi (1/10/2024). 

Airlangga mengatakan Pancasila bukan sekedar warisan dari para pendiri bangsa. Pancasila merupakan pegangan dasar negara dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Di Hari Kesaktian Pancasila ini satu hal yang harus menjadi pegangan kita bahwa Pancasila ini adalah dasar negara, rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara, yang menyatukan seluruh rakyat Indonesia," kata Airlangga dikutip dari postingan instagram @airlanggahartarto_official.

Airlangga mengajak semua pihak untuk menjadikan momen Hari Kesaktian Pancasila 2024 untuk memperkuat persatuan dan kesatuan.

"Jadikan momen Hari Kesaktian Pancasila 2024 untuk memperkuat persatuan dan kesatuan negara-bangsa yang kita cintai ini, menuju masyarakat yang maju, adil dan sejahtera," tandasnya.

Menko Airlangga menghadiri Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila bersama sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju lainnya.Upacara berlangsung khidmat dan berjalan dengan lancar. 

Hadir juga Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Ketua DPR Puan Maharani, dan Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti, serta Presiden Terpilih Prabowo Subianto.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin meninjau lokasi sumur Lubang Buaya dalam peringatan Hari Kesaktian Pancasila, 1 Oktober 2023. (Youtube Sekretariat Presiden)

Renungkan Nilai-Nilai Pancasila

Sejumlah siswa berbaris mengikuti upacara Hari Kesaktian Pancasila, di Halaman Monumen Pancasila Sakti, Jakarta, Minggu (1/10). Sejumlah pelajar mulai dari SD hingga SMA terpilih turut memeriahkan upacara ini. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengajak semua masyarakat Indonesia merenungkan sejauh mana nilai-nilai Pancasila diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Hal ini disampaikan Jokowi dalam rangka peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh setiap 1 Oktober.

"Di tengah tantangan zaman, mari kita renungkan sejauh mana kita telah mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari," kata Jokowi melalui akun Instagramnya @jokowi, Selasa (1/10/2024).

Menurut dia, Hari Kesaktian Pancasila bukan hanya momentum untuk mengingatkan masyarakat bahwa nilai-nilai kebangsaan bukan hanya warisan. Jokowi menekankan nilai-nilai kebangsaan juga amanah yang harus dijaga.

"Hari Kesaktian Pancasila mengingatkan kita bahwa nilai-nilai kebangsaan bukan hanya warisan, tapi amanah yang harus terus dijaga," jelasnya.

cara negara amankan pancasila (liputan6.com/triyas)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya